8 Vitamin yang Bagus untuk Pertumbuhan Rambut Menurut Ahli

Banyak orang memandang rambut yang tampak sehat sebagai tanda kesehatan atau kecantikan. Seperti bagian tubuh Anda yang lain, rambut membutuhkan beragam nutrisi untuk menjadi sehat dan tumbuh.
Vitamin yang Baik untuk Pertumbuhan Rambut yang Bagus
Faktanya, banyak kekurangan nutrisi terkait dengan kerontokan rambut. Sementara faktor-faktor seperti usia, genetika, dan hormon juga memengaruhi pertumbuhan rambut, asupan nutrisi yang optimal adalah kuncinya.

Berikut Vitamin yang Baik untuk Pertumbuhan Rambut yang Bagus

1. Vitamin A
Semua sel membutuhkan vitamin A untuk pertumbuhan. Ini termasuk rambut, jaringan yang tumbuh paling cepat di tubuh manusia.

Vitamin A juga membantu kelenjar kulit membuat zat berminyak yang disebut sebum. Sebum melembabkan kulit kepala dan membantu menjaga kesehatan rambut. Kekurangan diet vitamin A dapat menyebabkan beberapa masalah, termasuk rambut rontok.

Meskipun penting untuk mendapatkan cukup vitamin A, terlalu banyak mungkin berbahaya. Studi menunjukkan bahwa overdosis vitamin A juga dapat berkontribusi pada kerontokan rambut.

Ubi jalar, wortel, labu, bayam dan kangkung semuanya mengandung beta-karoten, yang diubah menjadi vitamin A. Vitamin A juga dapat ditemukan dalam produk hewani seperti susu, telur, dan yogurt. Minyak hati ikan kod adalah sumber yang sangat baik.

Anda juga dapat menemukan suplemen vitamin A di toko online. Rambut Anda membutuhkan vitamin A agar tetap lembab dan tumbuh. Sumber yang baik termasuk ubi, wortel, bayam, kangkung dan beberapa makanan hewani.

2. Vitamin B
Salah satu vitamin yang paling dikenal untuk pertumbuhan rambut adalah vitamin B yang disebut biotin. Studi mengaitkan defisiensi biotin dengan kerontokan rambut pada manusia.

Meskipun biotin digunakan sebagai alternatif perawatan rambut rontok, mereka yang kurang memiliki hasil terbaik. Namun, kekurangan sangat jarang terjadi karena terjadi secara alami di berbagai makanan.

Ada juga kurangnya data tentang apakah biotin efektif untuk pertumbuhan rambut pada individu yang sehat. Vitamin B lainnya membantu membuat sel darah merah, yang membawa oksigen dan nutrisi ke kulit kepala dan folikel rambut. Proses ini penting untuk pertumbuhan rambut.

Anda bisa mendapatkan vitamin B dari banyak makanan, termasuk biji-bijian utuh, kacang almond, daging, ikan, makanan laut, dan sayuran hijau.

Selain itu, makanan hewani adalah satu-satunya sumber vitamin B12 yang baik. Jadi jika Anda mengikuti diet vegetarian atau vegan , pertimbangkan untuk mengonsumsi suplemen.

Vitamin B membantu membawa oksigen dan nutrisi ke kulit kepala Anda, yang membantu pertumbuhan rambut. Biji-bijian utuh, daging, makanan laut, dan sayuran hijau gelap adalah sumber vitamin B yang baik.

3. Vitamin C
Kerusakan radikal bebas dapat menghambat pertumbuhan dan menyebabkan rambut Anda menua. Vitamin C adalah antioksidan kuat yang membantu melindungi terhadap stres oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas.

Selain itu, tubuh Anda membutuhkan vitamin C untuk membuat protein yang dikenal sebagai kolagen - bagian penting dari struktur rambut. Vitamin C juga membantu tubuh Anda menyerap zat besi, mineral yang diperlukan untuk pertumbuhan rambut.

Stroberi, paprika, jambu biji, dan buah jeruk adalah sumber vitamin C yang baik. Vitamin C diperlukan untuk membuat kolagen dan dapat membantu mencegah rambut dari penuaan. Sumber yang baik termasuk paprika, buah jeruk, dan stroberi.

4. Vitamin D
Kadar vitamin D yang rendah dikaitkan dengan alopecia, istilah teknis untuk kerontokan rambut. Penelitian juga menunjukkan bahwa vitamin D dapat membantu menciptakan folikel baru - pori-pori kecil di kulit kepala tempat rambut baru tumbuh.

Vitamin D dianggap berperan dalam produksi rambut, tetapi sebagian besar penelitian berfokus pada reseptor vitamin D. Peran aktual vitamin D dalam pertumbuhan rambut tidak diketahui.
Yang mengatakan, kebanyakan orang tidak mendapatkan cukup vitamin D dan mungkin masih merupakan ide yang baik untuk meningkatkan asupan Anda.

Tubuh Anda menghasilkan vitamin D melalui kontak langsung dengan sinar matahari. Sumber makanan yang baik dari vitamin D termasuk ikan berlemak, minyak ikan cod, beberapa jamur dan makanan yang diperkaya.

Peran aktual vitamin D dalam pertumbuhan rambut tidak dipahami, tetapi satu bentuk kerontokan terkait dengan kekurangan. Anda dapat meningkatkan kadar vitamin D melalui paparan sinar matahari atau dengan makan makanan tertentu.

5. Vitamin E
Mirip dengan vitamin C, vitamin E adalah antioksidan yang dapat mencegah stres oksidatif. Dalam satu studi, orang-orang dengan kerontokan rambut mengalami peningkatan 34,5% dalam pertumbuhan rambut setelah ditambah dengan vitamin E selama 8 bulan.
Kelompok plasebo hanya mengalami peningkatan 0,1%. Biji bunga matahari, almond, bayam dan alpukat adalah sumber vitamin E.

Vitamin E membantu mencegah stres oksidatif dan meningkatkan pertumbuhan rambut. Sumber makanan yang baik termasuk biji bunga matahari, almond, bayam dan alpukat.

6. Zat Besi
Zat besi membantu sel darah merah membawa oksigen ke sel Anda. Ini menjadikannya mineral penting bagi banyak fungsi tubuh, termasuk pertumbuhan rambut.

Kekurangan zat besi, yang menyebabkan anemia, adalah penyebab utama kerontokan rambut. Ini sangat umum pada wanita. Makanan tinggi zat besi termasuk kerang, tiram, telur, daging merah, bayam dan lentil.
Kekurangan zat besi adalah penyebab utama rambut rontok, terutama pada wanita. Sumber zat besi terbaik termasuk kerang, tiram, telur, daging merah, bayam dan lentil.

8. Protein
Rambut hampir seluruhnya terbuat dari protein . Mengkonsumsi cukup penting untuk pertumbuhan rambut. Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa kekurangan protein dapat menurunkan pertumbuhan rambut dan bahkan menyebabkan rambut rontok.

Namun, kekurangan protein yang sebenarnya sangat jarang terjadi di negara-negara Barat. Makan cukup protein penting untuk pertumbuhan rambut, meskipun kekurangan protein jarang terjadi di negara-negara Barat saat ini.

Haruskah Anda Mengonsumsi Suplemen Rambut?

Makanan adalah sumber vitamin terbaik yang Anda butuhkan untuk pertumbuhan rambut. Namun, jika Anda gagal mendapatkan cukup dalam makanan Anda, suplemen mungkin bermanfaat. Menurut penelitian, suplemen bekerja paling baik pada individu yang sudah kekurangan.

Selain itu, vitamin dan mineral dalam dosis besar bisa berbahaya jika Anda tidak kekurangan. Jadi, bekerja dengan dokter untuk menentukan apakah Anda memiliki kekurangan atau tidak.

Pada akhirnya, cara terbaik untuk mendapatkan nutrisi ini adalah dengan mengonsumsi makanan berbasis makanan seimbang dan nyata yang mencakup banyak makanan padat nutrisi .

Referensi
Karya mahasiswa nurse memiliki pedoman sumber yang ketat dan bergantung pada studi peer-review, lembaga penelitian akademik, dan asosiasi medis. Kami menghindari penggunaan referensi tersier. 
  • Nutrisi wanita dengan masalah rambut rontok selama periode menopause. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/27095961
  • Retinoid endogen di folikel rambut dan kelenjar sebaceous. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/21914489
  • Kekurangan biotin dan biotinidase. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/19727438
  • Stres oksidatif pada Penuaan Rambut. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2929555/
  • Pengobatan Alopecia Areata yang berhasil dengan Calcipotriol topikal. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3412244/
  • Efek suplementasi tocotrienol pada pertumbuhan rambut pada sukarelawan manusia. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/24575202
  • Kerontokan rambut difus pada wanita dewasa: pendekatan untuk diagnosis dan manajemen. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/19172026
  • Seng: mikronutrien penting. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/20141096
  • Efek dari tingkat protein makanan yang berbeda dan suplementasi DL-metionin pada pertumbuhan rambut dan kualitas bulu di bulu (penglihatan Neovision). https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/23020079
  • Efek radiasi ultraviolet, merokok, dan nutrisi pada rambut. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/26370649
Ditinjau oleh Kayla McDonell, RD 

0 Response to "8 Vitamin yang Bagus untuk Pertumbuhan Rambut Menurut Ahli "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel