Cara Menjaga Kesehatan Telinga yang Baik dan Benar

Setelah pendengaran Anda rusak, itu hilang untuk selamanya. Itu sebabnya kami meningkatkan kesadaran tentang prevalensi gangguan pendengaran, pentingnya diagnosis dini. 

Pilihan untuk mengambil tindakan untuk menemukan solusi pendengaran terbaik untuk kebutuhan Anda oleh karena itu kali ini kita akan membahas bagaimana cara menjaga kesehatan telinga yang benar dengan mudah. 
Cara Menjaga Kesehatan Telinga
Jangan tunggu sampai terlambat untuk mulai merawat telinga Anda! Berikut adalah sembilan cara mudah untuk melindungi telinga dan kesehatan telinga Anda.

Berikut 9 Cara Menjaga Kesehatan Telinga

1. Gunakan penyumbat telinga di sekitar suara keras
Sekitar 15% orang Amerika memiliki gangguan pendengaran yang disebabkan oleh kebisingan karena kerja keras atau lingkungan yang santai. Nah cara menjaga kesehatan telingan yang pertama yaitu dengan menggunakan penyumbat telinga.

Klub, konser, mesin pemotong rumput, gergaji mesin, dan suara bising lainnya yang memaksa Anda berteriak sehingga orang di sebelah Anda dapat mendengar suara Anda semua menciptakan tingkat suara yang berbahaya. 

Penyumbat telinga nyaman dan mudah didapat. Anda bahkan dapat memasang alat khusus untuk telinga Anda oleh penyedia layanan kesehatan pendengaran setempat .

Penyumbat telinga musisi adalah penyumbat telinga khusus dengan filter yang memungkinkan seseorang untuk mendengar percakapan dan musik tetapi masih mengurangi tingkat suara berbahaya sambil menjaga kualitas suara asli sedekat mungkin.

2. Perkecil volume
Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), 1,1 miliar remaja dan dewasa muda di seluruh dunia berisiko mengalami gangguan pendengaran karena kebisingan akibat penggunaan perangkat audio yang tidak aman.

Jika Anda suka menikmati musik melalui headphone atau earbud, Anda dapat melindungi telinga dengan mengikuti aturan 60/60 untuk menjaga kesehatan telinga Anda. 

Sarannya adalah mendengarkan dengan headphone pada volume tidak lebih dari 60% selama tidak lebih dari 60 menit sehari. Earbud sangat berbahaya, karena pas langsung di sebelah gendang telinga. Jika memungkinkan, pilih headphone over-the-ear.

Jangan lupa bahwa musik keras apa pun, tidak hanya musik yang diputar melalui headphone, menghadirkan risiko gangguan pendengaran yang disebabkan oleh kebisingan. 

Jika Anda mengadakan acara sosial, jaga musik pada volume yang tidak akan memaksa orang untuk berteriak untuk mengadakan percakapan

3. Berikan telinga Anda waktu untuk pulih
Jika Anda terkena suara keras untuk waktu yang lama, seperti di konser atau bar, telinga Anda perlu waktu untuk istirahat untuk menjaga kesehatan pendengaran Anda tetap berfungsi dengan baik. 

Jika Anda bisa, keluarlah selama lima menit sesekali untuk membiarkan mereka beristirahat. Terlebih lagi, para peneliti telah menemukan bahwa telinga Anda membutuhkan rata-rata 16 jam ketenangan untuk pulih dari satu malam yang keras.

4. Berhenti menggunakan cotton bud di telinga Anda
Adalah umum bagi orang untuk menggunakan penyeka kapas untuk membersihkan kotoran dari saluran telinga mereka, tetapi ini jelas tidak dianjurkan dan justru malah membahayakan telinga Anda. 

Sedikit kotoran di telinga Anda tidak hanya normal, tetapi juga penting.  Telinga adalah organ pembersih sendiri, dan lilin menghentikan debu dan partikel berbahaya lainnya memasuki kanal. 

Selain itu, memasukkan apa pun ke dalam saluran telinga berisiko merusak organ sensitif seperti gendang telinga.

Jika Anda memiliki kelebihan lilin, Anda bisa membersihkan sekitar kanal dengan handuk lembab dengan lembut. Anda juga bisa menggunakan larutan penghilang kotoran telinga selama beberapa malam. 

Ini melembutkan lilin sehingga akhirnya akan mengalir sendiri. Solusi terbaik untuk menjaga kesehatan telingan Anda adalah selalu mencari pendapat dan perawatan profesional jika memungkinkan.

5. Minum obat hanya sesuai petunjuk
Obat-obatan tertentu, seperti obat antiinflamasi non-steroid (NSAID) seperti aspirin, ibuprofen dan naproxen, kadang-kadang dapat menyebabkan gangguan pendengaran. 

Diskusikan obat-obatan dengan dokter Anda jika Anda khawatir itu akan mempengaruhi kemampuan pendengaran Anda dan meminumnya hanya sesuai petunjuk.

6. Jaga agar telinga Anda kering
Cara menjaga kesehatan telinga dan pendengaran berikutnya adalah dengan menjaga telinga Anda tetap kering. Kelembaban yang berlebihan dapat memungkinkan bakteri masuk dan menyerang saluran telinga. 

Hal ini dapat menyebabkan telinga perenang atau jenis infeksi telinga lainnya, yang dapat berbahaya bagi kemampuan pendengaran Anda. 

Pastikan Anda mengeringkan telinganya dengan lembut setelah mandi atau berenang. Jika Anda dapat merasakan air di telinga, miringkan kepala Anda ke samping dan tarik sedikit cuping telinga untuk membujuk air keluar.

Anda juga dapat memastikan bahwa telinga Anda tetap kering dan sehat dengan menggunakan penyumbat telinga perenang yang disesuaikan, yang menghalangi air memasuki saluran telinga. 
Baca Juga: Cara Melatih Kekuatan Otot Jantung yang Baik dan Benar
Mereka bagus untuk orang dewasa dan anak-anak, dan mereka bekerja dengan baik dalam mencegah telinga perenang. Buat janji temu dengan ahli kesehatan telinga setempat untuk mendapatkan kecocokan.

7. Bangun dan bergerak
Tahukah Anda bahwa olahraga itu baik untuk telinga Anda? Itu benar. dan ternyata cara menjaga  kesehatan telinga yang paling mudah adalah dengan olahraga.

Latihan kardio seperti berjalan, berlari, atau bersepeda membuat darah memompa ke seluruh bagian tubuh Anda, termasuk telinga. Ini membantu bagian internal telinga tetap sehat dan bekerja semaksimal mungkin.
Baca Juga: Cara Mengatasi Stres Pikiran dengan Cepat dalam 2 Menit
Pastikan untuk tetap aman! Saat bersepeda, selalu pakai helm. Jika Anda jatuh dan mengenai kepala Anda, gegar otak dapat membahayakan pendengaran Anda.

8. Kelola tingkat stres
Stres dan kegelisahan telah dikaitkan dengan tinitus sementara dan permanen (sebuah bayangan di telinga). 

Tingkat stres yang tinggi menyebabkan tubuh Anda masuk ke mode pertarungan atau lari, yang merupakan reaksi instingtual yang mengisi tubuh Anda dengan adrenalin untuk membantu Anda melawan atau melarikan diri dari bahaya. 

Proses ini memberi banyak tekanan pada saraf, aliran darah, panas tubuh, dan banyak lagi. Biasanya dianggap bahwa tekanan dan stres ini dapat menjalar ke telinga bagian dalam Anda dan berkontribusi pada gejala tinnitus.

9. Dapatkan pemeriksaan rutin
Minta dokter perawatan primer Anda untuk memasukkan pemeriksaan pendengaran ke dalam pemeriksaan rutin Anda. Karena gangguan pendengaran berkembang secara bertahap, Anda juga disarankan untuk berkonsultasi secara tahunan dengan profesional kesehatan pendengaran.

Dengan begitu, Anda akan lebih mungkin mengenali tanda-tanda gangguan pendengaran dan mengambil tindakan segera setelah Anda melakukannya.
Baca Juga: Tips Merawat Telinga agar Tetap Sehat dan Bersih
Mengambil tindakan adalah penting karena gangguan pendengaran yang tidak diobati, selain mengurangi kualitas hidup dan kekuatan hubungan, telah dikaitkan dengan masalah kesehatan lainnya seperti depresi, demensia, dan penyakit jantung.

Nah itulah tadi cara menjaga kesehatan telinga yang baik dan benar yang sudah kami bahas dengan lengkap, bila perlu hubungi tim Dokter Anda untuk memecahkan masalah kesehatan telinga Anda.

0 Response to "Cara Menjaga Kesehatan Telinga yang Baik dan Benar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel