16 Tips Menjaga Kesehatan saat Kabut Asap

Polusi udara telah lama menjadi perhatian dunia. Hari ini, dengan kota-kota yang tertutup kabut asap, kita tidak punya pilihan selain mengubah gaya hidup dan memikirkan cara untuk tetap sehat dengan tips menjaga kesehatan saat kabut asap berikut meskipun udara yang penuh dengan kabut asap mengelilingi kita.
Tips Menjaga Kesehatan saat Kabut Asap
Biasanya ketika gas tidak berwarna dan tidak berbau yang disebut Ozon, yang biasanya tetap di bagian atas atmosfer, turun menuju Bumi, kabut asap terbentuk. Asap terjadi baik karena kondisi iklim tertentu, atau karena pembakaran tunggul yang berlebihan di ladang di sekitar kota-kota besar, atau karena polusi. 

Faktanya, ketika polutan di udara bercampur dengan partikel yang terbakar baik dari debu atau sisa-sisa jerami, mereka menciptakan lapisan racun di atmosfer. 

Paparan jangka panjang terhadap kabut asap dapat menyebabkan masalah pernapasan, masalah paru-paru, dan beberapa masalah kesehatan lainnya. Lebih buruk lagi, anak-anak, orang sakit, dan orang tua cenderung menjadi yang paling parah akibat kekebalan yang rendah atau terganggu.

Namun, dalam beberapa bulan terakhir ini ketika kabut asap berada dalam kondisi terburuk, berikut adalah beberapa tips menjaga kesehatan saat kabut asap untuk diri Anda dan keluarga Anda:

Tips Menjaga Kesehatan saat Kabut Asap 

1. Makanlah Makanan yang Sehat
Tips menjaga kesehatan saat kabut asap yang pertama adalah makan makanan yang bernutrisi tinggi. Makanan yang kaya antioksidan dapat membantu Anda menangkal efek buruk kabut asap. 

Makanan-makanan ini menetralisir radikal bebas yang dilepaskan dalam tubuh Anda karena paparan asap terus-menerus. Berikut adalah daftar makanan yang ideal untuk Anda jika Anda tinggal di tempat dengan kabut asap berlebih:
  • Vitamin C 
Ini adalah salah satu antioksidan yang paling kuat. Ini larut dalam air dan dapat dibawa ke berbagai bagian tubuh untuk menghilangkan radikula bebas. Buah jeruk adalah sumber vitamin C terbaik. Orang dewasa harus berupaya mendapatkan setidaknya 40mg Vitamin C untuk memerangi kabut asap.
  • Vitamin E 
Ini melindungi tubuh Anda dari kerusakan yang disebabkan oleh jaringan. Vitamin E ditemukan di sebagian besar minyak nabati, kacang-kacangan seperti almond, ikan dan rempah-rempah seperti oregano, basil dan peterseli. Anda bahkan dapat mengonsumsi suplemen untuk membantu Anda.
  • Beta Karoten
Senyawa ini diubah menjadi Vitamin A dalam tubuh. Ini mengurangi peradangan dan merupakan antioksidan yang bagus. Sumber terbaik adalah wortel dan sayuran berdaun hijau.
  • Asam lemak Omega 3
Kesehatan jantung dikelola ketika Anda memiliki sumber Omega 3 yang baik dalam diet Anda. Ini mengurangi efek polusi udara pada tubuh Anda. Kacang-kacangan, ikan, dan sayuran berdaun hijau adalah sumber terbaik.
  • Sumber makanan yang kaya magnesium 
seperti kacang mede, biji labu, kacang hitam, dan bayam harus dimasukkan dalam diet segera. Anda bisa menambahkan kunyit ke dalam makanan, susu, atau kopi untuk menjaga tingkat kekebalan Anda tetap tinggi.

Menurut Ayurveda, jahe, tulsi, lada hitam, mint, susu dan gandum sangat bermanfaat dalam membantu mereka yang menderita asma. 
Cobalah minum air hangat dengan ekstrak madu dan tulsi. Anda juga bisa mencoba beberapa tetes jus jahe dengan madu dan lada hitam dua kali sehari. Buat saunf dan chikki jaggery menggunakan ghee kecil untuk anak-anak untuk mengisap. 

Ini membantu meredakan batuk alergi. Makan makanan yang tinggi nutrisi adalah tips menjaga kesehatan saat kabut asap yang paling efektif, bukan hanya kabut asap tapi juga polusi udara pada umumnya.

Tetap Berolahraga dalam kabut asap  
Mengikuti latihan rutin yang baik ketika udara yang Anda hirup sangat tercemar bisa menjadi sulit. Anda tidak dapat melakukan potensi Anda sepenuhnya. 

Jika Anda ingin tetap sehat meskipun kabut, berikut adalah beberapa tips menjaga kesehatan yang akan berguna untuk Anda:
  • Jangan berolahraga di luar ruangan ketika tingkat kabut asap sangat tinggi
  • Pastikan Anda memeriksa indeks kualitas udara setiap hari.
  • Jangan berolahraga di tempat yang dekat dengan jalan yang sibuk dan di taman terbuka.
  • Tetap jernih dari perokok pasif atau produk-produk dengan aerosol untuk mencegah efek polusi udara dalam ruangan.
  • Hindari berjalan pagi dan sore hari.
Berlatih yoga secara teratur. Fokus pada pernapasan sangat tinggi dalam yoga, menjaga paru-paru Anda lebih sehat. 

Cobalah latihan pernapasan seperti bernapas melalui satu lubang hidung sambil menjaga yang lain tertutup. Kemudian tutup lubang hidung itu dan buang napas melalui yang lain.

Tips Menjaga Kesehatan Lainnya Ketika Kabut Asap

  • Pastikan rumah Anda memiliki beberapa tanaman.
  • Lakukan berkumur dengan saline sebelum tidur.
  • Memiliki air hangat sepanjang hari.
  • Jangan merokok di dalam ruangan.
  • Cobalah untuk menggunakan opsi komuter seperti transportasi umum dan bukan kendaraan Anda sendiri. Dengan begitu, Anda tidak berkontribusi terhadap polusi ini.
  • Gunakan dehumidifier, pembersih udara, atau AC di rumah Anda.
  • Hindari karpet karena dapat menangkap beberapa racun.
  • Jauhkan rumah Anda dari produk aerosol.
  • Pastikan Anda tetap berada di dalam rumah ketika kabut asap terlalu tinggi pada hari tertentu.
  • Jangan melangkah keluar tanpa topeng.
Setelah Anda mengurus semua ini, Anda akan dapat menjalani kehidupan yang jauh lebih sehat. Asap tidak bisa dihindari. 
Namun Anda dapat, mengambil keputusan yang akan mengubah hidup dengan tips menjaga kesehatan saat kabut asap dalam arti yang sebenarnya. Latihlah latihan dan tips kesehatan ini agar Anda tidak terlalu terpengaruh oleh kabut asap.

0 Response to "16 Tips Menjaga Kesehatan saat Kabut Asap "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel