17 Kebiasaan Sehari-hari yang Menyebabkan Otak Rusak

Sejauh tubuh Anda berjalan, massa lengket di antara telinga Anda adalah organ utama yang tak tertandingi 100 miliar sel yang secara kolektif mengendalikan dasarnya semua yang dilakukan tubuh Anda. 
17 Kebiasaan Harian Yang Merusak Otak Anda

Tapi tahukah Anda bahwa sebagian besar dari kita terlibat dalam kebiasaan sehari-hari yang sebenarnya menghambat kemampuan otak Anda untuk melakukan hal itu? Lebih buruk lagi, bahwa banyak dari kebiasaan ini dapat memiliki konsekuensi jangka panjang dan bahkan bencana?

Sayangnya, itu benar. Tetapi kabar baiknya adalah bahwa banyak - jika tidak semua - kebiasaan ini dapat dengan cepat diperbaiki. Jadi bacalah terus untuk mengetahui gaya hidup yang salah langkah yang dapat Anda hindari dan, dengan demikian, jaga pikiran Anda tetap dalam kondisi prima. 

Dan untuk cara yang lebih hebat untuk menjadi lebih tajam secara mental, pelajari bagaimana Mengucapkan Satu Kata Ini Akan Meningkatkan Mood Anda Sebesar 25 Persen .

17 Kebiasaan Harian Yang Merusak Otak Anda

1. Googling secara harfiah segalanya.
Jika Anda lebih tua dari mengatakan, 35, Anda mungkin dapat mengingat saat ketika Anda memiliki setidaknya selusin nomor telepon yang dikomit. 

Anda juga dapat mengingat trik mental tertentu yang mungkin telah Anda gunakan untuk membantu Anda melakukannya, seperti mengaitkan urutan angka tertentu dengan lokasi kunci mereka pada papan tombol, atau "mengelompokkan" angka-angka ke dalam kelompok untuk membantu Anda mempertahankannya. Tebak apa? Itu disebut menggunakan otak Anda.

Di dunia yang terhubung saat ini, kami menyimpan informasi pada dasarnya di tempat lain. Dalam makalah 2011 berjudul: Google Effects on Memory: Konsekuensi Kognitif Memiliki Informasi di Ujung Jari Kami , mahasiswa diperlihatkan mengingat lebih sedikit informasi ketika mereka tahu bahwa mereka bisa mencarinya. 

Dan untuk fakta lebih gila tentang mesin pencari nomor satu di dunia, baca di 15 Hal yang Tidak Anda Ketahui tentang Google.

2. Terlalu banyak menonton TV realitas.
“Realita TV adalah junk food untuk otak kita, dan dengan cara yang sama junk food merusak gigi kita dan membuat kita sakit, realitas buruk TV merusak otak kita dan membuat kita kasar,” kata psikiater Dr. Marcia Sirota .

Ilmuwan syaraf Jepang telah mendukung sudut pandang Sirota dengan menunjukkan bahwa menonton televisi yang lama mengubah struktur otak anak-anak, yang mendukung temuan beberapa penelitian sebelumnya tentang IQ verbal yang lebih rendah, serta peningkatan agresivitas.

3. Jarang berbicara dengan orang lain.
Jika Anda pernah mengangkat beban dengan upaya bersama selama periode waktu tertentu, Anda akan mengalami hipertrofi: otot Anda menjadi lebih besar dan lebih kuat sebagai respons terhadap rangsangan. Konversi seperti latihan untuk otak Anda. 

Anda memesan pikiran dan perasaan Anda dan kemudian mengubahnya menjadi bahasa, sementara hampir secara bersamaan memahami pikiran dan perasaan yang datang dari orang atau orang yang Anda ajak bicara. 

Lakukan itu jarang dan Anda melewatkan latihan otak yang benar-benar bermanfaat. Dan untuk membantu Anda mendapatkan keterampilan berbicara kembali ke jalurnya, inilah cara Dazzle Any Gathering dengan 14 Kiat Bicara Kecil Ini .

4. Multitasking.
Para peneliti di Universitas Stanford telah menemukan bahwa orang-orang yang secara teratur dibombardir dengan berbagai aliran informasi digital memiliki lebih banyak masalah dalam mengingat informasi dan memperhatikan ketika dibandingkan dengan orang-orang yang menyelesaikan satu tugas pada suatu waktu.

Penelitian dari University of London telah menunjukkan bahwa multitasking untuk sementara waktu dapat menurunkan skor IQ sebesar 15 persen, sementara studi Inggris lainnya menemukan bahwa multitasker yang tinggi berisiko merusak otak mereka secara permanen. 

Para peneliti menemukan bahwa multitasker memiliki kepadatan otak yang lebih sedikit di anterior cingulate cortex, wilayah yang bertanggung jawab untuk empati, serta kontrol kognitif dan emosional.

5. Bekerja saat sedang sakit.
Memaksa otak Anda untuk bekerja atau belajar pada atau mendekati kapasitas penuh ketika Anda pulih dari suatu penyakit adalah ide yang sangat buruk. 

Mengapa? Karena banyak energi yang dibutuhkan tubuh Anda untuk pulih sedang dialihkan dari penyembuhan untuk mengatakan menyelesaikan laporan itu. 

Memaksa otak selama masa pemulihan Anda bahkan dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh lebih jauh, membuat Anda lebih rentan terhadap penyakit dan akibatnya pikiran berkabut.

6. Tidur dengan kepala di bawah selimut.
Oksigen sangat penting untuk fungsi otak. Semakin sedikit Anda menarik ke paru-paru Anda, semakin baik fungsi otak Anda. 

Cara yang baik untuk menciptakan lingkungan dengan oksigen kurang dari 20,95% yang biasanya ditemukan di udara yang kita hirup adalah tidur dengan selimut atau selimut di atas kepala Anda.

Apakah sepenuhnya dimasukkan ke dalam selimut? Iya nih. Bisakah itu membantu mengurangi efek terlalu banyak cahaya dan suara pertama di pagi hari? Benar. Tetapi itu juga akan menyebabkan peningkatan asupan karbon dioksida, yang berarti Anda menjalankan risiko merusak sel-sel otak Anda.

7. Tidak Sarapan Pagi
Anda mungkin pernah mendengar bahwa melewatkan sarapan sering disebut "makanan paling penting hari ini" bisa benar-benar menyebabkan Anda bertambah berat badan. Yang mungkin belum Anda miliki sekarang adalah hal itu juga dapat merusak otak Anda. 


Sebuah penelitian di Jepang terhadap lebih dari 80.000 orang selama periode 15 tahun menemukan bahwa partisipan yang secara teratur melewatkan sarapan meningkatkan risiko terkena stroke dan tekanan darah tinggi. 

Penulis penelitian mencatat bahwa tekanan darah turun setelah sarapan, yang berarti tidak melewatkannya dapat mengurangi risiko pendarahan otak.

8. Menjadi jet-setter yang luar biasa.
Kita semua tahu bahwa memiliki jet lag akan membuat Anda merasa pusing, tetapi apa yang Anda mungkin tidak sadari bagaimana itu benar-benar dapat merusak otak.

Sebuah studi dari University of Bristol mengamati otak 20 awak pesawat wanita yang secara teratur terbang di antara tujuh zona waktu yang berbeda. 

Studi yang diterbitkan dalam jurnal Nature Neuroscience, menemukan bahwa memori objektif jangka pendek dan kognisi abstrak yang sangat sederhana dari selebaran yang sangat sering ini terpengaruh menyimpulkan bahwa jet lag kronis 

“Menghasilkan atrofi lobus temporal dan defisit spasial kognitif.” penulis juga lebih lanjut menyarankan bahwa tidak mungkin untuk "pulih" dari kerusakan otak seperti itu jika menderita berulang kali dalam jangka panjang.

9. Mengunyah permen karet.
Di satu waktu, mengunyah permen karet terbukti mengurangi stres, yang sebenarnya merupakan hal yang baik jika Anda ingin memaksimalkan kekuatan materi abu-abu Anda — tetapi harganya mahal. 

Sebuah studi dari 2012 menunjukkan bahwa permen karet sebenarnya dapat merusak memori jangka pendek untuk pesanan barang dan identitas barang. 

Para ilmuwan di Universitas Cardiff di Wales menemukan bahwa mengunyah permen karet membuat lebih sulit bagi peserta untuk mengingat daftar kata dan angka dalam urutan di mana mereka dilihat atau didengar. Selain itu, mereka menemukan bahwa orang kurang dapat menemukan barang yang hilang dalam daftar.

10. Menggunakan Obat-obatan Terlarang
Pada 2013, seorang pria berusia 50 tahun meminta dokter untuk menggaruk - garuk kepala ketika dia datang ke Hannover Medical School dengan sakit kepala yang tidak akan berkurang. Dia menyangkal penyalahgunaan obat-obatan terlarang tetapi tetap melakukan headbanging di konser Motörhead empat minggu sebelumnya.

Sebuah CT scan menemukan bahwa kekasih Lemmy itu telah memberi dirinya gumpalan darah di sisi kanan otaknya. Penulis sebuah makalah tentang masalah headbanging dan kerusakan otak yang diterbitkan dalam  Lancet berkomentar bahwa: 

"Sementara pertunjukan seperti itu menyenangkan dan merangsang bagi penonton, beberapa penggemar mungkin terancam oleh memanjakan diri dalam headbanging berlebihan."

11. Terlalu Banyak Makan Gula
Tambahkan kerusakan otak pada hal-hal yang sudah kita kaitkan dengan asupan gula tinggi, seperti gigi berlubang, diabetes tipe 2, dan obesitas. 

Gula terlalu banyak mengacaukan penyerapan nutrisi dalam makanan yang kita konsumsi, yang, pada waktunya, dapat menyebabkan kekurangan gizi. 

Otak membutuhkan nutrisi yang baik untuk tetap bekerja pada tingkat optimal. Sebuah studi 2011 menunjukkan hubungan yang kuat antara asupan gula dan fungsi kognitif peserta studi.

12. Mengkonsumsi Alkohol
Dalam sebuah penelitian di British Medical Journal , para peneliti dari University of Oxford dan University College London melihat dampak dari konsumsi alkohol moderat pada otak. Hasilnya tidak menggembirakan untuk barfly. 


Studi ini mengamati kemampuan kognitif lebih dari 500 orang dewasa selama 30 tahun. Para peneliti menemukan orang yang minum antara 15 dan 20 minuman standar per minggu tiga kali lebih mungkin untuk menderita atrofi hippocampal kerusakan pada area otak yang terlibat dalam memori dan navigasi spasial.

13. Makan terlalu banyak kalori
Sebuah studi tahun 2012 menunjukkan bahwa makan berlebihan dari waktu ke waktu dapat meningkatkan peluang Anda untuk kehilangan memori, atau kerusakan kognitif ringan (MCI), di kemudian hari.

“Studi ini menyiratkan bahwa di akhir kehidupan, ketika Anda sudah berada pada risiko yang meningkat untuk gangguan kognitif — terutama karena penyakit Alzheimer — peningkatan asupan kalori dikaitkan dengan peningkatan risiko gangguan kognitif,” jelas ahli saraf perilaku Dr. Gad Marshall .

14. Tidak Minum Air yang Cukup
Penelitian telah mengungkapkan bahwa periode dehidrasi yang lama menyebabkan jaringan otak menyusut, yang, agak tidak mengejutkan, tidak akan membantu kemampuan Anda untuk melakukan fungsi eksekutif seperti perencanaan dan pemrosesan visuospatial. 

Seperti daun tanaman tanpa air, sel-sel di otak Anda tampak mengering dan berkontraksi ketika kekurangan cairan, kata penelitian dari Harvard Medical School.

15. Terlalu Banyak Makan Lemak Jenuh
Sarapan mungkin memang baik untuk otak asalkan sarapan bukan sosis, tumpukan daging asap, dan pancake yang basah kuyup. 

Sebuah studi Vanderbilt University menemukan bahwa orang yang terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak mengembangkan kecacatan di otak, yang menghambat kemampuan seseorang untuk menyadari bahwa mereka kenyang.

Tahukah Anda bahwa nikotin sebenarnya dapat menyebabkan otak Anda menyusut? Dan ya, penyusutan otak yang berkepanjangan dapat menyebabkan penyakit Alzheimer .

17. Tidak Cukup Tidur
Duh. Tetapi perlu disebutkan sekali lagi. Tidur sangat penting untuk semua aspek kesehatan kita. Berita buruknya adalah kita mendapatkan lebih sedikit dari sebelumnya. Pada tahun 1900, orang tidur sekitar sembilan jam per malam. Pada tahun 1970, jumlah itu turun menjadi sekitar 7,5 jam per malam.


Menurut CDC, orang Amerika tidur kurang dari itu dengan lebih dari sepertiga dari 440.000 orang yang disurvei melaporkan bahwa mereka mendapatkan kurang dari 7 jam mata per malam. 

Studi terbaru menunjukkan bahwa tidak cukup tidur dengan mengurangi fungsi kognitif Anda dan benar - benar membunuh sel-sel otak . Jadi mungkin sebaiknya Anda membaca 10 Tips Untuk Tidur Terbaik Anda .

Nah itulah tadi ulasan lengkap tentang kebiasaan sehari-hari yang bisa merusak otak kita menurut para ahli. Jadi mulai sekarang mari kurangi kebiasaan tersebut demi kesehatan otak kita.

0 Response to "17 Kebiasaan Sehari-hari yang Menyebabkan Otak Rusak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel