Cara Menghilangkan Candu Narkoba dengan Cepat

Siap menangani masalah narkoba Anda? Panduan langkah demi langkah ini dapat membantu Anda mengatasi mengidam dan mengatasi kekambuhan.
Cara Mengatasi Kecanduan Narkoba

Cara Mengatasi Kecanduan Narkoba 

1. Putuskan untuk melakukan perubahan
Mengembangkan kecanduan narkoba bukanlah cacat karakter atau tanda kelemahan, dan dibutuhkan lebih dari kemauan untuk mengatasi masalah. 

Menyalahgunakan obat resep ilegal atau tertentu dapat membuat perubahan di otak, menyebabkan hasrat yang kuat dan paksaan untuk menggunakan yang membuat ketenangan tampak seperti tujuan yang mustahil. 

Tetapi pemulihan tidak pernah di luar jangkauan, tidak peduli seberapa putus asa situasi Anda atau berapa kali Anda sudah mencoba dan gagal sebelumnya. Dengan perawatan dan dukungan yang tepat, perubahan dimungkinkan.

Bagi banyak orang yang berjuang dengan kecanduan, langkah terberat menuju pemulihan adalah yang pertama: menyadari bahwa Anda memiliki masalah dan memutuskan untuk membuat perubahan. 

Adalah normal untuk merasa tidak pasti apakah Anda siap untuk memulai pemulihan, atau jika Anda memiliki apa yang diperlukan untuk berhenti. Jika Anda kecanduan obat resep, Anda mungkin khawatir tentang bagaimana Anda akan menemukan cara alternatif untuk mengobati kondisi medis. 

Tidak apa-apa merasa terkoyak. Berkomitmen pada ketenangan melibatkan perubahan banyak hal, termasuk:

a. cara Anda menghadapi stres
  • siapa yang kamu izinkan dalam hidupmu
  • apa yang Anda lakukan di waktu luang Anda
  • bagaimana Anda berpikir tentang diri Anda sendiri
  • resep dan obat bebas yang Anda gunakan
Adalah normal untuk merasa berkonflik untuk melepaskan obat pilihan Anda, bahkan ketika Anda tahu itu menyebabkan masalah dalam hidup Anda. Pemulihan membutuhkan waktu, motivasi, dan dukungan, tetapi dengan membuat komitmen untuk berubah, Anda dapat mengatasi kecanduan Anda dan mendapatkan kembali kendali atas hidup Anda.

b. Pikirkan tentang perubahan
  • Pantau penggunaan obat-obatan Anda, termasuk kapan dan berapa banyak yang Anda gunakan. Ini akan memberi Anda perasaan yang lebih baik tentang peran yang dimainkan kecanduan dalam hidup Anda.
  • Daftar pro dan kontra dari berhenti, serta biaya dan manfaat dari melanjutkan penggunaan narkoba Anda.
  • Pertimbangkan hal-hal yang penting bagi Anda, seperti pasangan Anda, anak-anak Anda, hewan peliharaan Anda, karier Anda, atau kesehatan Anda. Bagaimana penggunaan narkoba Anda memengaruhi hal-hal itu?
  • Tanyakan kepada seseorang yang Anda percayai tentang perasaan mereka terhadap penggunaan narkoba Anda.
Tanyakan pada diri sendiri apakah ada sesuatu yang mencegah Anda berubah. Apa yang bisa membantu Anda melakukan perubahan?

Mempersiapkan perubahan: 5 langkah kunci untuk pemulihan kecanduan
  • Ingatkan diri sendiri tentang alasan yang ingin Anda ubah.
  • Pikirkan upaya pemulihan Anda di masa lalu, jika ada. Apa yang berhasil? Apa yang tidak?
  • Tetapkan tujuan spesifik dan terukur, seperti tanggal mulai atau batas penggunaan narkoba Anda.
  • Hapus pengingat kecanduan Anda dari rumah, tempat kerja, dan tempat-tempat lain yang sering Anda kunjungi.
  • Beri tahu teman dan keluarga bahwa Anda berkomitmen untuk pemulihan, dan minta dukungan mereka.
2. Gunakan Opsi Perawatan Kecanduan Anda

Setelah Anda berkomitmen untuk pemulihan, sekarang saatnya untuk mengeksplorasi pilihan perawatan Anda. Sementara perawatan kecanduan dapat bervariasi sesuai dengan obat tertentu, program yang berhasil sering kali mencakup unsur-unsur yang berbeda, seperti:

  • Detoksifikasi . Biasanya langkah pertama adalah membersihkan tubuh dari obat-obatan dan mengelola gejala penarikan.
  • Konseling perilaku . Terapi individu, kelompok, dan / atau keluarga dapat membantu Anda mengidentifikasi akar penyebab penggunaan narkoba Anda, memperbaiki hubungan Anda, dan mempelajari keterampilan koping yang lebih sehat.
  • Obat dapat digunakan untuk mengelola gejala penarikan, mencegah kekambuhan, atau mengobati kondisi kesehatan mental yang terjadi bersamaan seperti depresi atau kecemasan.

Tindak lanjut jangka panjang dapat membantu mencegah kekambuhan dan menjaga ketenangan. Ini mungkin termasuk menghadiri kelompok pendukung secara langsung atau pertemuan online untuk membantu menjaga pemulihan Anda pada jalurnya.

a. Jenis program perawatan obat

  1. Perawatan di rumah => Perawatan di rumah termasuk tinggal di fasilitas dan meninggalkan pekerjaan, sekolah, keluarga, teman, dan pemicu kecanduan saat menjalani perawatan intensif. Perawatan di rumah dapat berlangsung dari beberapa hari hingga beberapa bulan.
  2. Perawatan harian / rawat inap sebagian => Rawat inap sebagian adalah untuk orang yang memerlukan pemantauan medis berkelanjutan tetapi ingin tetap tinggal di rumah dan memiliki lingkungan hidup yang stabil. Program perawatan ini biasanya bertemu di pusat perawatan selama 7 hingga 8 jam di siang hari, lalu Anda kembali ke rumah pada malam hari.
  3. Perawatan rawat jalan => Bukan program perawatan langsung, program rawat jalan ini dapat dijadwalkan di sekitar pekerjaan atau sekolah. Anda dirawat di siang atau malam hari tetapi tidak menginap. Fokus utama adalah pencegahan kambuh.
  4. Komunitas yang hidup tenang => Hidup di rumah yang tenang biasanya mengikuti program perawatan intensif seperti perawatan di rumah. Anda hidup dengan pecandu yang baru sembuh di lingkungan yang aman, mendukung, dan bebas dari narkoba. Fasilitas hidup yang tenang berguna jika Anda tidak punya tempat untuk pergi atau Anda khawatir bahwa pulang terlalu cepat akan menyebabkan kambuh.

b. Kunci untuk menemukan perawatan kecanduan terbaik untuk Anda

  • Tidak ada perawatan yang bekerja untuk semua orang

Kebutuhan setiap orang berbeda. Apakah Anda memiliki masalah dengan obat-obatan terlarang atau resep, perawatan kecanduan harus disesuaikan dengan situasi unik Anda. Penting bagi Anda untuk menemukan program yang terasa benar.

  • Perawatan harus mengatasi lebih dari sekedar penyalahgunaan narkoba Anda
Kecanduan memengaruhi seluruh hidup Anda, termasuk hubungan, karier, kesehatan, dan kesejahteraan psikologis Anda. Keberhasilan pengobatan tergantung pada pengembangan cara hidup baru dan mengatasi alasan mengapa Anda beralih ke obat. 

Misalnya, ketergantungan obat Anda mungkin telah berkembang dari keinginan untuk mengelola rasa sakit atau untuk mengatasi stres, dalam hal ini Anda harus menemukan cara yang lebih sehat untuk menghilangkan rasa sakit atau untuk menangani situasi yang membuat stres.
  • Komitmen dan tindak lanjut adalah kuncinya
Perawatan kecanduan narkoba bukanlah proses yang cepat dan mudah. Secara umum, semakin lama dan semakin intens penggunaan narkoba, semakin lama dan semakin intens perawatan yang Anda butuhkan. 

Dan dalam semua kasus, perawatan lanjutan jangka panjang sangat penting untuk pemulihan.
  • Ada banyak tempat untuk meminta bantuan
Tidak semua orang membutuhkan detoksifikasi yang diawasi secara medis atau perpanjangan waktu dalam rehabilitasi. 

Perawatan yang Anda butuhkan tergantung pada berbagai faktor, termasuk usia Anda, riwayat penggunaan narkoba, kondisi medis atau kejiwaan. Selain dokter dan psikolog, banyak anggota klerus, pekerja sosial, dan konselor menawarkan layanan perawatan kecanduan.
  • Penyalahgunaan zat dan kesehatan mental
Ketika Anda mencari bantuan untuk kecanduan narkoba, penting juga untuk mendapatkan perawatan untuk masalah medis atau psikologis apa pun yang Anda alami. 

Kesempatan terbaik Anda untuk sembuh adalah dengan mendapatkan perawatan kesehatan mental dan kecanduan gabungan dari penyedia atau tim perawatan yang sama.

3. Temukan dukungan untuk pemulihan kecanduan Anda
Jangan mencoba melakukannya sendiri raih dukungan. Apa pun pendekatan perawatan yang Anda pilih, memiliki pengaruh positif dan sistem pendukung yang kuat sangat penting. 

Semakin banyak orang yang dapat Anda tuju untuk dorongan, bimbingan, dan telinga yang mendengarkan, semakin baik peluang Anda untuk pemulihan.
  • Bersandar pada teman dan keluarga dekat
Memiliki dukungan dari teman dan anggota keluarga merupakan aset yang sangat berharga dalam pemulihan. Jika Anda enggan beralih ke orang yang Anda cintai karena Anda pernah mengecewakan mereka, pertimbangkan untuk pergi ke konseling hubungan atau terapi keluarga.
  • Bangun jejaring sosial yang sadar
Jika kehidupan sosial Anda sebelumnya berputar di sekitar narkoba, Anda mungkin perlu membuat beberapa koneksi baru . Sangat penting untuk memiliki teman yang sadar yang akan mendukung pemulihan Anda. 

Cobalah mengikuti kelas, bergabung dengan gereja atau kelompok masyarakat, menjadi sukarelawan , atau menghadiri acara-acara di komunitas Anda.
  • Pertimbangkan untuk pindah ke rumah tinggal yang tenang
Rumah tinggal yang tenang menyediakan tempat yang aman dan mendukung untuk tinggal saat Anda sedang pulih dari kecanduan narkoba. Mereka adalah pilihan yang baik jika Anda tidak memiliki rumah yang stabil atau lingkungan tempat tinggal yang bebas narkoba.
  • Jadikan rapat sebagai prioritas
Bergabunglah dengan kelompok pendukung pemulihan seperti program 12 langkah dan hadiri pertemuan secara teratur. Menghabiskan waktu dengan orang-orang yang mengerti persis apa yang Anda alami bisa sangat menyembuhkan.

Anda juga dapat mengambil manfaat dari pengalaman bersama dari anggota kelompok dan mempelajari apa yang telah dilakukan orang lain untuk tetap sadar.

4. Pelajari cara-cara sehat untuk mengatasi stres
Setelah mengatasi masalah langsung Anda dengan kecanduan dan memulai pengobatan, Anda masih harus menghadapi masalah yang mengarah pada penyalahgunaan narkoba Anda. 

Apakah Anda mulai menggunakan untuk mematikan emosi yang menyakitkan, menenangkan diri setelah pertengkaran, bersantai setelah hari yang buruk, atau melupakan masalah Anda?

Setelah Anda sadar, perasaan negatif yang Anda rasakan dengan obat-obatan akan muncul kembali. Agar pengobatan berhasil, pertama-tama Anda harus menyelesaikan masalah mendasar Anda.

Begitu Anda telah menyelesaikan masalah mendasar Anda, Anda akan, kadang-kadang, terus mengalami stres, kesepian, frustrasi, kemarahan, rasa malu, kecemasan, dan keputusasaan. Semua emosi ini adalah bagian normal dari kehidupan. 

Menemukan cara untuk mengatasi perasaan ini ketika timbul adalah komponen penting untuk perawatan dan pemulihan Anda.

Ada cara yang lebih sehat untuk menjaga tingkat stres Anda tetap terkendali. Anda dapat belajar untuk mengelola masalah Anda tanpa jatuh kembali pada kecanduan Anda. Ketika Anda yakin dengan kemampuan Anda untuk dengan cepat menghilangkan stres, menghadapi perasaan yang kuat tidak terlalu menakutkan atau berlebihan.

a. Cara Cepat menghilangkan stres tanpa obat-obatan
Strategi penghilang stres cepat yang berbeda bekerja lebih baik untuk beberapa orang daripada yang lain. Kuncinya adalah menemukan yang paling cocok untuk Anda.
  • Gerakan. Jalan cepat di sekitar blok cukup untuk menghilangkan stres. Yoga dan meditasi juga merupakan cara terbaik untuk menghilangkan stres dan menemukan keseimbangan.
  • Keluar dan nikmati hangatnya sinar matahari dan udara segar. Nikmati pemandangan atau lanskap yang indah.
  • Main dengan anjing atau kucing Anda. Nikmati sentuhan santai bulu hewan peliharaan Anda.
  • Bereksperimenlah dengan indera penciuman Anda. Hirup aroma bunga segar atau biji kopi, atau nikmati aroma yang mengingatkan Anda pada liburan favorit, seperti tabir surya atau kerang laut.
  • Tutup mata Anda dan bayangkan tempat yang damai. Pikirkan pantai berpasir, atau kenangan indah, seperti langkah pertama anak Anda atau waktu yang dihabiskan bersama teman-teman.
  • Memanjakan diri sendiri. Buatlah diri Anda secangkir teh panas, pijat leher atau bahu. Berendam dalam air panas atau mandi.

5. Jaga pemicu dan kendalikan keinginan untuk menggunakan narkoba
Pemulihan Anda tidak berakhir menjadi sadar. Otak Anda masih membutuhkan waktu untuk memulihkan dan membangun kembali koneksi yang berubah saat Anda kecanduan. 

Selama pembangunan kembali ini, keinginan mengidam narkoba bisa menjadi sangat kuat. Anda dapat mendukung pemulihan berkelanjutan Anda dengan menghindari orang, tempat, dan situasi yang memicu keinginan Anda untuk menggunakan:
  • Menjauhlah dari teman-teman Anda yang menggunakan
Jangan bergaul dengan teman-teman yang masih menggunakan narkoba. Kelilingi diri Anda dengan orang-orang yang mendukung ketenangan Anda, bukan mereka yang menggoda Anda untuk kembali ke kebiasaan lama yang merusak.
  • Hindari bar dan klub
Bahkan jika Anda tidak memiliki masalah dengan alkohol, minum menurunkan penghambatan dan merusak penilaian, yang dapat dengan mudah menyebabkan kekambuhan. 

Obat-obatan sering tersedia dan godaan untuk menggunakan bisa sangat menyengat. Juga hindari lingkungan dan situasi lain yang Anda kaitkan dengan penggunaan narkoba.
  • Terus terang tentang riwayat penggunaan narkoba Anda ketika mencari perawatan medis
Jika Anda memerlukan prosedur medis atau gigi dilakukan, dimuka dan cari penyedia yang akan bekerja dengan Anda dalam menentukan alternatif atau obat minimum absolut yang diperlukan. 

Anda seharusnya tidak pernah merasa malu atau terhina tentang penggunaan obat sebelumnya atau ditolak pengobatan untuk rasa sakit; jika itu terjadi, cari penyedia lain.
  • Berhati-hatilah dengan obat resep
Jika Anda kecanduan obat resep, seperti obat penghilang rasa sakit opioid, Anda mungkin perlu berbicara dengan dokter Anda tentang menemukan cara alternatif untuk mengelola rasa sakit. 

Terlepas dari obat yang Anda alami masalah, penting untuk menjauhi obat resep dengan potensi penyalahgunaan atau penggunaan hanya jika perlu dan dengan sangat hati-hati. Obat-obatan dengan potensi penyalahgunaan tinggi termasuk obat penghilang rasa sakit, obat tidur, dan obat anti-kecemasan.

a. Mengatasi Kecanduan Narkoba
Terkadang keinginan tidak dapat dihindari, dan perlu untuk menemukan cara untuk mengatasinya:
  • Terlibat dalam aktivitas yang mengganggu
Baca, temui teman, pergi nonton film, rendam diri dalam hobi, mendaki, atau berolahraga. Setelah Anda tertarik pada sesuatu yang lain, Anda akan menemukan dorongan itu hilang.
  • Bicara sampai selesai
Bicaralah dengan teman atau anggota keluarga tentang keinginan ketika itu terjadi. Berbicara dapat sangat membantu dalam menentukan sumber dari keinginan tersebut. 

Juga, berbicara tentang keinginan seringkali membantu melepaskan dan menghilangkan perasaan dan akan membantu mengembalikan kejujuran dalam hubungan Anda. Nafsu keinginan bukanlah hal yang buruk.
  • Tantang dan ubah pikiran Anda
Ketika mengalami keinginan, banyak orang memiliki kecenderungan untuk mengingat hanya efek positif dari obat dan melupakan konsekuensi negatifnya. 

Karena itu, Anda mungkin perlu mengingatkan diri sendiri bahwa Anda benar - benar tidak akan merasa lebih baik jika Anda menggunakannya dan Anda akan kehilangan banyak hal. Terkadang sangat membantu untuk memiliki konsekuensi ini tercantum pada kartu kecil yang Anda simpan bersama Anda.
  • Dorong surfing
Banyak orang mencoba mengatasi desakan mereka dengan menghilangkannya. Tetapi beberapa keinginan terlalu kuat untuk diabaikan. Ketika ini terjadi, akan sangat berguna untuk tetap dengan dorongan sampai itu berlalu. 

Teknik ini disebut urge surfing. Bayangkan diri Anda sebagai seorang peselancar yang akan mengendarai gelombang keinginan obat Anda, tetap di atasnya sampai puncak, pecah, dan berubah menjadi ombak berbusa yang kurang kuat. 
Ketika Anda mengendarai nafsu keinginan, tanpa berusaha untuk bertempur, menghakimi, atau mengabaikannya, Anda akan melihat bahwa keinginan itu berlalu lebih cepat daripada yang Anda kira.

Tiga langkah dasar menghindari dari keinginan untuk kembali menggunakan narkoba:

1. Catatlah bagaimana Anda mengalami keinginan tersebut
Lakukan ini dengan duduk di kursi yang nyaman dengan kaki rata di lantai dan tangan dalam posisi nyaman. Ambil napas dalam-dalam dan fokuskan perhatian Anda ke dalam. Biarkan perhatian Anda berkelana ke seluruh tubuh Anda. 

Perhatikan di mana dalam tubuh Anda, Anda mengalami keinginan dan seperti apa rasanya. Perhatikan setiap area di mana Anda mengalami dorongan, dan katakan pada diri sendiri apa yang Anda alami. Misalnya, "Keinginan saya ada di mulut dan hidung saya dan di perut saya.

2. Fokus pada satu area di mana Anda mengalami dorongan
Perhatikan sensasi yang tepat di daerah itu. Misalnya, apakah Anda merasa panas, dingin, geli, atau mati rasa? Apakah otot Anda tegang atau rileks? Seberapa besar area yang terlibat? Perhatikan sensasi dan gambarkan itu untuk diri sendiri. 
Perhatikan perubahan yang terjadi dalam sensasi tersebut. “Mulutku terasa kering dan kering. Ada ketegangan di bibir dan lidah saya. Saya terus menelan. Saat saya menghembuskan napas, saya bisa membayangkan betapa tergelitiknya menggunakannya. 

3. Ulangi fokus dengan setiap bagian tubuh Anda yang mengalami keinginan
Jelaskan pada diri sendiri perubahan yang terjadi dalam sensasi. Perhatikan bagaimana dorongan itu datang dan pergi. Banyak orang, ketika mereka mendesak untuk berselancar, memperhatikan bahwa setelah beberapa menit, keinginan itu hilang.

Namun, tujuan dari latihan ini bukanlah untuk membuat keinginan itu hilang tetapi untuk mengalami keinginan tersebut dengan cara yang baru. 

Jika Anda berlatih berselancar, Anda akan terbiasa dengan hasrat Anda dan belajar bagaimana cara mengendarainya sampai hilang secara alami.

6. Membangun kehidupan bebas narkoba yang bermakna
Anda dapat mendukung perawatan obat Anda dan melindungi diri Anda dari kekambuhan dengan memiliki aktivitas dan minat yang memberikan makna bagi kehidupan Anda.

Wajib Baca: Bahaya Sabu Bagi Kesehatan dan Cara Menghilangkan Efeknya!

Sangat penting untuk terlibat dalam hal-hal yang Anda sukai, yang membuat Anda merasa dibutuhkan, dan menambahkan makna pada hidup Anda. Ketika hidup Anda dipenuhi dengan kegiatan yang bermanfaat dan tujuan, kecanduan Anda akan kehilangan daya tariknya.
  • Ambil hobi lama atau coba yang baru
Lakukan hal-hal yang menantang kreativitas Anda dan memicu imajinasi Anda — sesuatu yang selalu ingin Anda coba. Pelajari alat musik, bahasa asing, atau coba olahraga baru.
  • Mengadopsi hewan peliharaan
Ya, hewan peliharaan adalah tanggung jawab, tetapi merawat binatang membuat Anda merasa dicintai dan dibutuhkan . Hewan peliharaan juga dapat membuat Anda keluar dari rumah untuk berolahraga.
  • Habiskan waktu di alam
Ambil pendakian yang indah, memancing atau berkemah, atau menikmati jalan-jalan biasa di taman.
  • Nikmati seni
Kunjungi museum, pergi ke konser atau bermain, mengikuti kelas seni atau menulis memoar.
  • Terlibatlah dalam komunitas Anda
Ganti kecanduan Anda dengan kelompok dan aktivitas bebas narkoba. Sukarelawan , menjadi aktif di gereja atau komunitas agama Anda, atau bergabung dengan klub lokal atau kelompok lingkungan.
  • Tetapkan tujuan hidup yang bermakna
Memiliki tujuan untuk dikerjakan dan sesuatu yang dinanti-nantikan dapat menjadi penangkal yang kuat untuk kecanduan narkoba. Tidak masalah apa tujuannya, hanya saja itu penting bagi Anda.
  • Jaga kesehatan Anda
Olahraga teratur , tidur yang cukup , dan kebiasaan makan yang sehat membantu Anda menjaga tingkat energi Anda naik dan tingkat stres Anda turun. Semakin Anda bisa tetap sehat dan merasa baik, semakin mudah untuk tetap sadar.

7. Jangan biarkan relaps membuat Anda sedih
Relaps adalah bagian umum dari proses pemulihan dari kecanduan narkoba. Walaupun kambuh itu membuat frustrasi dan mengecilkan hati, itu bisa menjadi kesempatan untuk belajar dari kesalahan Anda, mengidentifikasi pemicu tambahan, dan memperbaiki jalannya perawatan Anda.

a. Apa yang menyebabkan kekambuhan?
Berbagai "pemicu" dapat membuat orang berisiko kambuh ke dalam pola lama penggunaan narkoba. Penyebab kekambuhan dapat berbeda untuk setiap orang. Beberapa yang umum termasuk:
  • keadaan emosi negatif (seperti kemarahan, kesedihan, trauma atau stres)
  • ketidaknyamanan fisik (seperti gejala penarikan atau nyeri fisik)
  • keadaan emosi positif (ingin merasa lebih baik)
  • menguji kontrol pribadi (“Saya dapat memiliki hanya satu pil”)
  • godaan atau desakan yang kuat (keinginan untuk menggunakan)
  • konflik dengan orang lain (seperti pertengkaran dengan pasangan atau pasangan)
  • tekanan sosial untuk digunakan (situasi di mana orang lain menggunakan narkoba)
  • saat-saat menyenangkan bersama orang lain (seperti bersenang-senang dengan teman atau keluarga)
Yang penting untuk diingat adalah kambuh bukan berarti kegagalan pengobatan. Jangan menyerah. Hubungi sponsor Anda, bicarakan dengan terapis Anda, pergi ke pertemuan, atau jadwalkan janji temu dengan dokter Anda. 

Baca Juga: Macam Macam Obat Terlarang dan Dampaknya yang Mengerikan!

Ketika Anda sadar lagi dan keluar dari bahaya, lihat apa yang memicu kekambuhan, apa yang salah, dan apa yang bisa Anda lakukan secara berbeda. Anda dapat memilih untuk kembali ke jalur pemulihan dan menggunakan pengalaman untuk memperkuat komitmen Anda.

Referensi:
Karya mahasiswa nurse memiliki pedoman sumber yang ketat dan bergantung pada studi peer-review, lembaga penelitian akademik, dan asosiasi medis. Kami menghindari penggunaan referensi tersier. 
  • Mengatasi Kecanduan - Temukan jalur yang efektif menuju pemulihan. (Laporan Kesehatan Khusus Harvard Medical School)
  • Apa yang Harus Dilakukan Jika Anda Mengalami Masalah Narkoba: Untuk Orang Dewasa  - Kiat untuk mengidentifikasi masalah narkoba dan langkah-langkah yang dapat Anda ambil untuk membantu diri sendiri. (Institut Nasional Penyalahgunaan Narkoba)
  • Prinsip-prinsip Perawatan Kecanduan Narkoba: Sebuah Panduan Berbasis Penelitian  - Perawatan yang efektif untuk penyalahgunaan dan kecanduan narkoba. (Institut Nasional Penyalahgunaan Narkoba)
  • Bagaimana kecanduan obat resep dapat diobati? - Pilihan pengobatan untuk kecanduan obat resep termasuk kecanduan obat penghilang rasa sakit opioid. (Institut Nasional Penyalahgunaan Narkoba)

0 Response to "Cara Menghilangkan Candu Narkoba dengan Cepat "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel