Top 20 Manfaat Minum Kopi untuk Kesehatan Tubuh

Ada alasan bagus untuk minum kopi bagi kesehatan tubuh dan ada beberapa alasan untuk tidak melakukannya. Artikel ini ditujukan bagi mereka yang mencari tahu manfaat kopi bagi kesehatan untuk terus meminum kopi.

Bagaimanapun, Anda mungkin memiliki pembenci kafein dalam hidup Anda. Anda tahu tipenya - mereka selalu memberi tahu Anda apa yang buruk bagi kesehatan Anda.

Berikut daftar alasan bagus untuk minum kopi. Hafalkan daftar ini - jadi lain kali Anda menemukan pembenci kopi favorit Anda, Anda dapat menarik keluar salah satu bayi ini.
Manfaat Minum Kopi bagi Kesehatan Tubuh
Sementara Anda melakukannya, Anda dapat menambahkan kata-kata " dari jurnal ilmiah yang ditinjau sejawat " - yang benar-benar akan membuat buih pembenci kopi hewan peliharaan Anda di mulut.

Secangkir kopi harian Anda mungkin lebih bermanfaat untuk Anda daripada menyediakan penjemputan di pagi hari. Dampak kesehatan kopi telah lama menjadi topik kontroversial, dengan para pendukung menggembar-gemborkan aktivitas antioksidan dan kemampuan meningkatkan otak. 

Pencela yang merinci kerugian seperti insomnia , gangguan pencernaan dan peningkatan detak jantung dan tekanan darah. Namun gelombang bukti ilmiah terbaru membawa banyak berita baik bagi pecinta kopi. 

Berikut 20 Manfaat Minum Kopi bagi Kesehatan Tubuh 

1. Kopi adalah sumber antioksidan yang kuat.
Faktanya, kopi menunjukkan aktivitas antioksidan lebih banyak daripada teh hijau dan coklat, dua superstar antioksidan. 

Para ilmuwan telah mengidentifikasi sekitar 1.000 antioksidan dalam biji kopi yang tidak diproses, dan ratusan lainnya berkembang selama proses pemanggangan. Sejumlah penelitian telah mengutip kopi sebagai sumber utama - dan dalam beberapa kasus, sumber antioksidan utama untuk makanannya.

Antioksidan melawan peradangan, penyebab mendasar dari banyak kondisi kronis, termasuk radang sendi, aterosklerosis dan banyak jenis kanker. 

Mereka juga menetralisir radikal bebas, yang terjadi secara alami sebagai bagian dari fungsi metabolisme sehari-hari, tetapi yang dapat menyebabkan stres oksidatif yang mengarah pada penyakit kronis. 

Dengan kata lain, antioksidan membantu menjaga kesehatan kita di tingkat mikro dengan melindungi sel-sel kita dari kerusakan. Akhirnya, asam klorogenik, antioksidan penting yang ditemukan hampir secara eksklusif dalam kopi, juga dianggap membantu mencegah penyakit kardiovaskular.

2. Kafein memberikan dorongan memori jangka pendek.
Ketika sekelompok relawan menerima dosis 100 miligram (mg) kafein, sekitar sebanyak yang terkandung dalam secangkir kopi, peneliti Austria menemukan lonjakan aktivitas otak relawan, diukur dengan fungsional magnetic resonance imagery (fMRI), saat mereka melakukan tugas memori. 

Para peneliti mencatat bahwa kemampuan memori dan waktu reaksi dari sukarelawan berkafein juga meningkat jika dibandingkan dengan kelompok kontrol yang menerima plasebo dan tidak menunjukkan peningkatan aktivitas otak.

Kafein tampaknya memengaruhi area tertentu dari otak yang bertanggung jawab atas memori dan konsentrasi, memberikan dorongan pada memori jangka pendek, meskipun tidak jelas berapa lama efeknya berlangsung atau bagaimana itu dapat berbeda dari orang ke orang.

3. Kopi dapat membantu melindungi terhadap penurunan kognitif.
Selain memberikan dorongan sementara dalam aktivitas otak dan memori, konsumsi kopi secara teratur dapat membantu mencegah penurunan kognitif yang terkait dengan penyakit Alzheimer dan jenis demensia lainnya. 

Dalam satu penelitian Finlandia yang menjanjikan, para peneliti menemukan bahwa minum tiga hingga lima cangkir kopi setiap hari di usia paruh baya dikaitkan dengan penurunan 65 persen risiko Alzheimer dan demensia di kemudian hari. Menariknya, penulis penelitian juga mengukur efek minum teh pada penurunan kognitif, tetapi tidak menemukan hubungan.

Ada beberapa teori tentang bagaimana kopi dapat membantu mencegah atau melindungi terhadap penurunan kognitif. Satu teori yang berhasil: kafein mencegah penumpukan plak beta-amiloid yang dapat berkontribusi terhadap timbulnya dan perkembangan Alzheimer. 

Para peneliti juga berteori bahwa karena minum kopi dapat dikaitkan dengan penurunan risiko diabetes tipe 2, faktor risiko demensia, itu juga menurunkan risiko pengembangan demensia.

4. Melindungi terhadap sirosis hati
Tentu saja, Anda bisa mengurangi asupan alkohol. Dari Archives of Internal Medicine . Studi lain yang lebih baru juga menunjukkan manfaat melindungi hati kopi. tautan . 

Namun penelitian lain menunjukkan bahwa kopi dan kopi tanpa kafein menurunkan tingkat enzim hati peminum kopi. Studi ini dipublikasikan dalam Jurnal Hepatologi . 

Memang benar: Selain menurunkan risiko kanker hati, konsumsi kopi telah dikaitkan dengan rendahnya kejadian sirosis, terutama sirosis alkoholik. 
Sebuah studi di Archives of Internal Medicine menunjukkan korelasi terbalik antara peningkatan konsumsi kopi dan penurunan risiko sirosis - pengurangan 20 persen untuk setiap cangkir yang dikonsumsi (hingga empat cangkir).

Para ilmuwan menemukan hubungan terbalik antara minum kopi dan kadar enzim hati dalam darah. Peningkatan kadar enzim hati biasanya mencerminkan peradangan dan kerusakan pada hati. Semakin banyak orang yang minum kopi, semakin rendah tingkat enzimnya.

5. Menurunkan risiko Diabetes Tipe 2
Mereka yang mengonsumsi 6 cangkir atau lebih per hari memiliki risiko diabetes 22% lebih rendah. Dari Archives of Internal Medicine. 

Sebuah tinjauan terbaru dari penelitian yang dilakukan oleh Dr. Frank Hu dari Harvard menunjukkan bahwa risiko diabetes tipe II berkurang 9% untuk setiap cangkir kopi yang dikonsumsi. Kopi tanpa kafein menurunkan risiko sebesar 6% per cangkir.

Sejumlah penelitian menunjukkan adanya hubungan antara minum kopi dan mengurangi risiko diabetes. Sebuah studi tahun 2009 menemukan bahwa risiko terkena diabetes turun 7 persen untuk setiap cangkir kopi setiap hari. 

Studi epidemiologi sebelumnya melaporkan bahwa peminum kopi berat (mereka yang secara teratur minum empat atau lebih cangkir setiap hari) memiliki risiko 50 persen lebih rendah terkena diabetes daripada peminum ringan atau bukan peminum.

Para ilmuwan percaya bahwa kopi mungkin bermanfaat dalam mencegah diabetes dengan beberapa cara: 
(1) dengan membantu tubuh menggunakan insulin dan melindungi sel-sel yang memproduksi insulin, memungkinkan pengaturan gula darah yang efektif; 
(2) mencegah kerusakan jaringan; dan 
(3) dan memerangi peradangan, faktor risiko yang diketahui untuk diabetes tipe 2. 

Salah satu komponen kopi yang dikenal sebagai asam caffeic telah ditemukan sangat signifikan dalam mengurangi akumulasi racun dari deposit protein abnormal (amyloid fibril) yang ditemukan pada orang dengan diabetes tipe 2. Kopi tanpa kafein dianggap bermanfaat, atau lebih, daripada biasa.

Catatan: Ada beberapa bukti bahwa kopi menurunkan sensitivitas sel otot terhadap efek insulin, yang dapat mengganggu metabolisme gula dan meningkatkan kadar gula darah. Namun, signifikansi temuan ini masih belum jelas.

6. Menurunkan risiko penyakit Alzheimer
Ada banyak bukti bahwa kafein dapat melindungi terhadap penyakit Alzheimer. Dari European Journal of Neurology ( tautan ). 

Sebuah studi baru-baru ini juga mengisolasi senyawa dalam kopi panggang yang mungkin bertanggung jawab untuk mencegah penumpukan plak otak yang diyakini menyebabkan penyakit. 

7. Mengurangi risiko bunuh diri dan Depresi
Sebuah studi 10 tahun terhadap 86.000 perawat wanita menunjukkan penurunan risiko bunuh diri pada peminum kopi. 

Dari Archives of Internal Medicine. Studi lain yang dilakukan oleh Harvard School of Public Health menemukan bahwa wanita yang minum 4 atau lebih cangkir kopi memiliki kemungkinan 20% lebih rendah untuk menderita depresi.

Berbagai penelitian mengaitkan minum kopi dengan tingkat depresi yang lebih rendah pada pria dan wanita. Dalam beberapa penelitian, data menunjukkan hubungan terbalik antara konsumsi kopi dan depresi: dengan kata lain, peminum kopi berat tampaknya memiliki risiko terendah (hingga 20 persen) depresi.
Para peneliti belum yakin bagaimana kopi tampaknya dapat mencegah depresi, tetapi diketahui bahwa kafein mengaktifkan neurotransmitter yang mengendalikan suasana hati, termasuk dopamin dan serotonin.

8. Mencegah terjadinya Penyakit Parkinson
Orang dengan penyakit Parkinson cenderung menjadi perokok dan peminum kopi dibandingkan saudara kandung mereka yang sehat. Pastikan Anda tidak mendapatkan kanker paru-paru di jalan. 

Dari Archives of Neurology. Bahkan penelitian yang lebih baru dari Swedia mengungkapkan bahwa minum kopi mengurangi risiko Parkinson bahkan ketika faktor genetik ikut bermain. tautan . 

Namun studi lain menemukan bahwa kafein yang dikombinasikan dengan EHT (senyawa yang ditemukan dalam biji kopi) memberikan manfaat perlindungan pada tikus yang secara genetik cenderung mengembangkan Parkinson.

9. Kopi dapat meningkatkan kinerja olahraga.
Kami telah dikondisikan untuk percaya bahwa kafein mengalami dehidrasi, salah satu alasan utama mengapa para ahli kebugaran merekomendasikan nixing kopi sebelum dan sesudah berolahraga. 

Namun, penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa konsumsi kafein moderat - hingga sekitar 500 mg, atau sekitar lima cangkir per hari - tidak cukup membuat dehidrasi untuk mengganggu latihan mereka. Selain itu, kopi membantu mengatasi kelelahan, memungkinkan Anda berolahraga lebih lama.

Cara kerjanya: Kafein adalah penambah kinerja dan daya tahan; tidak hanya melawan kelelahan, tetapi juga memperkuat kontraksi otot, mengurangi persepsi sakit, dan meningkatkan asam lemak dalam darah, yang mendukung daya tahan.

10. Peminum kopi memiliki risiko penyakit jantung yang lebih kecil
Peneliti Korea menemukan bahwa peserta studi yang mengonsumsi 3 hingga 5 cangkir kopi sehari cenderung menunjukkan tanda-tanda awal penyakit jantung. Ruang belajar . Faktor makanan lain juga harus diperhatikan karena orang Korea biasanya memiliki pola makan yang berbeda dari orang Barat. 

Sebuah studi yang lebih baru yang dilakukan di Brazil menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi setidaknya tiga cangkir kopi sehari cenderung mengembangkan lebih sedikit pengapuran pada pembuluh darah koroner mereka. 

Sebuah studi tahun 2019 mengkonfirmasi bahwa kopi tidak menyebabkan pengerasan pembuluh darah, bahkan di antara peserta studi yang minum hingga 25 cangkir kopi per hari.

11. Peminum kopi memiliki DNA yang lebih kuat 
Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam European Journal of Nutrition menunjukkan bahwa peminum kopi memiliki DNA dengan integritas yang lebih kuat karena sel darah putih peminum kopi memiliki jauh lebih sedikit contoh kerusakan untai DNA spontan. Belajar abstrak .

12. Risiko Lebih Rendah dari Multiple Sclerosis 
Penelitian terbaru menunjukkan bahwa setidaknya 4 cangkir kopi sehari dapat membantu melindungi terhadap perkembangan dan terulangnya MS. Diyakini bahwa kopi mencegah peradangan saraf yang mungkin menyebabkan penyakit berkembang. Studi ini dipublikasikan di  dalam Journal of Neurology, Neurosurgery & Psychiatry . 

13. Kopi mengurangi risiko kanker kolorektal 
Bahkan konsumsi kopi secukupnya dapat mengurangi kemungkinan terkena kanker kolorektal sebesar 26%. Manfaat perlindungan ini meningkat dengan lebih banyak konsumsi.

14. Mengurangi Risiko Kanker Hati:
Para  peneliti di USC Norris Comprehensive Cancer Center menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi 1-3 cangkir kopi sehari memiliki 29% risiko lebih rendah terkena kanker hati (hepatocellular carcinoma (HCC), yang merupakan jenis yang paling umum. Src .

15. Mengurangi Risiko Gout 
Alasan lain: Risiko untuk mengembangkan gout (pada pria) berkurang dengan meningkatnya konsumsi kopi. Ini adalah studi besar lebih dari 50.000 pria ( tautan ).

16. Panjang Umur
Kopi rebus Yunani terkait dengan umur panjang dan kesehatan jantung. - tautan . Studi lain yang diterbitkan dalam edisi 17 Juni 2008,  Annals of Internal Medicine menunjukkan bahwa wanita yang mengonsumsi kopi memiliki risiko kematian yang lebih rendah akibat kanker, penyakit jantung, dan faktor-faktor lain, yang karenanya mempromosikan umur yang lebih panjang.
Namun studi lain yang diterbitkan dalam New England Journal of Medicine menunjukkan bahwa peminum kopi berisiko lebih kecil meninggal sebelum waktunya karena penyakit seperti diabetes, penyakit jantung, dan bentuk kanker. 

Studi lain dari Jepang menemukan bahwa pria yang minum setidaknya 3 cangkir kopi per hari memiliki risiko 24% lebih rendah meninggal dini karena penyakit. Namun studi lain dari Harvard juga mengkonfirmasi bahwa mereka yang minum 1-5 cangkir kopi sehari menghindari penyakit yang terkait dengan kematian dini. Ruang belajar. 

Sebuah studi berbasis di Jepang juga menemukan hasil yang sama ketika berhubungan dengan kopi dan umur panjang. Pembelajaran. Dua penelitian lebih lanjut 2017 telah mengkonfirmasi apa yang telah ditemukan oleh studi sebelumnya. Mereka yang minum kopi hidup lebih lama daripada mereka yang tidak.

17. Mencegah Kerusakan Retina  
Sebuah Studi Universitas Cornell menunjukkan bahwa kopi dapat mencegah kerusakan retina karena stres oksidatif. Kafein bukan pelakunya di sini, tetapi asam klorogenat (CLA), yang merupakan salah satu antioksidan kuat yang ditemukan dalam biji kopi. 

18. Kopi hitam mencegah gigi berlubang 
Peneliti dari Brazil menemukan bahwa kopi hitam pekat membunuh bakteri pada gigi yang menyebabkan kerusakan gigi. Menambahkan susu atau gula ke kopi meniadakan manfaat ini.  

19. Kopi dapat melindungi dari penyakit periodontal
Sebagai bagian dari Studi Longitudinal Gigi Departemen Urusan Veteran AS konsumsi kopi dan kesehatan gigi di antara 1.152 pria dilacak dari 1968-1998. Para peneliti menemukan bahwa kopi tidak menyebabkan penyakit gusi dan sebenarnya menunjukkan manfaat perlindungan. 

20. Kopi dapat melindungi dari melanoma
Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of National Cancer Institute menemukan bahwa risiko melanoma berkurang dengan konsumsi kopi dan risiko ini berkurang dengan setiap cangkir yang dikonsumsi. 
manfaat minum kopi pahit bagi kesehatan

Kontradiksi Minum Kopi

Potensi manfaat kesehatan dari minum kopi adalah berita menarik, tetapi itu tidak berarti lebih banyak lebih baik. Bagi sebagian orang, kopi dapat menyebabkan lekas marah, gugup atau gelisah dalam dosis tinggi, dan juga dapat berdampak pada kualitas tidur dan menyebabkan insomnia. 
Pada orang dengan hipertensi , konsumsi kopi memang secara sementara meningkatkan tekanan darah mereka - walaupun tidak lebih dari beberapa jam - tetapi tidak ada korelasi yang ditemukan antara minum kopi dan peningkatan jangka panjang dalam tekanan darah atau kejadian penyakit kardiovaskular pada pasien dengan hipertensi yang ada.

Kafein mempengaruhi setiap orang secara berbeda, jadi jika Anda mengalami efek samping negatif, pertimbangkan untuk mengurangi konsumsi kopi Anda. 

Diperlukan sekitar enam jam untuk mengurangi efek kafein, jadi batasi minum kopi di awal hari, atau beralih ke kopi tanpa kafein, yang hanya mengandung sekitar 2 hingga 12 mg kafein per delapan ons. Selalu kurangi konsumsi kopi Anda secara bertahap. 

Hindari berhenti minum kopi kalkun dingin; melakukan hal itu dapat menyebabkan gejala penarikan kafein yang mungkin termasuk sakit kepala parah, nyeri otot dan kelelahan yang dapat berlangsung selama berhari-hari.

Cara Minum Kopi yang Baik untuk Kesehatan

Jadi berapa banyak kopi yang sehat, dan berapa banyak yang terlalu banyak? Dua hingga tiga cangkir delapan ons per hari dianggap sedang; peminum kopi berat mengkonsumsi empat cangkir atau lebih setiap hari. 

Ingat, jumlah kafein per minuman kopi bervariasi tergantung pada persiapan dan gaya minuman. Delapan ons kopi yang diseduh mungkin mengandung 80 hingga 200 mg kafein per cangkir (satu cangkir "rata-rata" mungkin mengandung sekitar 100 mg).
Taruhan terbaik Anda: Lewati minuman kedai kopi yang sarat gula dan pesanlah kopi hitam dasar. Atau, beralih ke susu murni atau susu kedelai atau kacang tanpa pemanis.

Sama seperti kita semua suka kopi, penting untuk menyadari bahwa bahkan studi ilmiah yang paling ketat pun dapat mengalami bias terutama studi yang meneliti sesuatu yang dicintai dan secara ekonomi penting seperti kopi jadi, dengan segala cara, nikmati kebiasaan pagi Anda , tetapi tafsirkan temuan ini dengan hati-hati.

Referensi
Karya mahasiswa nurse memiliki pedoman sumber yang ketat dan bergantung pada studi peer-review, lembaga penelitian akademik, dan asosiasi medis. Kami menghindari penggunaan referensi tersier. 
  • Konsumsi kopi mengurangi risiko kematian akibat sirosis hati. https://www.sciencecodex.com/coffee_consumption_reduces_mortality_risk_from_liver_cirrhosis-130968
  • Konsumsi kopi dan risiko diabetes melitus tipe 2: studi prospektif selama 11 tahun terhadap 28.812 wanita pascamenopause. .http://www.ncbi.nlm.nih.gov/entrez/query.fcgi?db=pubmed&cmd=Retrieve&dopt=Abstract&list_uids=16801515&query_hl=8&itool=pubmed_docsum
  • Minum kopi dapat mengurangi peluang Anda terkena Alzheimer, Parkinson. https://eurekalert.org/pub_releases/2018-11/uhn-dcm110518.php
  • Sebuah studi prospektif tentang minum kopi dan bunuh diri pada wanita. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/8604958?dopt=AbstractPlus
  • Kopi, Kafein, dan Risiko Depresi Diantara Wanita. https://jamanetwork.com/journals/jamainternalmedicine/fullarticle/1105943
  • Perlindungan saraf sinergis oleh komponen kopi eicosanoyl-5-hydroxytryptamide dan kafein dalam model penyakit Parkinson dan DLB. https://www.pnas.org/content/115/51/E12053
  • Bagaimana kopi melindungi terhadap Parkinson. https://medicalxpress.com/news/2014-07-coffee-parkinson.html
  • kopi dan klasifikasi jantung koroner. https://www.ahajournals.org/doi/10.1161/ATVBAHA.107.160457
  • Journal of Neurology, Neurosurgery & Psychiatry. Konsumsi kopi yang tinggi dikaitkan dengan penurunan risiko multiple sclerosis; hasil dari dua studi independen. https://jnnp.bmj.com/content/87/5/454.short
  • Hubungan Konsumsi Kopi dengan Mortalitas. https://annals.org/aim/article-abstract/668690/relationship-coffee-consumption-mortality
  • Asam Klorogenik dan Kopi Mencegah Degenerasi Retina Terinduksi Hipoksia. https://pubs.acs.org/doi/abs/10.1021/jf404285v 

0 Response to "Top 20 Manfaat Minum Kopi untuk Kesehatan Tubuh "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel