Cara Melindungi Kulit Selama Olahraga Outdoor

Berolahraga di luar membuat Anda merasa baik, secara fisik dan mental. Tetapi waktu yang lama di luar ruangan membuat Anda rentan terhadap kerusakan kumulatif yang disebabkan oleh radiasi ultraviolet (UV) matahari yang berbahaya yang dapat menyebabkan kanker kulit. 
Cara Melindungi Kulit saat Berolahraga dibawah Sinar Matahari

Jadi, jika Anda berkompetisi dalam olahraga tim atau hanya suka berjalan, berlari, berenang, atau bermain golf atau tenis di luar, penting untuk menjadikan perlindungan matahari sebagai kebiasaan sehari-hari.

Dan perlu diingat bahwa hari-hari berbahaya bukan hanya hari-hari yang panas dan cerah. Hingga 80 persen sinar UV dapat menembus awan. Anda benar-benar bisa terbakar pada hari-hari mendung ketika Anda tidak memikirkan matahari.

Yayasan Kanker Kulit menawarkan kiat-kiat keamanan matahari ini untuk atlet atau siapa saja yang memiliki gaya hidup aktif di luar ruangan:

Cara Melindungi Kulit saat Berolahraga dibawah Sinar Matahari

1. Cari tempat yang teduh
terutama antara jam 10 pagi dan 4 sore. Jadwalkan pelatihan dan permainan untuk pagi hari atau sore hari jika memungkinkan. 

Jika Anda harus berolahraga atau bermain di tengah hari, lakukan tindakan pencegahan ekstra untuk melindungi diri Anda, termasuk yang ada di bawah ini, serta banyak air untuk menghindari dehidrasi.

2. Jangan terbakar sinar matahari
Risiko melanoma berlipat ganda jika Anda menderita lebih dari lima kali terbakar sinar matahari selama seumur hidup. Tutupi apa yang kamu bisa. 

Pakaian bisa menjadi bentuk perlindungan sinar matahari Anda yang paling efektif, jadi manfaatkan itu dengan tenunan atau rajutan ketat, kain berwarna gelap atau cerah, yang menawarkan pertahanan terbaik. 

Pabrikan menawarkan pakaian khusus penyerap UV mulai dari pakaian renang dan pelindung ruam hingga topi, kemeja lengan panjang dan celana panjang. Banyak yang dirancang untuk atlet atau latihan dan sering diberi label dengan peringkat UPF (faktor perlindungan ultraviolet). 
Carilah UPF 30 atau lebih tinggi, yang berarti akan memungkinkan hanya 1/30 th  radiasi UV matahari untuk menembus kain. 

3. Gunakan topi bertepi lebar jika memungkinkan. 
Jika topi yang ditagih adalah satu-satunya jenis yang akan tetap aktif saat Anda berlari, misalnya, jangan lupa menerapkan tabir surya ke telinga dan belakang leher Anda. Dan kacamata hitam yang menghalangi UV akan melindungi mata Anda dan membantu Anda menghindari menyipit.

4. Untuk aktivitas luar ruangan yang lebih lama
gunakan tabir surya spektrum luas (UVA / UVB) yang tahan air dengan SPF 30 atau lebih tinggi. Oleskan 1 ons (2 sendok makan) tabir surya ke semua area yang terbuka 30 menit sebelum pergi keluar. 

Formula kulit yang tahan air dan sensitif untuk wajah mungkin lebih sedikit menetes dan menyengat.

Oleskan kembali tabir surya setiap dua jam atau segera setelah berenang atau berkeringat
Tongkat tabir surya sering kali datang dalam ukuran kecil yang bisa Anda simpan dalam saku untuk digunakan kembali sesering mungkin saat Anda aktif. 
Berhati-hatilah untuk menutupi bagian-bagian yang terbuka yang mudah terlewatkan, seperti tangan, telinga, belakang leher dan bibir Anda. (Cari lip balm dengan SPF setidaknya 15.)

5. Obat anti-inflamasi nonsteroid 
seperti aspirin, ibuprofen (Advil dan Motrin) dan naproxen (Aleve) membuat Anda ekstra sensitif terhadap sinar matahari. Jika Anda menggunakan obat-obatan seperti itu untuk sakit dan nyeri, waspadalah tentang melindungi kulit Anda.

Nah itulah 5 cara mudah melindungi kulit dari sinar matahari saat olahraga outdoor, saya sendiri hobi olahraga outdoor salah satunya mendaki dan saya melindungi kulit saya dengan memakai baju lengan panjang serta topi dan tabir surya.

0 Response to "Cara Melindungi Kulit Selama Olahraga Outdoor"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel