20 Cara Menjalani Hidup Agar Selalu Bahagia dengan Mudah

Ada alasan yang tidak menguntungkan mengapa kebahagiaan seringkali sulit dipahami - otak kita tidak terhubung dengan cara itu. Sebaliknya, otak kita telah berevolusi untuk bertahan hidup, untuk melindungi diri kita sendiri, untuk menjaga kita tetap aman. 
20 Tips Menjalani Hidup dengan Tenang dan Bahagia
Tentu, kita memiliki saat kegembiraan dan periode kepuasan dan kebahagiaan. Tetapi banyak dari kita yang diliputi oleh emosi negatif yang terus-menerus - kita benar-benar terjebak dalam "bla."

Bagaimana kita menemukan lebih banyak sukacita dalam hidup kita? Seperti hal lain, dibutuhkan latihan untuk menumbuhkan kebahagiaan yang berkelanjutan. Dalam arti tertentu, kita harus mengatur ulang baseline kita. 

Ini tidak akan terjadi dalam semalam, tetapi di sini adalah 20 hal teratas yang dapat Anda lakukan setiap hari untuk menemukan rahasia menjadi lebih bahagia.

20 Tips Menjalani Hidup dengan Tenang dan Bahagia

1. Fokus pada hal positif.
Untuk menemukan kebahagiaan jangka panjang, Anda perlu melatih otak Anda dari pola pikir negatif ke pola pikir positif. Cobalah hal-hal ini: Luangkan satu hingga dua menit mencari hal-hal positif dalam hidup Anda. Lakukan ini tiga kali sehari selama 45 hari, dan otak Anda akan mulai melakukannya secara otomatis.

Pilih mantra positif untuk hari itu - sesuatu yang akan Anda ulangi untuk diri sendiri, seperti "Hari ini indah" atau "Saya merasa bersyukur atas semua yang saya miliki." Dan ketika segalanya berjalan ke selatan, luangkan waktu sejenak untuk mencoba dan melihatnya dari cahaya positif. Jangan pernah meremehkan pentingnya mengenali lapisan perak dalam kehidupan.

2. Rayakan kemenangan kecil.
Hidup ini penuh dengan pasang surut, tetapi di antara kita memiliki banyak kemenangan kecil yang tanpa disadari. Luangkan waktu sejenak untuk merayakan kemenangan kecil ini.

Apakah Anda mencentang semua hal pada daftar tugas yang harus Anda tunda? Yay! Apakah Anda akhirnya menghapus ribuan email yang telah mengisi kotak masuk Anda? Woo hoo! Nikmati pencapaian kecil ini. Mereka bertambah!

3. Temukan keseimbangan pekerjaan dan kehidupan Anda.
Pekerjaan menghabiskan banyak hari kita, tetapi itu seharusnya bukan satu-satunya hal yang kita lakukan. Sangat penting untuk mengejar kegiatan dan minat di luar pekerjaan kita. 

Apakah kamu memiliki hobi? Apakah Anda menghabiskan waktu bersama teman dan orang yang Anda cintai? Apakah Anda berolahraga ? Menciptakan keseimbangan dalam hidup Anda akan mengurangi stres dan memberi Anda outlet lain untuk mengekspresikan diri dan bersenang-senang.

4. Berlatih perhatian penuh.
Mediasi mindfulness bekerja dengan membawa kesadaran dan perhatian Anda ke saat ini. Ini tentang menjadi tidak menghakimi dan menerima perasaan Anda. Berlatih  perhatian berarti hadir, sadar, dan ingin tahu. 

Menerima apa yang kita alami mengurangi stres dan membantu kita melihat situasi apa adanya. Melalui perhatian, kita dapat menemukan kedamaian dan penegasan dalam diri kita.

5. Jadilah kreatif.
Anda mungkin menganggap artis sebagai orang yang murung dan tertekan, tetapi penelitian menunjukkan bahwa melakukan  kegiatan kreatif secara teratur sebenarnya membuat Anda lebih bahagia. 

Mereka yang menghabiskan waktu menggunakan imajinasi mereka dan menjadi kreatif memiliki lebih banyak antusiasme dan lebih cenderung memiliki perasaan kebahagiaan dan kesejahteraan jangka panjang. Kegiatan kreatif semacam itu dapat meliputi penulisan, melukis, menggambar dan pertunjukan musik.

6. Terima kekurangan Anda 
Banyak dari kita berjuang untuk kesempurnaan - kita ingin mendorong diri kita untuk menjadi yang terbaik. Tetapi agar benar-benar bahagia, Anda harus merangkul ketidaksempurnaan yang merupakan bagian dari kehidupan. 

Kesempurnaan tidak mungkin, dan mempertahankan diri kita dan orang lain pada standar-standar ini sia-sia. Kita akan selalu merasa kecewa. Terimalah bahwa hidup ini tidak sempurna dan sadari bahwa ada keindahan dan rahmat dalam ketidaksempurnaan itu.

7. Lakukan apa yang Anda sukai.
Sangat sulit untuk mempertahankan kebahagiaan jika Anda membenci pekerjaan Anda. Jangan sia-siakan tahun-tahun terbaik dalam hidup Anda dalam  pekerjaan tanpa sukacita , bahkan jika itu membayar tagihan. 

Apa yang Anda minati? Apa yang benar-benar Anda sukai? Fokus membangun karier di bidang yang memotivasi Anda dan akan memberi Anda tingkat kepuasan yang tinggi, dan faktor kebahagiaan Anda akan naik secara eksponensial.

8. Habiskan uang dengan bijak.
Sangat menggoda untuk percaya bahwa semakin banyak uang yang Anda miliki, semakin bahagia Anda. Tetapi kenyataannya adalah, bagaimana Anda  menghabiskan uang Anda yang membantu Anda merasa lebih bahagia. 

Kuncinya adalah melakukannya dengan bijak. Menghabiskan uang untuk pengalaman - perjalanan, makan, konser, dan sebagainya dapat membuat kita lebih bahagia karena kita berbagi pengalaman itu dengan orang lain. 

Kebahagiaan yang terhubung dengan harta benda memudar, tetapi pengalaman membantu kita menentukan tujuan dan gairah hidup kita.

9. Hidup di saat ini.
Pikiran dan perasaan kita sering berputar di sekitar masa lalu atau masa depan. Realitas adalah apa yang Anda alami pada saat ini; apa yang Anda alami sekarang. Terkadang kita ingin lepas dari kenyataan itu. 

Tetapi ketika kita tinggal di masa sekarang, kita sepenuhnya terlibat dalam kehidupan kita. Berusahalah untuk hidup di saat ini , dan Anda akan mulai memiliki apresiasi yang lebih 

10. Tanamkan rasa terima kasih.
Temukan cara untuk menumbuhkan rasa terima kasih setiap hari. Bersyukur dan bersyukur atas semua yang Anda miliki akan membuat Anda lebih bahagia dan lebih puas. Rasa terima kasih adalah  penghargaan yang bersyukur atas apa yang telah Anda terima dalam hidup. 

Hadiah-hadiah itu bisa berwujud atau tidak berwujud. Ketika Anda menghabiskan waktu setiap hari untuk mengakui semua yang baik dalam hidup, Anda akan melihat ada lebih banyak hal baik daripada yang Anda sadari, dan Anda akan menemukan bahwa kesedihan, kecemasan, dan depresi berkurang.

11. Berikan kembali.
Bermurah hati dengan waktu dan uang Anda. Berikan kepada orang lain yang membutuhkan. Berikan kepada orang yang Anda cintai dan sayangi. Mereka yang  memberi kembali memiliki rasa tidak mementingkan diri sendiri dan kemanusiaan. 

Mereka yang bermurah hati dalam membelanjakan uang untuk orang lain cenderung memiliki kesehatan yang baik, mungkin karena memberi memiliki efek perasaan senang yang menurunkan tekanan darah dan stres.

12. Kejutkan diri Anda.
Sulit untuk merasa bahagia jika Anda bosan atau merasa bla tentang hidup. Bagian dari perasaan bahagia adalah perasaan terstimulasi, tertarik dan sedikit terkejut dengan kehidupan. 

Jadi kagetkan diri Anda dengan menetapkan tujuan di luar zona nyaman Anda. Tempatkan diri Anda dalam situasi baru atau tidak terduga. Tetapkan tujuan untuk diri sendiri dan kemudian bekerja untuk mencapainya. Dan ingat untuk menikmati perjalanan!

13. Dengarkan musik.                       
Mendengarkan musik mengangkat semangat kita. Itu membuat kita merasa lebih baik, sebagian karena mendengarkan musik menyebabkan otak kita melepaskan dopamin, zat kimia saraf yang terhubung dengan kesenangan dan penghargaan. 


Mereka yang  terlibat dengan musik melalui tarian atau melalui menghadiri konser melaporkan tingkat kebahagiaan dan kesejahteraan yang tinggi.

14. Anda lakukan Anda.
Salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kebahagiaan Anda adalah dengan menjadi diri sendiri. Itu berarti tidak bergantung pada persetujuan orang lain, tetapi  menerima diri sendiri apa adanya. 

Luangkan waktu untuk mengenal diri sendiri. Apa yang mendefinisikanmu? Apa yang Anda percaya? Siapa kamu, di bawah itu semua? Cari cara untuk merasa nyaman di kulit Anda sendiri.

15. Bangun hubungan yang bermakna.
Kebahagiaan, cinta, persahabatan dan komunitas berjalan seiring. Sebagai manusia, kita memiliki kebutuhan mendasar untuk berinteraksi dan terhubung dengan orang lain. 

Kami secara alami mencari suku kami orang-orang yang akan mendukung kami, memahami kami dan berada di sana untuk kami melalui perjalanan roller-coaster seumur hidup. 


Tanpa hubungan yang bermakna, kita kesepian dan terisolasi. Kita lebih bahagia ketika kita mengejar kebahagiaan dengan orang lain.

16. Tidak ada yang sebanding dengan Anda.
Berhentilah  membandingkan diri Anda dengan semua orang di sekitar Anda. Yang paling penting, berhentilah membandingkan barang-barang Anda dengan semua barang yang dimiliki orang lain. 

Media sosial memiliki cara untuk membuat kita merasa seperti orang lain memilikinya lebih baik daripada kita. Seberapa sering menggulir melalui umpan berita Anda membuat Anda merasakan emosi negatif? 

Membiarkan iri hati dan kebencian untuk berakar merampas kita dari menghargai apa yang kita miliki.

17. Berhentilah khawatir.
Selalu khawatir tentang segala sesuatu menciptakan kecemasan beracun, di mana pikiran Anda dipenuhi dengan pikiran-pikiran negatif yang berputar. 


Kekhawatiran mengganggu pikiran Anda dan membuat Anda takut dan khawatir tentang hal-hal yang seringkali tidak dapat Anda kendalikan. Terkadang kita percaya bahwa jika kita cukup khawatir, kita dapat mencegah hal-hal buruk terjadi. 

Tetapi kenyataannya adalah, Anda tidak bisa mengalami kegembiraan atau bahkan kepuasan ketika Anda dihabiskan oleh kekhawatiran.

18. Bergaul dengan orang-orang yang bahagia.
Pernah nongkrong dengan orang yang suram dan pergi dengan perasaan kesal? Itu karena suasana hati bisa menular. Ternyata perasaan dapat ditransfer dari satu orang ke orang lain, dan semakin kita berbagi pengalaman satu sama lain, semakin emosi dan perilaku kita menjadi tersinkronisasi. 

Salah satu rahasia kebahagiaan jangka panjang adalah  mengelilingi diri Anda dengan orang lain yang juga bahagia.

19. Habiskan waktu di alam.
Beberapa peneliti percaya bahwa generasi ultra-kabel saat ini sebenarnya menderita gangguan alam-defisit. 

Penelitian telah menunjukkan bahwa semakin banyak waktu yang kita habiskan di alam, dan semakin banyak kita berhubungan dengan dunia alami di sekitar kita, semakin besar rasa kebahagiaan kita. Koneksi kita  dengan alam juga berperan dalam menjaga kesehatan mental yang positif.

20. Mengenang kenangan indah.
Mengapa kita mencintai segala sesuatu yang retro? Mungkin karena nostalgia membuat kita bahagia. Perasaan nostalgia, atau  mengenang masa lalu kita, dapat membantu kita berhubungan kembali dengan perasaan cinta dan rasa kagum dan terpenuhi. 

Masa lalu kita membentuk kita dan mendefinisikan identitas kita. Ketika kita mengingat masa-masa indah dan kenangan indah, kita dapat meningkatkan kepercayaan diri kita dan merasa lebih dekat dengan orang-orang di sekitar kita.

Nah itulah 20 cara mudah untuk menjalani hidup menjadi lebih bahagia dari sebelumnya. Saran dari karya mahasiswa nurse, hidup ini jangan terlalu dibawa beban, hidup sangat singkat, sangat disayangkan kalau kita menghabiskan waktu hanya untuk bersedih dengan suatu hal yang padahal ada hal yang jauh lebih menyenangkan sedang menanti kita.

0 Response to "20 Cara Menjalani Hidup Agar Selalu Bahagia dengan Mudah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel