Makanan yang Wajib Dihindari bagi Penderita Kolesterol

Apakah kalian sudah mulai membatasi konsumsi makanan yang bisa membuat kolesterol kalian tinggi? Upaya tersebut harus kalian imbangi dengan rutin olahraga serta memulai hidup sehat. 
Makanan yang harus Dihindari bagi Penderita Kolesterol

Simak ulasan berikut ini sampai tuntas supaya kalian yang mengalami riwayat kolesetrol tinggi bisa mengenal serta membatasi makanan berikut ini, Makanan yang bisa menmingkat kolesterol kalian tinggi itu sangat bervariasi dan sangat sering kalian konsumsi. 

Oleh sebab itu pada artikel kali ini saya akan membahas tuntas tentang makanan yang harus dihindari bagi penderita kolesterol tinggi.

Makanan yang Harus Dihindari Bagi Penderita Kolesterol Tinggi

  • Keju
Keju mengandung kalsium yang tinggi dan menajdi sumber protein untuk vegetarian. Tapi pada 100 gram keju mengandung 123 mg kolesterol. Bagi para pecinta keju, sebaiknya kalian bisa mengonsumsi keju dalam jumlah sedang untuk mengontrol kadar kolesterol kalian.
  • Seafood
Makanan seafood seperti kerang, lobster, dan udang harus dihindari karena mengandung kolesterol dalam jumlah besar. Sangat berbahaya kalau dimasak dengan mentega dan hal in sangat tidak baik bagi penderita penyakit jantung.
  • Mentega 
Sebaiknya kalian menghindari mengkonsumsi mentega olahan, karena mentega olahan mengandung trans-fat dan sodium yang akan meningkatkan kadar kolesterol serta tekanan darah tinggi kalian.
  • Makanan yang Mengandung Banyak Garam 
Asupan sodium berlebihan akan menyebabkan tekanan darah meningkat. Kombinasi antara hipertensi dan kolesterol tinggi bisa meningkatkan risiko penyakit jantung yang bisa berakibat sangat fatal.
  • Gorengan
Proses menggoreng umumnya membutuhkan pemanasan minyak dalam waktu yang cukup lama. Proses ini membuat asam lemak di dalam minyak yang dipakai untuk memasak makin jenuh hingga memunculkan asam lemak trans. 

Baca Juga: Bahaya terlalu banyak makan gorengan

Asam lemak trans adalah asam lemak yang paling memicu dalam pembentukan kolesterol LDL dan wajib kalian hindari sebisa mungkin.
  • Daging berlemak
Sumber protein hewani seperti daging sapi, daging kambing, atau ayam dengan kulit mempunyai kadar lemak jenuh yang tinggi. Lemak jenis ini dapat meningkatkan kadar kolesterol LDL.
  • Produk Olahan Roti dan Kue-Kue Manis
Produk olahan roti, cakes, kue-kue kering dan donat sering mengandung mentega dan juga butter. Kedua hal tersebut memiliki kadar asam lemak jenuh yang sangat tinggi. Proses pembuatan produk-produk tersebut yang memunculkan asam lemak trans dan komposisinya yang tinggi gula juga akan memicu pembentukan kolesterol dalam darah.
  • Susu dan Produk Olahannya
Susu full-fat dan produk olahannya seperti krim, keju dan yoghurt memiliki kadar lemak jenuh yang sangat tinggi. Meskipun demikian, kalian tidak harus menghindarinya 100% . Yang harus kalian lakukan adalah membatasi porsi dalam mengkonsumsinya.
  • Es Krim
Es krim biasanya mengandung lemak dan gula, yang memubuat teksturnya menajadi lembut, creamy dan manis. TApi, kadar lemak jenuh dan gula yang tinggi di dalam eskrim jelas akan memicu pembentukan kolesterol dalam darah. Apabila kalian tetap ingin memakan es krim, pilihlah eskrim yang rendah lemak seperti sorbet.
  • Minyak Sayur
Secara alami, produk nabati tidak mengandung kolesterol. Akan tetapi, bisa mengandung asam lemak jenuh yang tinggi seperti pada minyak kelapa (coconut oil), minyak kelapa sawit (palm oil), dan minyak inti sawit (palm kernel oil). Kalian masih tetap bisa menggunakannya untuk memasak asalkan tidak berlebihan dan tidak digunakan secara berulang kali.
  • Keripik, Kerupuk dan Makanan Siap Saji
Produk makanan seperti kerupuk dan keripik serta makanan cepat saji umumnya melalui proses deep frying. Teknik menggoreng dengan menggunakan minyak yang banyak ini bisa menimbulkan asam lemak trans. Produk-produk ini pun biasanya tinggi akan kadar lemak jenuh serta tinggi kalori.
  • Produk Minuman Kemasan
Berbagai produk minuman kemasan seperti minuman soda, teh, kopi, jus buah dan minuman lainnya memiliki kadar gula dan pemanis yang tinggi. Gula pemanis seperti gula pasir ataupun gula jagung diketahui memilik hubungan dengan rendahnya kadar kolesterol baik (HDL). Oleh sebab itu, konsumsi gula tambahan seperti ini perlu dibatasi, maksimum 6 sendok atau 25 gram dalam sehari hari.

Baca Juga: Bahaya minuman soda untuk kesehatan

Terkejut dengan daftar makanan diatas? Wajar saja. Sebab mungkin inilah makanan yang biasa kalian konsumsi sehari-hari dan nampaknya tidak meningkatkan kadar kolesterol.

Sebaliknya, makanan seperti jeroan, bebek, udang dan kuning telur tidak disebut-sebut. Makanan-makanan tersebut memang secara alami mengandung kolesterol, akan tetapi hasil dari studi menunjukkan bahwa kolesterol yang berasal dari makanan tersebut hanya sedikit berefek pada jumlah kadar kolesterol total.

Baca Juga: Cara menurunkan kolesterol tinggi secara alami dengan cepat

Konsumsi makanan tinggi kolesterol juga diketahui tidak memiliki hubungan yang signifikan dengan penyakit jantung ataupun stroke.

Menghindari makanan tinggi kolesterol mungkin bisa bermanfaat untuk sebagian dari kalian. Namun, para pakar kesehatan sepakat bahwa cara yang paling efektif dalam menurunkan kadar kolesterol darah adalah dengan memperbanyak mengkonsumsi makanan yang mengandung asam lemak tak jenuh yang sehat, ketimbang yang mengandung asam lemak jenuh atau asam lemak trans.

0 Response to "Makanan yang Wajib Dihindari bagi Penderita Kolesterol"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel