20 Manfaat Semangka untuk Kesehatan Tubuh

Semangka sebagian besar air - sekitar 92 persen - tetapi buah yang menyegarkan ini direndam dengan nutrisi. Setiap gigitan berair memiliki kadar vitamin A, B6 dan C yang signifikan, banyak likopen, antioksidan, dan asam amino. 
Manfaat Semangka bagi Kesehatan

Bahkan ada sejumlah kecil potasium. Plus, camilan musim panas yang klasik ini bebas lemak, sangat rendah sodium dan hanya 40 kalori per cangkir yang menawarkan manfaat semangka untuk kesehatan menjadi sangat luar biasa. 

"Makanan yang tinggi antioksidan dan asam amino memungkinkan tubuh Anda berfungsi secara optimal," kata Angela Lemond, ahli gizi ahli gizi dan juru bicara terdaftar dari Plano, Texas yang terdaftar di  Academy of Nutrition and Dietetics . 

"Antioksidan membantu mencegah kerusakan, dan kanker. Asam amino adalah bahan pembangun dasar untuk protein, dan protein digunakan di hampir setiap fungsi vital dalam tubuh."

Para ilmuwan telah memperhatikan tingkat likopen semangka yang tinggi - sekitar 15 hingga 20 miligram per porsi 2 cangkir, menurut  Badan Promosi Semangka Nasional  - beberapa tingkat tertinggi dari semua jenis produk segar yang menjadikan semangka sangat bermanfaat untuk kesehatan. 

Lycopene adalah fitonutrien, yang merupakan senyawa alami dalam buah-buahan dan sayuran yang bereaksi dengan tubuh manusia untuk memicu reaksi sehat. Ini juga merupakan pigmen merah yang memberikan warna semangka, tomat, jeruk bali merah dan jambu biji. 

Manfaat Semangka bagi Kesehatan

1. Jaga Kesehatan Jantungmu
Menurut penelitian, memiliki sepotong semangka setiap hari dapat menghentikan akumulasi kolesterol jahat, sehingga mencegah penyakit jantung. Konsumsi semangka secara teratur juga dikaitkan dengan lebih sedikit timbunan lemak di dalam pembuluh darah.

Sifat semangka yang sehat untuk jantung ini dapat dikaitkan dengan citrulline, zat kimia yang ditemukan dalam buah. Sesuai dengan penelitian Kentucky, citrulline dapat memiliki efek menguntungkan pada aterosklerosis. Citrulline juga telah ditemukan untuk mengurangi kekakuan arteri pada wanita pascamenopause.

2. Membantu Mengobati Peradangan
Manfaat semangka untuk kesehatan yang selanjutnya yaitu berasal dari Senyawa utama lain yang ditemukan dalam semangka adalah likopen, yang memiliki manfaat besar. Dalam satu penelitian di Amerika, likopen ditemukan menunjukkan sifat anti-inflamasi.

Di antara berbagai karotenoid, likopen dianggap yang terbaik. Bahkan, efek menguntungkan dari likopen untuk peradangan dianggap lebih baik daripada beta-karoten, karotenoid penting.

3. Membuat Anda Tetap Terhidrasi
Ingin tahu berapa persen semangka itu air? Sesuai dengan namanya, semangka adalah air 90%, menjadikannya salah satu sumber hidrasi terbaik. 


Ini jauh lebih baik daripada alkohol atau kafein dalam hal menjadi diuretik. Karena merupakan sumber alami, ini meningkatkan buang air kecil tanpa membuat stres pada ginjal.

4. Mencegah Kanker
Manfaat semangka untuk kesehatan yang luar biasa berikutnya yaitu menurut sebuah penelitian, likopen dalam semangka telah ditemukan mengurangi tingkat pemberontakan kanker. 

Likopen adalah pigmen yang membuat semangka berwarna merah, dan karena merupakan antioksidan kuat, mencegah timbulnya kanker tertentu.

Satu porsi semangka dua cangkir mengandung sekitar 20 miligram likopen, yang memerangi radikal bebas dan melindungi dari berbagai jenis kanker. 


Menurut sebuah penelitian di Chicago, likopen menunjukkan sifat kemopreventif, terutama dalam sel kanker prostat. Lycopene juga bermanfaat dalam pengobatan infeksi HPV (human papillomavirus), yang dapat menyebabkan kanker rahim.

5. Membantu Meringankan Nyeri Otot
Jika otot yang sakit mengganggu Anda setelah berolahraga, semangka mungkin memegang kuncinya. Buah ini dikemas dengan elektrolit dan asam amino citrulline, yang membantu menenangkan otot-otot yang sakit setelah latihan yang berat.

Dan sesuai penelitian di Iran, citrulline dalam semangka dapat membantu mengurangi kelelahan otot.

Citrulline juga telah ditambahkan secara eksternal ke jus semangka untuk memeriksa efeknya, dan telah terbukti bahwa itu hanya citrulline yang terjadi secara alami dalam semangka yang memiliki efek pada nyeri otot.

Citrulline telah ditemukan untuk mempercepat proses penghapusan asam laktat, sehingga menghilangkan nyeri otot. Minum jus semangka juga dapat membantu otot Anda menerima lebih banyak oksigen - ini membantu mereka pulih lebih cepat.

6. Membantu Melancarkan Pencernaan
Semangka, seperti yang telah kita lihat, mengandung banyak air, dan karenanya dapat membantu pencernaan. Ini juga mengandung serat, sehingga meningkatkan pencernaan dan mencegah sembelit.

7. Baik Untuk Wanita Hamil
Semangka meringankan mulas, suatu kondisi umum selama kehamilan. Ini juga membantu meringankan mual di pagi hari. Mineral dalam buah dapat membantu mencegah kram otot trimester ketiga.

8. Mencegah Degenerasi Makula
Seperti yang telah kita lihat, semangka adalah sumber yang sangat baik untuk likopen - yang ditemukan untuk mengurangi risiko penyakit degeneratif makula.

Menurut Mayo Clinic, likopen telah disarankan sebagai pengobatan potensial untuk gangguan mata seperti degenerasi makula (walaupun studi lebih lanjut diperlukan dalam hal ini).

Antioksidan sangat penting untuk kesehatan mata karena mereka menawarkan perlindungan terhadap radikal bebas. Efek radikal bebas bisa menakutkan - mereka dapat menyebabkan kerusakan lensa mata, dan bahkan dapat menyebabkan kebutaan. Lycopene, sebagai antioksidan yang kuat, mencegah hal ini.

9. Mencegah Asma
Likopen Menjadi salah satu antioksidan kunci yang membuat manfaat semangka untuk kesehatan menjadi sangat luar biasa, likopen membantu reaksi tubuh terhadap dingin dan flu. Dan yang lebih menarik adalah antioksidan ini ditemukan mengurangi asma pada anak-anak.

Semangka juga memungkinkan orang yang menderita asma bernafas dengan baik, tanpa mereka harus mengambil setiap napas dengan panik. 

Sebuah studi yang dilakukan pada 17 orang dewasa penderita asma menunjukkan bahwa likopen mungkin memiliki efek terapeutik pada penyakit ini. Sesuai laporan, asupan lycopene dan vitamin A yang cukup dapat bermanfaat bagi pasien asma.

10. Mengontrol Tekanan Darah
Semangka adalah sumber alami citrulline terkaya. Dan menurut sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Florida State University, citrulline terkait erat dengan arginin, yang merupakan asam amino esensial untuk menjaga tekanan darah yang sehat.

Studi lain yang memiliki sukarelawan yang mengonsumsi jus semangka pekat menemukan peningkatan kadar arginin di dalamnya, yang kemungkinan telah dikonversi dari citrulline.

Semangka juga merupakan sumber kalium yang baik, nutrisi yang diketahui dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Kalium juga merupakan elektrolit yang mengatur tekanan darah selama latihan fisik.

11. Meningkatkan Kesehatan Kulit Dan Rambut
Semangka adalah sumber vitamin C yang baik, nutrisi yang penting untuk sintesis kolagen. Kolagen menjaga kulit Anda kenyal dan memperkuat rambut Anda.

Menurut sebuah penelitian di Jerman, likopen dan beta-karoten dapat melindungi kulit dari sengatan matahari. Beta-karoten juga dikenal untuk mencegah kondisi kulit tertentu seperti psoriasis dan vitiligo.

Vitamin A dalam semangka adalah nutrisi penting lainnya yang berkontribusi bagi kesehatan kulit - memperbaiki dan menciptakan sel-sel kulit baru. Tanpa nutrisi, kulit Anda akan tampak kusam dan terkelupas.

12. Meningkatkan Kesehatan Tulang
Vitamin C memainkan peran utama di sini karena nutrisi ini baik untuk tulang dan membantu penyembuhan luka. Sebuah penelitian di Swiss menunjukkan bahwa suplementasi likopen dapat mencegah osteoporosis dan patah tulang. Vitamin A dalam semangka telah dikaitkan dengan pertumbuhan tulang.

13. Membantu Menurunkan Berat Badan
Salah satu manfaat semangka bagi kesehatan terbaik adalah membantu menurunkan berat badan yang sehat juga. 

Ya, mengingat kandungan airnya yang tinggi, semangka dapat mengisi Anda dengan lebih sedikit kalori. Air juga telah ditemukan untuk mempercepat metabolisme dan membuang racun dan lemak, yang pada akhirnya mungkin berkontribusi pada penurunan berat badan.


Satu irisan semangka memiliki sekitar 86 kalori, kurang dari 1 gram lemak, dan tidak ada kolesterol. Ini memberikan 22 gram karbohidrat dan 5% dari kebutuhan serat harian Anda, menjadikannya makanan yang bagus untuk pembakaran lemak dan penurunan berat badan.

14. Mendukung Ginjal
Meskipun semangka bisa menjadi sumber kalium yang baik, persentasenya lebih rendah dibandingkan kebanyakan makanan lainnya. Inilah sebabnya mengapa itu bisa baik untuk orang yang menderita penyakit ginjal kronis, yang harus tetap berpegang pada pilihan buah-buahan yang rendah kalium.

Namun, pada beberapa orang yang menderita penyakit ginjal kronis, ginjal mungkin tidak dapat menghilangkan kelebihan kalium dari darah. Ini dapat meningkatkan kadar kalium dalam darah dan menyebabkan komplikasi.

15. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh
Semangka, yang kaya akan vitamin C, memperkuat sistem kekebalan tubuh. Buah ini juga mengandung vitamin B6 yang membantu sistem kekebalan tubuh menghasilkan antibodi. 

Vitamin ini juga membantu pembentukan sel darah merah. Buah memiliki vitamin A yang mengatur sistem kekebalan tubuh dan melindunginya dari infeksi.

16. Membantu Mengobati Diabetes
Sungguh tak disangka manfaat semangka untuk kesehatan ternyara bisa mengobati diabetes juag. Apa hubungan antara semangka dan diabetes? Meskipun semangka memiliki indeks glikemik yang tinggi, semangka memiliki muatan glikemik yang lebih rendah (nilai yang dengannya makanan tertentu akan meningkatkan kadar glukosa darah seseorang), dan karenanya cocok untuk penderita diabetes.

Dalam sebuah penelitian di Nigeria, semangka ditemukan memiliki sifat anti-diabetes. Studi lain menunjukkan efek menguntungkan dari jus pomace semangka - ini meningkatkan massa jaringan adiposa coklat dan mengurangi kelebihan massa lemak putih, yang akhirnya membantu mengobati diabetes. 

Namun, ikuti saran dokter Anda dalam hal ini - sebagaimana studi skala kecil tertentu telah menyatakan sebaliknya.

17. Dapat Mencegah Kerusakan Sel
Semangka, yang kaya akan likopen, melindungi sel dari kerusakan yang terkait dengan penyakit jantung. Likopen melawan radikal bebas dan mencegah kerusakan sel ( 49 ).

18. Mencegah Hipertermia
Karena kandungan airnya yang tinggi, semangka diketahui dapat mencegah hipertermia. Ini memiliki banyak arti dalam pengobatan Cina juga - semangka adalah salah satu dari sedikit buah yang membersihkan panas dan mengurangi sifat lekas marah dan haus. Ini juga mengurangi kelelahan panas, dimana lapisan terluar dari kulit digunakan.

19. Menjadikan Gusi Sehat
Vitamin C dalam semangka menjaga kesehatan kapiler dan gusi . Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan gusi berdarah dan radang gusi (radang gusi), dan semangka dapat mencegah kondisi ini. 

Vitamin C dalam semangka juga dapat membunuh bakteri di mulut yang dapat menyebabkan penyakit gusi dan infeksi gusi lainnya.

20. Meningkatkan Energi Tubuh
Semangka adalah sumber vitamin B yang baik, yang bertanggung jawab untuk produksi energi dalam tubuh Anda. Buah ini rendah kalori dan tinggi energi, dan dapat membantu Anda tetap aktif untuk sebagian besar hari.

Alasan lain Anda harus memiliki semangka untuk tetap di atas permainan Anda adalah kalium. Kalium adalah elektrolit yang membuat Anda tidak merasa lelah setelah hari yang melelahkan.

Semangka, seperti yang telah kita lihat, tidak hanya penuh dengan air - tetapi dengan manfaat yang besar juga. Anda akan terkejut mengetahui fakta menarik tentang semangka - apa yang akan kita lihat sekarang.

Efek Samping Makan Semangka Berlebihan

Efek samping tertentu dari konsumsi berlebihan (yang sangat jarang dan akan membutuhkan seseorang untuk makan semangka dalam jumlah yang sangat besar) semangka meliputi:

1. Gangguan usus
Seperti yang telah kita lihat, sebagian besar manfaat semangka dapat dikaitkan dengan likopen. Dan senyawa yang sama juga bisa menimbulkan efek samping jika buah dikonsumsi berlebihan. Overdosis likopen dapat menyebabkan mual, muntah, gangguan pencernaan, dan diare.

2. Hiperkalemia
Konsumsi semangka yang berlebihan dapat menyebabkan hiperkalemia, suatu kondisi medis di mana kadar kalium di atas normal. Ini dapat menyebabkan masalah kardiovaskular seperti detak jantung tidak teratur dan denyut nadi lemah.

3. Reaksi alergi
Orang-orang tertentu mungkin mengembangkan reaksi alergi terhadap semangka. Ini dapat termasuk ruam ringan hingga parah dan pembengkakan wajah.

Semangka adalah must-have, terutama saat musim panas. Tidak diragukan lagi. Kadar airnya yang tinggi menjadikannya senjata yang kuat melawan serangan panas dan masalah terkait lainnya.

Sekarang Anda tahu apa manfaat semangka untuk kesehatan dan mengapa Anda harus memasukkannya ke dalam diet harian Anda. Mulailah makan semangka hari ini, dan hajar hawa panas seperti sebelumnya!

0 Response to "20 Manfaat Semangka untuk Kesehatan Tubuh"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel