Manfaat Bermain di Alam Bebas untuk Kesehatan

Manfaat berada di alam berlimpah. Ketika kita mendekatinya baik itu hutan belantara yang tak tersentuh atau pohon halaman belakang kita membantu otak dan tubuh kita. 
Manfaat Berada di Alam Bebas Bagi Tubuh

Ini berlaku untuk semua umur dan lapisan masyarakat; alam terbuka menawarkan salah satu dorongan paling andal bagi kesehatan mental dan fisik kita. 

Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa apa yang Anda lihat, dengar, dan alami di lingkungan Anda tidak hanya mengubah suasana hati Anda, tetapi juga cara kerja sistem saraf, endokrin, dan kekebalan tubuh Anda.

Manfaat Berada di Alam Bebas Bagi Tubuh

1. Mendorong Aktivitas Fisik dan Keterlibatan
Aksesibilitas ke ruang hijau sehari-hari mendorong orang untuk keluar begitu saja. Hal ini pada gilirannya memotivasi mereka untuk aktif secara fisik, spiritual, dan sosial, yang dapat mengimbangi penyakit kronis, kecacatan, dan isolasi. 

Menghabiskan waktu di luar rumah juga memerangi kebosanan dan meningkatkan harga diri. Selain itu, berada di luar membuat kita merasa lebih energik dan hidup - alasan yang cukup baik untuk keluar dan bergerak.

2. Mengurangi Stres
Pengurangan stres adalah salah satu manfaat paling terkenal dari berada di alam. Pergi keluar rumah, atau bahkan melihat pemandangan alam, mengurangi kemarahan, ketakutan, dan stres dan meningkatkan perasaan menyenangkan. 

Akibatnya , itu juga dapat membantu mengurangi tekanan darah, detak jantung, ketegangan otot, dan produksi hormon stres. Bahkan melihat alam dari jendela dikaitkan dengan stres yang lebih rendah dan penurunan angka kematian.

3. Meningkatkan Memori Jangka Pendek dan Bekerja
Percaya atau tidak, berada di alam dapat membantu meningkatkan memori jangka pendek dan kerja Anda. Faktanya, sebuah penelitian menunjukkan bahwa berjalan di alam dapat meningkatkan daya ingat jangka pendek Anda hingga 20 persen. 

Studi serupa lainnya pada individu dengan depresi menemukan bahwa jalan - jalan di alam meningkatkan ingatan kerja lebih dari jalan-jalan di lingkungan perkotaan.

4. Mengurangi Peradangan
Peradangan adalah proses alami yang digunakan tubuh untuk merespons ancaman, seperti jari kaki yang terpotong atau terkena flu. 

Tetapi ketika ada terlalu banyak peradangan dalam tubuh, itu terkait dengan penyakit lain, seperti penyakit radang usus, depresi, dan kanker. Menghabiskan waktu di alam mungkin merupakan salah satu cara untuk membantu mengendalikannya. 


Dalam satu penelitian, pasien lanjut usia yang telah dikirim dalam perjalanan selama seminggu ke hutan menunjukkan tanda-tanda peradangan yang berkurang serta beberapa indikasi bahwa jalan kayu memiliki efek positif pada hipertensi mereka .

5. Meredakan Depresi dan Kecemasan
Cukup duduk di ruang hijau atau mendengarkan suara air jatuh membantu orang merasa lebih hidup, dan bagi manula yang berjuang dengan depresi atau perasaan putus asa, ini adalah hadiah yang tak terukur. 


Kegelisahan, depresi, dan masalah kesehatan mental lainnya mungkin berkurang pada suatu waktu di luar ruangan terutama jika dikombinasikan dengan olahraga.

Nah itulah manfaat luar biasa berada dialam bebas. Saya sendiri hobi olahraga outdoor salah satunya itu menjelah dan mendaki gunung, disaat beban sudah menumpuk, mendaki menjadi pilihan untuk menenangkan hati dan pikiran yang paling efektif.

0 Response to "Manfaat Bermain di Alam Bebas untuk Kesehatan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel