Cara Mempertajam Penglihatan Mata secara Alami

Para peneliti di Universitas Stanford yang bergengsi menemukan korelasi antara orang dewasa yang membutuhkan kacamata dan peningkatan risiko demensia.
10 Cara untuk Meningkatkan Ketajaman Penglihatan Mata
Meskipun Anda mungkin mengaitkan kacamata tebal dengan usia tua, korelasinya masih ada bahkan setelah disesuaikan dengan usia dan kesehatan. Solusinya? Pertajam ketajaman visual Anda dengan cara berikut ini

Melakukan pemeriksaan mata secara teratur adalah salah satu dari banyak cara Anda dapat meningkatkan penglihatan dan mencegah cedera atau penyakit yang dapat merusak penglihatan Anda. 

Teruslah membaca untuk mempelajari cara-cara lain Anda dapat meningkatkan ketajaman penglihatan Anda

10 Cara untuk Meningkatkan Ketajaman Penglihatan Mata

1. Dapatkan vitamin dan mineral utama yang cukup
Vitamin A, C, dan E, serta mineral seng, mengandung antioksidan yang dapat membantu mencegah degenerasi makula . Ini adalah kondisi di mana makula - bagian mata yang mengontrol penglihatan sentral - memburuk.

Sumber makanan untuk nutrisi penting ini mencakup beragam sayuran dan buah berwarna, seperti:
  • wortel
  • Paprika merah
  • Brokoli
  • bayam
  • stroberi
  • ubi
  • jeruk
Makanan yang kaya akan asam lemak omega-3, seperti salmon dan biji rami , juga direkomendasikan untuk kesehatan mata yang lebih baik.

2. Jangan lupakan karotenoid
Beberapa nutrisi lain juga merupakan kunci untuk meningkatkan penglihatan. Di antara mereka adalah lutein dan zeaxanthin , yang merupakan karotenoid yang ditemukan di retina. Anda juga bisa menemukannya dalam sayuran hijau, brokoli, zucchini, dan telur.

Lutein dan zeaxanthin juga dapat dikonsumsi dalam bentuk suplemen . Karotenoid ini membantu melindungi makula dengan meningkatkan kepadatan pigmen di bagian mata itu, dan menyerap sinar ultraviolen dan biru.

3. Tetap bugar
Ya, berolahraga dan mempertahankan berat badan yang sehat dapat membantu mata Anda, bukan hanya ukuran pinggang Anda. Diabetes tipe 2, yang lebih umum pada orang yang kelebihan berat badan atau obesitas, dapat menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah kecil di mata.

Kondisi ini disebut retinopati diabetik . Terlalu banyak gula yang bersirkulasi dalam aliran darah Anda melukai dinding halus arteri Anda. Retinopati diabetik menyebabkan arteri yang sangat kecil di retina Anda bagian belakang mata yang peka terhadap cahayamembocorkan darah dan cairan ke dalam mata, merusak penglihatan Anda.
Mendapatkan kadar gula darah Anda diperiksa secara teratur dan tetap bugar dan langsing dapat menurunkan peluang Anda terkena diabetes tipe 2 dan banyak komplikasinya.

4. Kelola kondisi kronis
Diabetes bukanlah satu-satunya penyakit yang dapat memengaruhi penglihatan Anda. Kondisi lain , seperti tekanan darah tinggi dan multiple sclerosis, dapat memengaruhi penglihatan Anda. 

Kondisi ini terkait dengan peradangan kronis, yang dapat membahayakan kesehatan Anda dari ujung kepala hingga ujung kaki.

Peradangan saraf optik, misalnya, dapat menyebabkan rasa sakit dan bahkan kehilangan penglihatan total. Meskipun penyakit seperti multiple sclerosis tidak dapat dicegah, Anda dapat mencoba mengatasinya dengan kebiasaan dan obat-obatan yang sehat. 

Tekanan darah tinggi dapat diobati secara efektif dengan diet jantung sehat, olahraga, dan obat antihipertensi.

6. Itu termasuk kacamata hitam
Kacamata hitam tidak hanya untuk terlihat keren. Mengenakan corak adalah salah satu langkah paling penting yang dapat Anda ambil untuk memperbaiki penglihatan Anda. Anda ingin kacamata hitam yang menghalangi 99 hingga 100 persen radiasi UVA dan UVB dari sinar matahari.

Kacamata hitam membantu melindungi mata Anda dari kondisi yang berakar dari kerusakan mata. Ini termasuk katarak, degenerasi makula, dan pterygium - pertumbuhan jaringan di atas bagian putih mata. 
Pterygiums dapat menyebabkanastigmatisme Sumber Tepercaya, yang dapat menyebabkan penglihatan kabur. Mengenakan topi lebar juga dapat membantu melindungi mata Anda dari kerusakan akibat sinar matahari.

7. Ikuti aturan 20-20-20
Mata Anda bekerja keras di siang hari dan perlu istirahat sekarang dan kemudian. Ketegangan ini bisa sangat intens jika Anda bekerja di depan komputer untuk waktu yang lama. Untuk meredakan ketegangan, ikuti aturan 20-20-20 .

Itu berarti setiap 20 menit, Anda harus berhenti menatap komputer Anda dan melihat sesuatu yang berjarak 20 kaki selama 20 detik.

8. Berhenti merokok
Anda tahu merokok itu buruk bagi paru-paru dan jantung Anda, belum lagi rambut, kulit, gigi, dan hampir semua bagian tubuh lainnya. Itu termasuk mata Anda juga. Merokok secara dramatis meningkatkan risiko katarak dan degenerasi makula terkait usia .

Untungnya, mata, paru-paru, jantung, dan bagian tubuh Anda lainnya dapat mulai pulih dari kerusakan yang disebabkan oleh tembakau dalam beberapa jam pertama setelah berhenti. 

Dan semakin lama Anda bisa menghindari rokok, semakin banyak pembuluh darah Anda akan mendapat manfaat dan peradangan akan mereda di seluruh mata Anda dan sisanya dari Anda.

9. Pelajari riwayat kesehatan mata keluarga Anda
Beberapa kondisi mata bersifat turun temurun , jadi sadar akan kondisi mata yang dimiliki orang tua atau kakek-nenek Anda dapat membantu Anda mengambil tindakan pencegahan.

Kondisi turunan meliputi:
  • glaukoma
  • degenerasi retina
  • degenerasi makula terkait usia
  • atrofi optik
Memahami riwayat keluarga Anda dapat membantu Anda melakukan tindakan pencegahan dini

10. Jaga kebersihan tangan dan lensa Anda
Mata Anda sangat rentan terhadap kuman dan infeksi. Bahkan hal-hal yang hanya mengiritasi mata Anda dapat memengaruhi penglihatan Anda. Karena alasan itu, Anda harus selalu mencuci tangan sebelum menyentuh mata Anda atau memegang lensa kontak Anda.

Sangat penting juga untuk mencuci tangan dan mendisinfeksi lensa kontak Anda seperti yang diperintahkan.

Anda juga harus mengganti lensa kontak seperti yang disarankan oleh pabrik atau dokter Anda. Kuman di lensa kontak Anda dapat menyebabkan infeksi bakteri pada mata.
Anda mungkin tidak mengasosiasikan mencuci tangan, makan sayuran, atau memperhatikan berat badan Anda sebagai langkah kunci menuju penglihatan yang lebih baik, tetapi semuanya memainkan peran.

Menjalani gaya hidup yang lebih sehat dan melindungi mata Anda dari sinar matahari dan benda asing tidak dapat melindungi dari setiap kondisi mata. Tetapi mereka semua dapat menurunkan peluang Anda untuk mengembangkan masalah yang dapat merusak visi Anda.

Referensi:
Karya mahasiswa Nurse memiliki pedoman sumber yang ketat dan bergantung pada studi peer-review, lembaga penelitian akademik, dan asosiasi medis. Kami menghindari penggunaan referensi tersier.

Avisar R,et al. (2000). Silindris kornea yang diinduksi pterigium.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/10892364
Boyd K. (2017). Merokok dan penyakit mata. aao.org/eye-health/tips-prevention/smokers
Tips Kesehatan Mata. (2017). nei.nih.gov/healthyeyes/eyehealthtips
Fakta tentang penyakit mata diabetes. (2015). nei.nih.gov/health/diabetic/retinopathy
Kiat penglihatan yang sehat. (2017). nei.nih.gov/kids/healthy_vision_tips
Menjaga mata Anda sehat: Jalani gaya hidup sehat. (2017). nei.nih.gov/hvm/healthy_eyes_lifestyle
Menjaga kesehatan mata Anda: Pakailah kacamata hitam. (2017). nei.nih.gov/hvm/healthy_eyes_glasses
Nelson J. (2014). Makanan untuk kesehatan mata. mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/expert-blog/eating-for-eye-health/bgp-20095574
Makanan top untuk membantu melindungi penglihatan Anda. (2013). health.harvard.edu/staying-hea%20lthy/top-foods-to-help-protect-your-vision
10 Cara untuk Meningkatkan Penglihatan Anda https://www.healthline.com/health/how-to-improve-eyesight#vitamins-and-minerals

0 Response to "Cara Mempertajam Penglihatan Mata secara Alami"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel