Ternyata Makanan Ini Bisa Menyebabkan Gula Darah Naik

Bagi kalian yang mempunyai riwayat diabetes dalam keluarga ataupun yang lagi mengalami kondisi pre-diabetes, maka kalian sebaiknya kadar gula darah harus selalu diperhatikan dan dijaga ketat. Kalau saat ini gula darah kalian sudah meningkat, hal yang harus kalian lakukan adalah dengan membuatnya menjadi normal kembali.

Makanan Penyebab Gula Darah Tinggi

Hal yang harus kalian ingat adalah ada beberapa jenis makanan yang bisa menyebabkan gula darah naik tinggi. Hal tersebut dipengaruhi oleh kadar gula sederhana yang terdapat makanan tersebut. 

Ya, gula darah kalian bisa naik drastus dalam seketika jika kalian terus-terusan memakan makanan manis, seperti gula, kue, madu dan jenis makanan manis lainnya. 

Oleh sebab itu pada kali ini kita akan membahas makanan penyebab gula darah tinggi, simak ulasan berikut ini sampai tuntas supaya kalian tidak salah lagi dalam memilih makanan yang akan kalian konsumsi

Makanan Penyebab Gula Darah Tinggi

  • Ikan dengan Asam Lemak Omega-3
Bukan cuman gula dan jenis makanan manis saja yang harus kalian hindari agar kadar gula darah bisa normal, kalian harus membatasi makanan yang berlemak tinggi. Nah, sebagai penggantinya kalian bisa memilih makanan yang mengandung lemak baik, seperti ikan dengan omega 3.

Sudah banyak hasil penelitian yang telah membuktikan bahwa ikan yang mengandung omega 3 bisa membantu menjaga kadar gula darah tetap dalam kondisi normal. Apalagi, ikan merupakan makanan yang kaya akan protein yang dapat membuat kalian kenyang lebih lama.

Dengan begitu, kalian akan terjaga dari asupan kalori berlebihan dan tak cepat lapar. Pilihlah ikan yang rendah lemak seta tinggi omega 3, seperti ikan salmon, ikan kembung, ikan tuna dan ikan Halibut.
  • Daging Merah dan Daging Olahan
Daging sapi dan kambing sebagai daging merah serta hotdog atau daging asap sebagai daging olahan, pada dasarnya berhubungan dengan peningkatan diabetes tipe 2.

Terutama pada daging olahan, makanan ini dikategorikan tidak baik disebabkan oleh adanya kandungan nitrit dan natrium berkadar tinggi.

Baca Juga: Makanan untuk Mencegah Diabetes

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi daging merah sebanyak 85 gram tiap hari dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2 hingga 19 persen. Sementara, daging olahan meningkat risiko sampai 51 %, meski dalam jumlah konsumsi di bawah takaran daging merah segar.
  • Minuman Manis
Minuman dengan rasa manis dianggap sebagai pemicu diabetes. Penelitian membuktikan bahwa mengonsumsi 1-2 porsi minuman manis per hari bisa meningkatkan risiko diabetes hingga 26 %.

Sebaiknya batasi minuman yang mengandung gula, seperti teh manis, soda, sirop, kopi krim dan jus buah untuk mengurangi risiko diabetes. Kelebihan gula akibat makanan atau minuman inilah yang bisa membuat tubuh kebal terhadap insulin. Utamakan konsumsi air putih supaya kebutuhan tubuh akan cairan tetap terpenuhi.
  • Karbohidrat Olahan
Nasi putih, gula putih dan tepung terigu merupakam makanan yang tinggi karbohidrat. Pada dasarnya, jenis makanan tersebut sangat mudah dicerna sehingga akan menyebabkan gula darah naik dengan cepat.

Meski nampak biasa-biasa saja, nasi putih bisa meningkatkan kadar gula darah. Makan nasi putih setiap hari bisa meningkatkan risiko diabetes sampai 11%. Supaya risiko diabetes bisa diminimalkan, disarankan untuk mengurangi asupan makanan yang berkarbohidrat olahan, seperti kue, pasta dan roti dan nasi.
  • Lemak Jenuh dan Lemak Trans
Kalian gemar mengonsumsi makanan yang digoreng? Gorengan adalah tempatnya lemak trans bersembunyi. Pada sisi yang serupa, lemak jenuh banyak terkandung pada mentega, keju, susu, dan daging berlemak.

Baca Juga: Bahaya makan gorengan terlalu sering

Kedua jenis lemak tersebut dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Kolesterol tinggi ini salah satu faktor risiko tubuh mengalami diabetes tipe 2. Karenanya, makanan yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans dapat dikatakan sebagai makan penyebab diabetes
  • Kopi
Penggemar kopi pasti sering merasakan hal ini. Saat kalian mengonsumsi kopi, gula darah langsung meningkat akibat kandungan kafein didalam kopi. Hal ini sama seperti ketika kalian mengonsumsi black tea ataupun green tea. 

Baca Juga: Bahaya terlalu banyak minum kopi

Meski begitu, pengaruh kafein akan berbeda pada setiap orang. Sebaiknya kalian tetap membatasi mengkonsumsi kafein supaya tidak mengalami diabetes.
  • Buah Kering
Buah kering seperti cranberry dan kismis mengandung gula dalam bentuk yang lebih terkonsentrasi sehingga karbohidrat yang terkandung didalamnya juga lebih tinggi. 

Semua buah selain buah segar seperti jus dan buah kering memang terkenal memiliki kandungan gula 2 kali lebih banyak. Oleh sebab itu batasi mengkonsumsi buah kering sekitar 30 gram dalam sehari.
  • Roti Tawar
Roti tawar dan nasi putih mengandung karbohidrat yang mudah dipecah oleh tubuh dan dikonversi menjadi glukosa. Selain itu, roti tawar juga mengandung tepung olahan sama seperti pasta dan mie. Oleh karena itu, dianjurkan untuk memilih nasi merah atau roti gandum yang lebih kaya serat.
  • Susu
Susu dan produk susu lainnya jelas mempengaruhi kadar gula darah Anda. Susu mengandung laktosa yang merupakan jenis gula yang mudah dicerna. Tapi juga mengandung protein yang mungkin mampu menangkal respon ini. Karenanya susu sebaiknya diminum tak berlebihan.
  • Pisang
Buah seperti pisang, anggur, ceri, dan mangga kaya akan karbohidrat dan gula yang pasti bisa meningkatkan kadar gula darah Anda secara cepat. Konsumsi buah dengan indeks glikemik tinggi membuat kadar gula darah meningkat dengan cepat dan drastis.

Baca Juga: 1001 Manfaat Buah pisang

Kalian tidak harus menghindari makanan tersebut secara keseluruhan. Yang penting adalah kalian harus memperhatikan porsi yang kalian konsumsi suapaya tidak menaikkan gula darah dengan drastis.

0 Response to "Ternyata Makanan Ini Bisa Menyebabkan Gula Darah Naik "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel