7 Cara Mengatasi Phobia Ketinggian yang Paling Ampuh

Pernahkah Anda merasakan jantung Anda berdetak lebih kencang saat melintasi jembatan tali atau sepanjang tebing berbatu yang menghadap ke lereng yang curam? Jika Anda terbiasa dengan perasaan itu maka Anda mungkin rentan terhadap akrophobia: takut akan ketinggian. 
7 Tips untuk Mengatasi Rasa Takut  pada Ketinggian

Berikut adalah 7 tips untuk menghilangkan rasa takut akan ketinggian dan membuat hiking Anda jauh lebih menyenangkan.

Perbedaan antara Vertigo dan Takut Ketinggian

Tapi pertama-tama, apa yang sebenarnya kita bicarakan? Apakah vertigo atau takut akan ketinggian? Istilah vertigo biasanya digunakan secara umum sedangkan itu adalah fenomena fisiologis. 

Orang yang menderita vertigo sebenarnya terganggu oleh perbedaan antara sinyal yang dikirim oleh penglihatan dan telinga bagian dalam (yang mengatur keseimbangan). Sederhananya, jika Anda berdiri di sangkar kaca di atas, mata Anda akan memberi tahu Anda bahwa Anda berada di ruang hampa, meskipun kaki Anda jelas sedang di tanah.

Jika Anda mengalami pusing, Anda sebaiknya berkonsultasi dengan THT untuk mendeteksi apakah ada luka di telinga bagian dalam.

Di sisi lain phobia ketinggian, atau akrofobia adalah phobia nyata. Seperti halnya fobia, itu mungkin tidak rasional dan agak sulit, tetapi bukan tidak mungkin untuk diobati. Jadi, inilah tips kami untuk membantu hiking Anda agar tidak berubah menjadi mimpi buruk.

7 Tips untuk Mengatasi Rasa Takut  pada Ketinggian 

1. Berbagi dengan Teman
Jangan takut untuk membicarakannya pada teman, karena Anda mungkin akan bertemu lebih banyak orang yang menderita phobia ketingian yang mempunyai masalah yang sama dengan Anda. 

Tidak ada yang akan menilai Anda dan ketakutan ini tidak membuat Anda menjadi pejalan kaki yang lebih buruk! Anda mungkin beruntung bertemu orang yang telah mengatasi akrofobia. 

Mereka akan dapat berbagi pengalaman dan membantu Anda. Ini adalah alasan yang bagus untuk bertemu pejalan kaki lainnya!

2. Percaya Diri dan Percaya Pada Peralatan Anda
Tidak ada alat yang buruk, hanya pengrajin yang buruk. Namun Anda dapat mengandalkan efek plasebo kecil yang mungkin diberikan peralatan Anda. 

Berinvestasilah pada sepatu yang akan membuat Anda lebih percaya diri selain memiliki tongkat yang tangguh dan ransel yang tidak mengganggu gerakan Anda atau membuat Anda kehilangan keseimbangan. 

Cari tahu di sini cara memuat dan menyeimbangkan tas Anda, tetapi juga cara mengaturnya dengan benar di sini agar merasa aman dan lebih mampu menghadapi ketakutan Anda.

3. Indentifikasi dan Rasionalkan
Jika memungkinkan cobalah untuk mengidentifikasi apa yang memicu ketakutan Anda terhadap ketinggian. Apakah itu lereng? Jembatan? Menurut Anda apa saja situasi khusus yang memicu perasaan kaki Anda gelisah? Letakkan ketakutan Anda dalam skala 1 hingga 10. 

Ini akan memungkinkan Anda untuk merasionalisasi dan mengambil jarak agak jauh dari situasi untuk mendapatkan kembali ketenangan Anda. 


Jika Anda bukan seorang akrofobik yang parah, tanyakan pada diri Anda dalam setiap situasi apa risiko yang dibayangkan dan risiko yang sebenarnya. Masukkan perspektif dan kendalikan ketakutan Anda dalam situasi tertentu.

4. Hadapi Takut Melangkah dengan Terus Melangkah
Anda bisa mendapatkan bantuan dalam perjuangan Anda. Ada terapi khusus untuk fobia jenis ini. Yang paling dikenal adalah terapi perilaku-kognitif (CBT). 

Prinsipnya sederhana: secara bertahap hadapi rasa takut untuk mendapatkan kembali kendali dan menundukkan pikiran Anda.

Ini tidak berarti bahwa Anda harus segera melakukan lompatan besar. Gunakan waktumu. Langkah pertama untuk yang lebih fobia adalah memikirkan ketinggian sambil tetap tenang.

5. Tarik Nafas Dalam saat Rasa Takut datang
Kecemasan sebagian besar memberi makan rasa takut akan ketinggian. Ada teknik pernapasan yang sangat sederhana namun sangat efektif untuk membantu Anda mendapatkan kembali kepercayaan diri dan untuk melewati bagian yang sulit ini yang memisahkan Anda dari puncak. 


Meditasi, sophrologi atau bahkan latihan pernapasan yoga seperti yang dijelaskan dengan sangat baik di sini di artikel ini yang ditulis oleh teman-teman kami dari Yogy yang dapat membantu Anda mengurangi stres setiap hari dan juga saat hiking. 

Selama perjalanan Anda, berhati-hatilah agar tidak terengah-engah (bernapas sangat cepat). Anda harus memperlambat pernapasan dengan menarik napas dalam-dalam dengan perut.

6. Jangan Melihat Kebawah
Anda pasti sudah mendengarnya: tidak pernah melihat ke bawah. Ketinggian hanya akan meningkatkan rasa takut Anda. 

Jika Anda menemukan diri Anda menghadapi ketinggian selama hiking Anda tanpa bisa berbalik Anda harus memfokuskan pandangan Anda pada titik tetap di kejauhan. Jangan lupa untuk mengangkat kaki dan menguji tanah yang tidak stabil untuk menghindari tergelincir atau jatuh.

7. Jangan takut diejek
Dalam situasi yang paling menakutkan, lupakan ego Anda dan berjalan di atas tangan dan lutut jika perlu. Momen cemoohan lebih baik daripada krisis parah yang diikuti oleh kemelut panjang. 

Anda dapat membantu diri sendiri dengan dinding atau cabang setelah memeriksa kekuatan dan pengikatan yang baik sebelumnya. Hindari berpegang teguh pada teman hiking Anda yang mungkin kehilangan keseimbangan dan membuat Anda berdua jatuh. 

Bagaimana dengan Anda, apa kiat Anda untuk mengatasi rasa takut akan ketinggian? Bagikan komentar Anda dibawah dan kalau kalian menyukai artikel ini, jangan lupa bagikan artikel ini dengan menekan tombol dibawah ini.

0 Response to "7 Cara Mengatasi Phobia Ketinggian yang Paling Ampuh"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel