-->

Perawatan Terbaik untuk Gagal Ginjal yang Bisa Dilakukan

Ketika penyakit ginjal Anda memburuk, penyedia layanan kesehatan Anda mungkin berbicara dengan Anda tentang persiapan untuk gagal ginjal . 
gagal ginjal kronis dan akut

Berbicara lebih awal dengan penyedia layanan Anda tentang pilihan perawatan Anda dan menentukan pilihan sebelum Anda membutuhkan salah satu dari perawatan ini membantu Anda mengambil alih perawatan Anda. Perawatan akan membantu Anda merasa lebih baik dan hidup lebih lama.

Memahami perawatan yang Anda pilih dan membiasakan diri dengan gagasan bahwa Anda membutuhkan perawatan ini membutuhkan waktu. Setiap jenis perawatan memiliki pro dan kontra. Pilihan perawatan Anda akan memiliki efek besar pada kehidupan sehari-hari Anda. 

Dengan mempelajari tentang perbedaan di antara opsi perawatan, Anda dapat memilih salah satu yang terbaik untuk Anda. Semakin banyak Anda tahu tentang jenis perawatan, semakin siap Anda untuk membuat pilihan.

berbicara dengan penyedia layanan kesehatannya.
Bicaralah dengan penyedia layanan kesehatan Anda tentang pilihan perawatan sebelum Anda membutuhkan perawatan.

Seberapa cepat saya harus mulai belajar tentang jenis perawatan apa yang harus saya miliki?
Mulailah belajar sejak dini tentang pilihan perawatan sebelum Anda membutuhkannya. Anda akan punya waktu untuk

pelajari tentang berbagai opsi perawatan
  • berbicara dengan orang lain yang hidup dengan dialisis, transplantasi, atau manajemen konservatif
  • bagikan pemikiran Anda dengan keluarga dan orang yang Anda cintai sehingga mereka dapat mempelajari tentang pilihan perawatan Anda juga. 
  • bekerja dengan tim perawatan kesehatan Anda untuk membuat rencana perawatan gagal ginjal
  • persiapkan diri Anda secara mental dan fisik untuk perubahan di masa depan
  • Membuat rencana perawatan dan membaginya dengan keluarga Anda memberi Anda lebih banyak kontrol.
  • Hemodialisis menggunakan mesin untuk memindahkan darah Anda melalui filter di luar tubuh Anda, menghilangkan limbah.
  • Dialisis peritoneal menggunakan lapisan perut Anda untuk menyaring darah di dalam tubuh Anda, menghilangkan limbah.
Transplantasi ginjal adalah pembedahan untuk menempatkan ginjal yang sehat dari orang yang baru saja meninggal, atau dari orang yang masih hidup, ke dalam tubuh Anda untuk menyaring darah Anda.

Baca Juga: Cara menjaga kesehatan ginjal

Manajemen konservatif mengobati gagal ginjal tanpa dialisis atau transplantasi. Anda akan bekerja dengan tim perawatan kesehatan Anda untuk mengelola gejala dan menjaga fungsi ginjal dan kualitas hidup Anda selama mungkin.

Melakukan yang baik dengan gagal ginjal adalah sebuah tantangan, dan itu bekerja paling baik jika Anda

patuhi jadwal perawatan Anda.

  • tinjau obat-obatan Anda dengan penyedia layanan kesehatan Anda di setiap kunjungan. Anda adalah satu-satunya yang tahu bagaimana tubuh Anda merespons setiap obat Anda. Sangat penting bagi penyedia layanan Anda untuk mengetahui obat apa yang Anda pakai.
  • ikuti rencana makan khusus .
  • aktif hampir setiap hari dalam seminggu.
  • Apa dasar-dasar tentang hemodialisis?
  • Hemodialisis dapat menggantikan bagian dari fungsi ginjal Anda. Dalam hemodialisis, darah Anda melewati filter di luar tubuh Anda dan darah yang disaring dikembalikan ke tubuh Anda. Hemodialisis
  • menyaring darah Anda untuk menghilangkan limbah berbahaya dan cairan ekstra
  • membantu mengontrol tekanan darah
  • membantu menyeimbangkan mineral penting, seperti kalium , natrium , dan kalsium dalam darah Anda
  • Hemodialisis bukanlah obat untuk gagal ginjal, tetapi dapat membantu Anda merasa lebih baik dan hidup lebih lama. Anda juga perlu mengubah apa yang Anda makan, minum obat, dan membatasi jumlah air dan cairan lain yang Anda minum dan dapatkan dari makanan.

  • Diagram aliran darah hemodialisis dari lengan Anda ke tabung dan melewati pompa darah ke filter.  Darah yang disaring mengalir kembali ke lengan Anda.
  • Selama hemodialisis, darah Anda dipompa melalui filter di luar tubuh Anda.
Sebelum Anda memulai hemodialisis, Anda harus menjalani operasi kecil untuk membuat akses vaskular — tempat di tubuh Anda untuk memasukkan jarum agar darah mengalir dan kembali ke tubuh Anda selama dialisis.

Anda dapat menjalani hemodialisis di pusat dialisis atau di rumah Anda. Hemodialisis biasanya dilakukan di pusat dialisis tiga kali seminggu, dengan setiap sesi berlangsung sekitar 4 jam.

Apa pro dan kontra dari dialisis in-center dan hemodialisis rumah?

Pro: Pusat dialisis

  • Pusat dialisis tersedia secara luas di banyak bagian negara ini.
  • Penyedia layanan kesehatan yang terlatih selalu bersama Anda setiap saat dan membantu menyediakan perawatan.
  • Anda bisa mengenal orang lain dengan gagal ginjal yang juga membutuhkan hemodialisis.
Anda tidak harus memiliki mitra terlatih atau menyimpan peralatan di rumah Anda.

Cons: Pusat dialisis
  • Pusat ini mengatur perawatan, sehingga jadwal Anda kurang fleksibel.
  • Anda harus pergi ke pusat perawatan.
  • Waktu yang lebih lama antara perawatan berarti Anda akan memiliki batasan ketat pada diet dan cairan — karena limbah dan cairan tambahan dapat menumpuk di tubuh Anda. Memiliki terlalu banyak cairan dalam darah Anda dapat meningkatkan tekanan darah dan membuat stres jantung Anda. Mengeluarkan terlalu banyak cairan terlalu cepat selama hemodialisis standar juga dapat membuat jantung stres.
  • Anda mungkin memiliki lebih banyak "pasang surut" dalam perasaan Anda dari hari ke hari karena waktu yang lebih lama di antara perawatan.
  • Merasa lebih baik setelah perawatan mungkin memakan waktu beberapa jam.

Pro: Hemodialisis rumah
  • Anda mendapatkan rasa kontrol atas perawatan Anda.
  • Anda dapat memilih waktu untuk menjalani perawatan; namun, Anda harus mengikuti perintah dokter tentang berapa kali seminggu Anda perlu perawatan.
  • Anda tidak perlu melakukan perjalanan ke pusat dialisis.
  • Jadwal yang fleksibel membuatnya lebih mudah untuk bekerja di luar rumah.
  • Anda dapat bepergian dengan mesin hemodialisis atau mengatur perawatan di tempat di tempat tujuan Anda.
  • Anda akan mengalami lebih sedikit “pasang surut” dalam perasaan Anda dari hari ke hari karena perawatan yang lebih sering.
  • Anda akan memiliki batasan lebih sedikit pada diet dan cairan karena waktu yang lebih singkat di antara sesi mencegah pemborosan dan penumpukan cairan tambahan.
  • Anda dapat menghabiskan lebih banyak waktu dengan orang-orang terkasih dan melakukan hal-hal lain karena Anda tidak harus pergi ke pusat dialisis tiga kali seminggu.


Cons: Rumah hemodialisis
  • Tidak semua pusat dialisis menawarkan pelatihan dan dukungan hemodialisis rumahan.
  • Anda dan anggota keluarga atau teman harus menyisihkan beberapa minggu untuk pelatihan.
  • Membantu dengan perawatan mungkin membuat stres untuk pasangan perawatan Anda.
  • Anda membutuhkan ruang di rumah untuk menyimpan mesin dan persediaan hemodialisis.
  • Anda harus belajar memasukkan jarum dialisis ke dalam akses vaskular Anda.
  • Medicare dan perusahaan asuransi swasta dapat membatasi jumlah perawatan hemodialisis rumah yang akan mereka bayar. Hanya sedikit orang yang mampu membayar biaya perawatan tambahan.
  • Pertanyaan apa yang harus saya ajukan tentang hemodialisis?
  • Anda mungkin ingin mengajukan pertanyaan kepada penyedia layanan kesehatan Anda:

Apakah hemodialisis adalah pilihan perawatan terbaik untuk saya? Mengapa?

  • Jika saya dirawat di pusat dialisis, dapatkah saya pergi ke pusat pilihan saya?
  • Apa yang harus saya cari di pusat dialisis?
  • Apakah dokter ginjal saya akan menemui saya di pusat dialisis?
  • Seperti apa rasanya hemodialisis?
  • Bagaimana hemodialisis memengaruhi ____ [tekanan darah, diabetes, kondisi saya] lainnya?
  • Apakah hemodialisis rumahan tersedia di daerah saya? Jenis pelatihan apa yang akan saya butuhkan? Siapa yang akan melatih pasangan saya dan saya?
  • Apakah saya dapat terus bekerja? Bisakah saya mendapat perawatan di malam hari? Apakah saya dapat merawat anak-anak saya?
  • Seberapa banyak saya harus berolahraga?
  • Siapa yang harus saya hubungi jika saya memiliki masalah?
  • Siapa yang akan menjadi tim perawatan kesehatan saya? Bagaimana anggota tim perawatan kesehatan saya dapat membantu saya?
  • Jika saya melakukan hemodialisis rumah, apakah asuransi saya akan membayar lebih dari tiga sesi seminggu?
  • Dengan siapa saya dapat berbicara tentang masalah keuangan, seks, atau keluarga?
  • Bisakah saya berbicara dengan seseorang yang menggunakan dialisis?
  • Pelajari tentang hemodialisis .


Apa dasar-dasar tentang dialisis peritoneum?
Anda melakukan dialisis peritoneal di rumah. Dialisis peritoneal menggunakan lapisan perut Anda untuk menyaring limbah dan cairan ekstra dari tubuh Anda. Lapisan ini, disebut peritoneum, mengelilingi rongga perut Anda dan menggantikan bagian dari fungsi ginjal Anda.
Ilustrasi seseorang yang mengalami dialisis peritoneum.  Larutan dialisis mengalir dari kantong ke tabung melalui kateter dan ke rongga perut, yang diuraikan oleh peritoneum.
Anda dapat melakukan dialisis peritoneal di rumah.

Anda perlu menjalani operasi kecil beberapa minggu sebelum memulai dialisis peritoneal. Seorang dokter akan menempatkan tabung lunak, yang disebut kateter, di perut Anda. Kateter tetap berada di perut Anda secara permanen. 

Ketika Anda memulai dialisis peritoneal, Anda akan mengosongkan semacam air asin, yang disebut larutan dialisis, dari kantong plastik melalui kateter ke dalam perut Anda. Ketika tas kosong, Anda dapat melepas kateter dari tas sehingga Anda dapat bergerak dan melakukan aktivitas normal Anda. Sementara larutan dialisis ada di dalam perut Anda, ia menyerap limbah dan cairan ekstra dari tubuh Anda. 

Setelah beberapa jam, Anda mengalirkan larutan dialisis bekas melalui tabung lain ke dalam kantong pembuangan. Anda dapat membuang larutan dialisis bekas, sekarang diisi dengan limbah dan cairan tambahan, di toilet atau bak mandi. Kemudian Anda mulai lagi dengan satu tas solusi dialisis yang baru.
Perawatan Terbaik untuk Gagal Ginjal yang Bisa Dilakukan

Anda dapat memilih jenis dialisis peritoneal yang paling sesuai dengan hidup Anda.

  • Dialisis peritoneum rawat jalan berkelanjutan (CAPD) —Pertukaran memakan waktu sekitar 30 hingga 40 menit, dan kebanyakan orang perlu melakukan empat pertukaran per hari. Anda tidur dengan solusi di perut Anda di malam hari.
  • Dialisis peritoneal otomatis, yang menggunakan mesin yang disebut pengendara sepeda untuk melakukan tiga hingga lima pertukaran per malam saat Anda tidur. Anda mungkin harus melakukan satu pertukaran di siang hari tanpa mesin.
  • Anda mungkin memerlukan kombinasi CAPD dan dialisis peritoneum otomatis jika Anda menimbang lebih dari 175 pound atau jika filter peritoneum Anda terbuang dengan lambat. 
Sebagai contoh, beberapa orang menggunakan pengendara sepeda di malam hari dan melakukan satu pertukaran di siang hari. Lainnya melakukan empat pertukaran di siang hari dan menggunakan minicycler untuk melakukan satu atau lebih pertukaran di malam hari. Anda akan bekerja dengan tim perawatan kesehatan Anda untuk menemukan jadwal terbaik untuk Anda.

Apa pro dan kontra CAPD dan dialisis peritoneal otomatis?
Dengan CAPD atau dialisis peritoneum otomatis, Anda mendapatkan rasa kontrol atas perawatan Anda dan tidak perlu bantuan pasangan. Setelah Anda dilatih, Anda dapat melakukan CAPD dan dialisis peritoneal otomatis sendiri. Dengan dialisis peritoneal, Anda akan memiliki kotak solusi dialisis yang mengambil ruang di rumah Anda.

Pro CAPD
  • Anda tidak perlu mesin untuk melakukan CAPD.
  • Anda dapat melakukan CAPD pada waktu yang Anda pilih, selama Anda menyelesaikan jumlah pertukaran yang diperlukan setiap hari.
  • Anda dapat melakukan CAPD di banyak lokasi.
  • Anda dapat melakukan perjalanan selama Anda membawa persediaan dialisis atau mengirimkannya ke tempat yang Anda tuju.


Kontra CAPD
  • CAPD dapat mengganggu rutinitas harian Anda.
  • CAPD adalah perawatan berkelanjutan, dan Anda harus melakukan semua pertukaran 7 hari seminggu.


Pro dialisis peritoneum otomatis
  • Anda dapat melakukan pertukaran di malam hari saat Anda tidur.
  • Anda mungkin tidak perlu melakukan pertukaran siang hari.
  • Anda dapat melakukan perjalanan selama Anda membawa persediaan dialisis atau mengirimkannya ke tempat yang Anda tuju.

Kontra dialisis peritoneum otomatis
  • Anda membutuhkan mesin. Jika Anda bepergian, Anda mungkin harus membawa pengendara sepeda Anda.
  • Koneksi Anda ke pengendara sepeda membatasi pergerakan Anda di malam hari.
  • Pertanyaan apa yang harus saya ajukan tentang dialisis peritoneal?
  • Anda mungkin ingin mengajukan pertanyaan kepada penyedia layanan kesehatan Anda:


Apakah dialisis peritoneal merupakan pilihan perawatan terbaik bagi saya? Mengapa? Jika ya, tipe mana yang terbaik?
  • Jenis pelatihan apa yang saya butuhkan, dan berapa lama?
  • Seperti apa rasanya dialisis peritoneal?
  • Bagaimana dialisis peritoneal akan memengaruhi ____ [tekanan darah, diabetes, kondisi saya] saya?
  • Apakah saya dapat terus bekerja?
  • Apakah saya dapat merawat anak-anak saya?
  • Seberapa banyak saya harus berolahraga?
  • Di mana saya menyimpan persediaan?
  • Seberapa sering saya melihat dokter saya?
  • Siapa yang akan menjadi tim perawatan kesehatan saya? Bagaimana anggota tim perawatan kesehatan saya dapat membantu saya?
  • Siapa yang harus saya hubungi jika saya memiliki masalah?
  • Dengan siapa saya dapat berbicara tentang masalah keuangan, seks, atau keluarga?
  • Bisakah saya berbicara dengan seseorang yang menggunakan dialisis peritoneal?
  • Pelajari tentang dialisis peritoneal .


Apakah dialisis menyembuhkan gagal ginjal?
Tidak. Bahkan ketika dilakukan dengan sangat baik, dialisis hanya menggantikan bagian dari fungsi ginjal Anda. Hemodialisis dan dialisis peritoneum memungkinkan orang dengan gagal ginjal merasa lebih baik dan terus melakukan hal-hal yang mereka sukai, tetapi tidak ada yang menggantikan semua pekerjaan yang dilakukan ginjal sehat. 

Selama bertahun-tahun, penyakit ginjal dapat menyebabkan masalah lain, seperti penyakit jantung, penyakit tulang, radang sendi, kerusakan saraf, infertilitas, dan kekurangan gizi. 

Masalah-masalah ini tidak akan hilang dengan dialisis; namun, dokter sekarang memiliki cara baru dan lebih baik untuk mencegah atau mengobatinya. Anda harus mendiskusikan masalah ini dan perawatannya dengan dokter Anda.

Kapan saya harus memulai dialisis?

Bagi kebanyakan orang, kebutuhan akan dialisis datang lambat. Gejala, seperti kehilangan keinginan untuk makan dan kehilangan otot, mungkin mulai sangat lambat sehingga Anda tidak memperhatikannya. 

Banyak orang memulai dialisis ketika fungsi ginjal mereka ( laju filtrasi glomerulus ) adalah antara 5 dan 10. Ketika fungsi ginjal serendah ini, Anda mungkin memiliki gejala gagal ginjal dan memulai dialisis dapat membantu meringankannya. 

Memulai dialisis dapat membantu Anda mendapatkan kembali nafsu makan dan mempertahankan kekuatan Anda, yang lebih sulit untuk dibangun kembali daripada mempertahankannya. Penyedia layanan kesehatan Anda dapat membantu Anda memutuskan waktu terbaik untuk memulai perawatan.

Apa dasar-dasar tentang transplantasi ginjal?
Transplantasi ginjal adalah operasi untuk menempatkan donor ginjal yang sehat ke dalam tubuh Anda. Ginjal yang bekerja dan transplantasi melakukan pekerjaan yang lebih baik menyaring limbah dan membuat Anda tetap sehat daripada dialisis, tetapi itu masih belum sembuh.

Ketika Anda memiliki transplantasi, biasanya ahli bedah meninggalkan ginjal lama Anda di tempat dan menghubungkan ginjal yang disumbangkan ke arteri dan vena di pangkal paha Anda. Dokter bedah juga mentransplantasikan ureter dari donor untuk membiarkan urin mengalir dari ginjal baru Anda ke kandung kemih Anda. Ginjal transplantasi mengambil alih tugas menyaring darah Anda.

Dokter bedah Anda menghubungkan ginjal yang ditransplantasikan ke pembuluh darah dan kandung kemih Anda. Darah Anda mengalir melalui arteri ke ginjal yang ditransplantasikan dan vena mengeluarkan darah yang disaring. Urin Anda mengalir melalui ureter yang ditransplantasikan ke kandung kemih Anda.

Tubuh Anda biasanya menyerang apa pun yang dianggap asing, jadi untuk menjaga tubuh Anda dari menyerang ginjal donor, Anda perlu minum imunosupresan — juga disebut obat anti-penolakan. Seperti semua obat kuat, obat anti-penolakan memiliki efek samping .

Pusat transplantasi dapat menempatkan Anda dalam daftar tunggu untuk ginjal donor jika Anda memiliki kerusakan ginjal permanen dan fungsi ginjal Anda 20 atau kurang. Saat Anda menunggu transplantasi ginjal, Anda mungkin perlu memulai dialisis.

Apa pro dan kontra dari transplantasi ginjal?
Bersama-sama, Anda dan tim transplantasi Anda harus mempertimbangkan pro dan kontra dari transplantasi ginjal.

Pro
  • Ginjal yang ditransplantasikan bekerja seperti ginjal yang sehat.
  • Jika Anda memiliki donor hidup, Anda dapat memilih waktu operasi Anda.
  • Anda mungkin merasa lebih sehat dan memiliki kualitas hidup yang lebih baik.
  • Anda akan memiliki batasan diet yang lebih sedikit.
  • Anda tidak perlu dialisis.
  • Orang yang mendapatkan ginjal yang disumbangkan memiliki peluang lebih besar untuk hidup lebih lama daripada mereka yang tetap menjalani dialisis.

Contra
  • Transplantasi ginjal memerlukan pembedahan, yang melibatkan risiko tertentu, seperti infeksi.
  • Anda akan menjalani tes medis ekstensif di klinik transplantasi.
  • Anda mungkin perlu menunggu bertahun-tahun untuk ginjal donor.
  • Tubuh Anda mungkin menolak ginjal donor, sehingga satu transplantasi mungkin tidak berlangsung seumur hidup.
  • Anda harus minum obat anti-penolakan — yang dapat menyebabkan masalah kesehatan lainnya — selama ginjal yang dicangkokkan berfungsi.

Pertanyaan apa yang harus saya ajukan tentang transplantasi ginjal?
Anda mungkin ingin bertanya kepada dokter Anda pertanyaan-pertanyaan ini:
  • Apakah transplantasi merupakan pilihan perawatan terbaik untuk saya? Mengapa?
  • Apa peluang saya mendapatkan transplantasi yang sukses?
  • Bagaimana saya mengetahui apakah anggota keluarga atau teman dapat menyumbang?
  • Apa risiko bagi anggota keluarga atau teman yang menyumbang?
  • Jika anggota keluarga atau teman tidak menyumbang, siapa yang akan menempatkan saya pada daftar tunggu untuk ginjal?
  • Berapa lama saya harus menunggu?
  • Bagaimana saya tahu jika ginjal donor saya berfungsi?
  • Berapa lama ginjal yang ditransplantasikan bertahan?
  • Apa efek samping dari obat anti-penolakan?
  • Siapa yang akan menjadi anggota tim transplantasi saya? Bagaimana anggota tim transplantasi saya dapat membantu saya?
  • Dengan siapa saya dapat berbicara tentang masalah keuangan, seks, atau keluarga?
  • Bisakah saya berbicara dengan seseorang yang hidup dengan transplantasi ginjal?
  • Pelajari tentang transplantasi ginjal .


Apa dasar-dasar tentang manajemen konservatif?

Manajemen konservatif untuk gagal ginjal berarti bahwa tim perawatan kesehatan Anda melanjutkan perawatan Anda tanpa dialisis atau transplantasi ginjal. Fokus perawatan adalah pada kualitas hidup Anda dan pengendalian gejala. 

Keputusan untuk memulai dialisis adalah milik Anda. Bagi kebanyakan orang, dialisis dapat memperpanjang dan meningkatkan kualitas hidup. Bagi orang lain yang memiliki kondisi serius selain gagal ginjal, dialisis mungkin tampak seperti beban yang hanya memperpanjang penderitaan.
Anda berhak memutuskan bagaimana gagal ginjal Anda akan dirawat. Anda mungkin ingin berbicara dengan keluarga, dokter, penasihat, atau pekerja sosial ginjal Anda - yang membantu orang dengan penyakit ginjal - untuk membantu Anda membuat keputusan ini.

Jika Anda memutuskan untuk tidak memulai perawatan dialisis, Anda dapat hidup selama beberapa minggu atau selama beberapa bulan, tergantung pada kesehatan Anda dan fungsi ginjal yang tersisa. 

Banyak komplikasi gagal ginjal dapat diobati dengan obat-obatan, tetapi hanya dialisis atau transplantasi yang dapat menyaring limbah dari darah Anda. Saat fungsi ginjal Anda menurun, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk menambahkan perawatan di rumah sakit, atau perawatan akhir usia . 

Anda dapat memiliki perawatan rumah sakit di fasilitas atau di rumah. Program hospice dirancang untuk memenuhi kebutuhan fisik dan emosional di akhir kehidupan. Perawatan rumah sakit berfokus pada menghilangkan rasa sakit dan gejala lainnya.

Apakah Anda memilih untuk menggunakan rumah sakit atau tidak, dokter Anda dapat memberi Anda obat-obatan untuk membuat Anda lebih nyaman. Dokter Anda juga dapat memberi Anda obat-obatan untuk mengobati masalah gagal ginjal, seperti anemia atau tulang lemah. Anda dapat memulai kembali perawatan dialisis jika Anda berubah pikiran.

Apa pro dan kontra dari manajemen konservatif?
Pro dan kontra manajemen konservatif tergantung pada status kesehatan Anda saat ini. Timbang pro dan kontra dengan bantuan dokter Anda.

Pertanyaan apa yang harus saya ajukan tentang manajemen konservatif?
Jika Anda berpikir tentang manajemen konservatif, Anda mungkin ingin bertanya kepada dokter Anda pertanyaan-pertanyaan ini:
  • Apakah manajemen konservatif merupakan pilihan perawatan untuk saya pertimbangkan?
  • Akankah dialisis meningkatkan kualitas hidup saya?
  • Akankah dialisis memperpanjang hidup saya?
  • Apakah ada kerugian untuk mencoba dialisis terlebih dahulu?
  • Apa yang harus saya lakukan untuk mempersiapkan manajemen konservatif?
  • Siapa yang akan terus memberikan perawatan saya?
  • Siapa yang akan membantu keluarga saya?
  • Berapa lama saya akan hidup?
  • Apakah saya akan kesakitan?
  • Bisakah saya tinggal di rumah?
  • Di mana saya bisa belajar lebih banyak tentang rumah sakit?
  • Dengan siapa saya dapat berbicara tentang masalah keuangan, arahan lanjutan, seks, atau masalah keluarga?
  • Pelajari tentang manajemen konservatif .

Bisakah saya makan makanan yang sama dengan pengobatan gagal ginjal?
Semua opsi perawatan untuk gagal ginjal memerlukan perubahan dan membatasi apa yang Anda makan dan minum.

Hemodialisis

Hemodialisis memiliki batasan terbanyak. Anda perlu memperhatikan berapa banyak air dan cairan lain yang Anda dapatkan dari makanan dan minuman. Anda juga perlu menghindari terlalu banyak natrium (bagian dari garam), kalium, dan fosfor. 

Anda mungkin kesulitan membatasi fosfor karena banyak makanan yang mengandung fosfor tinggi juga menyediakan protein yang Anda butuhkan. Hemodialisis dapat menghilangkan protein dari tubuh Anda, jadi Anda perlu makan makanan dengan protein berkualitas tinggi seperti daging, ikan, dan telur. Menghindari makanan seperti kacang, kacang polong, kacang-kacangan, teh, dan cola akan membantu Anda membatasi fosfor. 

Anda mungkin juga perlu minum pil yang disebut pengikat fosfat bersama makanan Anda. Pengikat fosfat menjaga agar fosfor dalam makanan Anda tidak memasuki aliran darah Anda. Bicaralah dengan ahli diet pusat dialisis Anda untuk menemukan rencana makan hemodialisis yang cocok untuk Anda.

Dialisis peritoneum

Seperti halnya hemodialisis, dialisis peritoneum membutuhkan batasan natrium dan fosfor. Anda mungkin perlu mengambil pengikat fosfat. Keterbatasan cairan dalam dialisis peritoneum mungkin tidak seketat untuk hemodialisis. 

Bahkan, Anda mungkin perlu minum lebih banyak air dan cairan lain jika perawatan dialisis peritoneal Anda menghilangkan terlalu banyak cairan dari tubuh Anda. Dialisis peritoneum menghilangkan kalium dari tubuh, jadi Anda mungkin perlu makan makanan kaya kalium seperti kentang, tomat, jeruk, dan pisang. 

Namun, Anda harus berhati-hati untuk tidak makan terlalu banyak potasium karena dapat menyebabkan detak jantung yang tidak stabil. Dialisis peritoneal menghilangkan bahkan lebih banyak protein daripada hemodialisis, sehingga makan makanan dengan protein berkualitas tinggi akan menjadi penting. Anda mungkin perlu membatasi kalori karena tubuh Anda akan menyerap gula dari larutan dialisis.

Transplantasi ginjal
Transplantasi ginjal memiliki batasan paling sedikit pada diet Anda. Anda perlu membatasi natrium karena dapat meningkatkan tekanan darah Anda. Obat-obatan yang Anda gunakan setelah transplantasi dapat menyebabkan Anda menambah berat badan, jadi Anda mungkin perlu membatasi kalori.

Manajemen konservatif
Diet untuk manajemen konservatif membatasi protein. Protein terurai menjadi produk limbah yang harus dikeluarkan ginjal. Membatasi protein dapat mengurangi jumlah kerja ginjal yang harus dilakukan sehingga mereka akan bertahan lebih lama.

Bagaimana saya bisa memutuskan perawatan mana yang tepat untuk saya?
Memilih perawatan gagal ginjal yang terbaik untuk Anda mungkin sulit. Untuk membuatnya lebih mudah
  • mulailah belajar tentang pilihan perawatan Anda sejak dini
  • pikirkan bagaimana setiap perawatan akan memengaruhi rutinitas harian Anda dan bagaimana perasaan Anda
  • Bicaralah dengan dokter Anda dan dengan orang-orang yang menjalani hemodialisis atau dialisis peritoneal, atau yang telah menjalani transplantasi, untuk mengetahui pro dan kontra dari setiap perawatan. 
  • Cari tahu bagaimana perawatan mengubah hidup mereka dan kehidupan orang-orang terdekat mereka. 
  • Tanyakan kepada dokter Anda tentang daftar tunggu transplantasi , dan tentang perubahan diet dan obat-obatan yang Anda perlukan dengan setiap perawatan.


Jika Anda berpikir tentang manajemen konservatif, tanyakan kepada dokter Anda bagaimana perasaan Anda dan bagaimana perawatan dapat membantu Anda merasa nyaman.

Renungkan apa yang paling penting bagi Anda. Jika Anda berencana untuk tetap bekerja, pikirkan perawatan mana yang dapat membuatnya lebih mudah. 

Jika menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman sangat berarti bagi Anda, tanyakan perawatan mana yang akan memberi Anda waktu luang paling banyak. Cari tahu perawatan mana yang akan memberi Anda kesempatan terbaik untuk merasa baik dan hidup lebih lama.

Pria berbicara dengan teman di warung kopi.
Bicaralah dengan teman dan orang yang dicintai tentang pilihan perawatan Anda.
Anda mungkin ingin berbicara dengan keluarga, teman, tim perawatan kesehatan, penasihat spiritual, atau penasihat kesehatan mental saat Anda memutuskan.

Bisakah saya menghentikan atau mengubah perawatan setelah saya mulai?
Iya nih. Anda bisa berubah pikiran. Jika Anda tidak menyukai pilihan perawatan Anda, bicarakan dengan dokter Anda tentang mencoba sesuatu yang lain.
  • Penyedia layanan kesehatan berbicara dengan seorang wanita di kursi roda.
  • Bicaralah dengan tim perawatan kesehatan Anda. Anda dapat mengubah perawatan Anda.
  • Apa sajakah cara untuk membayar perawatan gagal ginjal?
  • Medicare, program asuransi kesehatan federal , dan asuransi kesehatan swasta menutupi sebagian besar biaya. Medicare mencakup gagal ginjal, berapapun usia Anda. Jika Anda membutuhkan lebih banyak bantuan untuk membayar perawatan, program Medicaid negara menyediakan dana untuk perawatan kesehatan berdasarkan kebutuhan keuangan. Pekerja sosial Anda dapat membantu Anda menemukan lebih banyak cara untuk membayar perawatan.


Apa itu arahan muka, dan mengapa saya ingin menyiapkannya?
Anda dapat menjelaskan rencana perawatan dan harapan Anda kepada penyedia layanan kesehatan dan anggota keluarga dengan arahan di muka. 

Selama krisis medis, Anda mungkin tidak dapat memberi tahu tim perawatan kesehatan dan orang yang Anda cintai bagaimana Anda ingin dirawat atau dirawat. 

Arahan muka adalah pernyataan atau dokumen hukum tertulis dengan instruksi Anda baik untuk menyediakan atau tidak memberikan perawatan tertentu, seperti dialisis, tergantung pada apa lagi yang terjadi dengan kesehatan Anda. Arahan lanjutan mungkin termasuk

kehendak hidup
  • surat kuasa yang tahan lama untuk keputusan perawatan kesehatan
  • perintah do-not-resuscitate (DNR)
  • Kehendak hidup

Surat wasiat adalah dokumen yang menjelaskan kondisi di mana Anda ingin menolak perawatan. Anda dapat menyatakan bahwa Anda ingin tim perawatan kesehatan Anda melakukan segala yang mungkin untuk membuat Anda tetap hidup, atau Anda dapat meminta mereka menghentikan perawatan, seperti dialisis, jika Anda jatuh dalam koma yang kemungkinan besar tidak akan Anda bangun.

  • Selain dialisis, Anda dapat memilih atau menolak perawatan berikut untuk membuat Anda tetap hidup:
  • resusitasi kardiopulmoner (CPR) 
  • menyusui melalui tabung di perut Anda
  • gunakan mesin untuk membantu Anda bernafas
  • obat-obatan untuk mengobati infeksi
  • operasi
  • menerima darah
  • Menolak memiliki CPR sama dengan pesanan DNR. Jika Anda memilih untuk memiliki pesanan DNR, dokter Anda akan menempatkan pesanan di grafik medis Anda.


Pasangan berbicara dengan penyedia layanan kesehatan.
Pilih teman atau anggota keluarga tepercaya untuk menjadi wakil perawatan kesehatan Anda — untuk membuat keputusan perawatan kesehatan bagi Anda jika Anda tidak dapat membuatnya sendiri.
  • Surat kuasa yang tahan lama untuk keputusan perawatan kesehatan
  • Surat kuasa yang tahan lama untuk keputusan perawatan kesehatan, atau proxy perawatan kesehatan, adalah dokumen yang menyebutkan nama orang yang Anda pilih untuk membuat keputusan perawatan kesehatan untuk Anda jika Anda tidak bisa membuatnya sendiri. Pastikan orang yang Anda sebutkan memahami nilai-nilai Anda dan akan mengikuti instruksi Anda.

Pesanan DNR
Perintah DNR adalah formulir hukum yang memberi tahu tim perawatan kesehatan Anda bahwa Anda tidak menginginkan RJP atau perawatan berkelanjutan lainnya jika jantung Anda berhenti atau jika Anda berhenti bernapas.

Setiap negara bagian memiliki undang-undang sendiri tentang arahan muka . Anda bisa mendapatkan formulir untuk arahan medis lanjutan yang bagus di negara Anda dari National Hospice dan Palliative Care Organization .

0 Response to "Perawatan Terbaik untuk Gagal Ginjal yang Bisa Dilakukan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel