45 Tips Menjaga Kesehatan Disaat Musim Hujan Tiba

Musim hujan tepat di tikungan! Selain menyiapkan payung dan jas hujan sebelum meninggalkan rumah, ada beberapa hal yang perlu diingat. 

Tips Tetap Sehat Ketika Musim Hujan

Tetap bahagia dan sehat di musim hujan ini membutuhkan lebih banyak upaya daripada yang Anda pikirkan: Kita tidak bisa hanya menyanyikan 'hujan, hujan pergi' untuk menghindari hujan deras akhir-akhir ini.

Kita harus mempersiapkan dan melindungi kesehatan kita dan orang-orang yang kita cintai, bagaimana dengan pekerjaan dan sekolah dengan perlengkapan penuh. Kami harap tips berikut ini akan membantu Anda tetap sehat selama musim hujan ini.

Tips Tetap Sehat Ketika Musim Hujan

1.  Dapatkan vaksin flu
National Kidney Foundation, seperti dikutip dari situs webnya, mengatakan vaksin flu sangat penting untuk mencegah infeksi flu dan mengurangi gejala flu.

2.  Cukup tidur, cukup di malam hari
Sebuah penelitian pada 2009, seperti yang dipublikasikan di Health.com, mengklaim bahwa orang yang tidur kurang dari tujuh jam sehari, tiga kali lebih rentan terhadap flu.

3.  Cuci tangan Anda secara teratur, dengan air dan sabun
Menjaga tangan Anda tetap bersih adalah langkah pertama untuk mencegah penyebaran kuman dan infeksi, menurut National Kidney Foundation.

4.  Minum banyak cairan
Minuman hangat, seperti jus jeruk atau teh, dapat membantu mencegah dehidrasi dan mengurangi sakit tenggorokan.


5.  Konsumsi sayuran dan buah-buahan yang tinggi antioksidan
University of California, Berkeley merekomendasikan brokoli, kembang kol dan kangkung untuk sistem kekebalan yang lebih kuat.

6.  Jauhi orang yang sakit
Jaga jarak dari orang yang sakit. Jika Anda harus berjabat tangan dengan mereka, selalu cuci tangan Anda menggunakan air hangat dan sabun sesudahnya.

7.  Desinfeksi rumah Anda
Desinfektan rumah Anda dengan deterjen, terutama gagang pintu dan permukaan furnitur.

8.  Cuci seprai dan sarung bantal secara teratur
Ganti seprai dan sarung bantal secara teratur, terutama ketika seseorang di rumah menderita flu, untuk mencegah penyebaran virus.

9.  Jaga rutinitas latihan Anda
Menurut American Heart Association, latihan harian dapat mencegah infeksi kuman dan bakteri.

10.  Dapatkan di bawah matahari
Bahkan ketika berawan di luar, luangkan waktu di bawah sinar matahari pagi untuk mendapatkan vitamin D. sehat itu

11.  Konsumsi makanan yang kaya vitamin D
The Dairy Council of California merekomendasikan beberapa makanan dan minuman yang kaya akan vitamin D, yang baik untuk kekebalan tubuh.

12.  Gunakan pembersih tangan
Situs webmd menyarankan untuk membawa pembersih tangan berbasis alkohol, yang dapat Anda gunakan ketika Anda tidak bisa mendapatkan air dan sabun untuk mencuci tangan Anda.

13.  Makan bawang putih
Dewan Susu California merekomendasikan menambahkan bawang putih ke makanan, karena mengandung banyak selenium dan membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh.

14.  Konsumsi susu
Keju dan yogurt mengandung asam linoleat dan probiotik, yang dapat membantu melindungi tubuh dari infeksi.

15.  Hindari berbagi peralatan dapur
Jangan berbagi piring, sendok, garpu, dan kacamata dengan orang lain, untuk mencegah penularan virus atau bakteri dari orang yang terinfeksi.

16.  Tutup mulut Anda saat bersin
Tutupi mulut dan hidung Anda dengan kertas tisu, sapu tangan, atau bagian dari pakaian Anda saat bersin atau batuk. Ini bisa mengurangi penyebaran virus atau bakteri.

17.  Hindari stres
Carl Charnetski, MD, seorang profesor psikologi di Wilkes University telah menemukan bahwa melakukan kegiatan yang kita nikmati dapat meningkatkan kekebalan.

18.  Pakailah pakaian hangat
Saat dingin, kenakan pakaian hangat untuk menjaga tubuh tetap hangat dan mencegah menggigil.

19.  Mandi air hangat atau mandi
Menurut sebuah penelitian pada tahun 2009 seperti yang dipublikasikan di Health.com, mandi air hangat atau mandi dapat membantu memerangi penyebaran virus serta mengurangi sakit tenggorokan yang sering kali disertai dengan flu.


20.  Kenakan topeng Anda saat Anda berada di area publik
Ini cukup efektif dalam mengurangi virus atau bakteri daripada masuk ke tubuh melalui saluran pernapasan.

21.  Hindari menyentuh wajah Anda
Menyentuh mata dan wajah Anda meningkatkan risiko infeksi, karena tangan Anda mungkin telah terkontaminasi oleh bakteri atau virus.

22.  Dapatkan pijatan santai yang menyenangkan
Pijatan yang hebat dapat mengurangi stres, sehingga tubuh akan dapat memperkuat sistem kekebalannya.

23.  Berhenti merokok
Rokok dapat merusak sistem kekebalan tubuh, sehingga membuat tubuh lebih rentan terhadap infeksi virus.

24.  Geger dengan air garam hangat
Sebuah studi di tahun 2005 seperti yang dipublikasikan di Health.com mengklaim bahwa orang yang mereguk dengan air garam tiga kali sehari lebih kecil kemungkinannya terinfeksi influenza.

25.  Hindari camilan yang tidak sehat
Hindari mengkonsumsi makanan ringan yang mungkin tidak higienis, karena dapat menyebabkan keracunan makanan atau masalah pencernaan lainnya.

26.  Hindari antibiotik
Flu disebabkan oleh virus, jadi antibiotik bukan obat yang tepat. Penggunaan antibiotik yang tidak tepat juga akan membuat bakteri kebal terhadap mereka.

27.  Ambil hari libur, atau lebih
Hindari menginfeksi orang lain di sekolah atau di tempat kerja dengan tinggal di rumah dan beristirahat ketika Anda sakit.

28.  Hindari Alergen
Hindari alergen seperti debu dan asap karena dapat memicu alergi yang akan membuat Anda sakit.

29.  Luangkan waktu untuk bersantai
Stres yang berkepanjangan dapat memperburuk sistem kekebalan tubuh dan membuat kita rentan terhadap influenza.

30.  Ambil obat yang tepat
Ketika Anda mulai mengalami gejala flu, minum obat yang tepat seperti aspirin, ibuprofen, dan acetaminophen.

31.  Hindari menggigit kuku
Selain membuat kuku Anda terlihat buruk, ini akan meningkatkan risiko infeksi dari bakteri di bawah kuku.

32.  Konsumsi makanan dengan serat tinggi
Makanan berserat tinggi dapat membantu mendapatkan sistem kekebalan yang lebih kuat dan melindungi tubuh dari infeksi flu dan pencernaan.


33.  Hindari bermain di genangan air
Meskipun mungkin menyenangkan, bermain di genangan air akan membuat Anda berisiko terkena cacing dan infeksi kulit.

34.  Cuci kaki Anda setelah menghabiskan waktu di luar rumah
Selain mencuci tangan, Anda juga perlu mencuci kaki setelah menghabiskan waktu di luar, untuk menghindari risiko infeksi cacing, ruam, dll.

35.  Kenakan alas kaki
Cacing dan jamur dapat masuk ke tubuh melalui kaki, jadi selalu pakai alas kaki saat keluar dari rumah.

36.  Kurangi soda
Gula yang terkandung dalam kaleng soda dapat mengurangi fungsi kekebalan hingga 30%, menurut Mark Moyad, MD dari Pusat Medis Universitas Michigan.

37.  Tidur siang
Ketika Anda memiliki waktu luang, gunakan untuk tidur siang. Ini baik untuk sistem kekebalan tubuh untuk melakukan yang terbaik.

38.  Konsumsi teh hijau
Minumlah secangkir teh hijau panas. Antioksidan dan vitamin C di dalamnya baik untuk sistem kekebalan tubuh Anda.

39.  Segera ganti pakaian basah Anda
Jika Anda basah karena hujan, segera ganti pakaian basah Anda saat pulang, untuk menghindari hipotermia.

40.  Menjaga selokan yang tersumbat bebas
Selokan yang tersumbat dapat menjadi tempat berkembang biaknya kuman, sehingga menyebabkan penyakit yang sering mewabah selama musim hujan, seperti demam berdarah.

41.  Mengkonsumsi madu
Tambahkan madu ke dalam segelas jus jeruk atau teh panas untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Madu dipercaya memiliki efek anti bakteri yang luar biasa.

42.  Kurangi garam
Dikenal umum karena meningkatkan tekanan darah, makanan asin dapat menyebabkan dehidrasi jika Anda memakannya tanpa mengonsumsi banyak cairan.

43.  Hanya minum air matang
Hanya minum air matang untuk melindungi diri Anda dari keracunan makanan.

44.  Jaga agar kaki Anda tetap kering
Ketika Anda basah karena hujan, cuci kaki Anda bersih dan keringkan untuk menghindari ruam dan infeksi jamur.

45.  Cobalah terapi uap
Jika hidung Anda tersumbat karena flu atau alergi, bersihkan dengan menambahkan beberapa tetes minyak cajuput ke dalam semangkuk air panas dan hirup uap yang keluar darinya.

Nah itulah tadi tips menjaga kesehatan disaat musim hujan tiba. Somaga bisa bermanfaat untuk kita semua dan jangan lupa bagikan artikel ini supaya yang lain bisa mendapatkan manfaatnya.

0 Response to "45 Tips Menjaga Kesehatan Disaat Musim Hujan Tiba "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel