11 Rahasia Gaya Hidup Sehat ala Orang Jepang

Saat kami memulai tahun baru dan Anda mencari cara untuk meningkatkan kesehatan, diet, dan harapan hidup Anda memandang Jepang sebagai inspirasi karena mereka telah menguasai cara menjalani hidup yang lebih sehat dan lebih lama. Selama 28 tahun berturut-turut, wanita Jepang telah terbukti memiliki harapan hidup tertinggi di dunia.
Rahasia Gaya Hidup Sehat Orang Jepang Hidup Panjang
Jadi, apa rahasia mereka dan bagaimana Anda bisa menerapkan kebiasaan Jepang ,  tips kesehatan Jepang, rahasia diet Jepang , dan keseluruhan gaya hidup sehat Jepang ke dalam kehidupan sehari-hari Anda.

Jepang telah membuat lompatan besar dalam pengobatan untuk  kanker , stroke , dan  penyakit jantung , tetapi harapan hidup mereka dapat dikaitkan dengan diet sehat, obesitas minimal, dan kemampuan untuk mengelola stres yang saya pikir paling penting.

Jepang, menawarkan cetak biru terbaik di dunia untuk kehidupan yang sehat. Tidak hanya pria dan wanita Jepang  secara rutin menempati peringkat  teratas dalam daftar yang merinci  rentang hidup manusia yang paling lama dan paling  sehat , tetapi, dalam studi Organisasi Kesehatan Dunia terbaru  , wanita Jepang menempati urutan pertama dengan harapan hidup 87,0 tahun.

Warga negara Jepang rata-rata diperkirakan akan hidup sampai sekitar 73 tahun “tanpa penyakit besar atau kecacatan” di mana, di Amerika, kita dapat menghadapi beberapa penyakit besar pada usia muda yang sudah matang, yaitu 65 tahun.

Jika Anda mengunjungi situs web saya, pesan pertama yang akan Anda baca di situs saya adalah “jangan diet, ubah gaya hidup Anda”. 

Saya merasa sangat bersemangat tentang pesan ini karena saya percaya diet adalah solusi jangka pendek dan memiliki gaya hidup sehat yang realistis dan praktis akan bekerja dalam jangka panjang. Saya percaya Anda seharusnya tidak pernah harus mengkompromikan cinta Anda untuk makanan dan selera yang baik untuk memiliki gaya hidup sehat.

Berikut Rahasia Gaya Hidup Sehat Orang Jepang Hidup Panjang

1. Kekuatan Sup
Di Jepang, sup miso disajikan dengan sebagian besar makanan dan dianggap sebagai salah satu kontributor utama diet sehat Jepang. Minum sup miso akan meningkatkan pencernaan setelah makan dan membantu membersihkan tubuh.
Sup miso rendah lemak dan karbohidrat, dan tinggi protein. Ini sekarang menjadi bagian dari makanan sehari-hari saya dan walaupun Anda dapat menggunakan bahan-bahan tradisional seperti rumput laut dan tahu, ini dapat dengan mudah diganti dengan sayuran yang ada di lemari es Anda seperti bawang, wortel, bayam, kubis dll. 

Selain manfaat kesehatannya, sup miso membuat Anda merasa kenyang untuk periode yang lebih lama yang berhenti mengemil di antara waktu makan.

2. Nasi Makanan Utama
Sepintas, sepertinya nasi tidak harus menjadi alternatif yang sehat untuk gandum. Lagipula, ini sangat kalori. Namun, nasi mengandung karbohidrat lebih sedikit per porsi dan lebih banyak vitamin dan mineral daripada gandum. 

Makanan yang banyak mengandung beras dikaitkan dengan risiko penyakit jantung yang lebih rendah daripada beras yang berat, dan nasi tidak disertai dengan iritasi usus yang umum pada masyarakat umum sebagai reaksi terhadap gandum. 

Mengkonsumsi lebih banyak nasi jelas merupakan salah satu kebiasaan Jepang yang harus Anda masukkan dalam kehidupan sehari-hari.

3. Kontrol Porsi Makan
Jepang tidak menghindari junk food dengan cara apa pun, yang akan Anda perhatikan jika Anda pernah bepergian ke sana. Toko-toko pojok penuh dengan permen, es krim, dan makanan ringan asin yang menarik. Mereka menyukai makanan mereka seperti halnya negara lain. Namun, semua hal dinikmati dalam jumlah sedang.

Orang-orang Jepang jauh lebih mungkin untuk menikmati makanan mereka ketika mereka keluar, daripada menggali segelas Ben dan Jerry di rumah. Dan Anda akan melihat bahwa meskipun ada banyak pilihan makanan cepat saji dan burger di luar sana, porsinya jauh lebih kecil daripada yang akan Anda dapatkan di restoran Amerika.

Secara tradisional, makanan Jepang disajikan dalam satu set hidangan kecil, untuk memisahkan semua komponen yang berbeda. 

Ini berarti bahwa apa yang tampak seperti sebaran makanan yang luas masih akan lebih kecil daripada piring besar yang kami muat saat seadanya atau prasmanan sepuasnya. Jadi, nikmati suguhan Anda dalam jumlah sedang dan gunakan piring kecil vs makan makanan tinggi lemak dan kalori .

4. Menyukai Makanan yang Sehat bebas dari Junk Food
Tentu, ada banyak dari kita yang telah mencoba di masa lalu untuk mengadopsi rutinitas smoothie hijau di pagi hari. 

Tapi seberapa banyak Anda benar-benar menikmati kale cair itu? Untuk sebagian besar, kita cukup tancapkan hidung kita dan turunkannya, mengatakan pada diri kita sendiri bahwa akhirnya akan terbayar.

Dan mungkin itu akan terjadi. Tetapi jauh lebih sulit untuk mengatur pola makan seperti ini ketika kita hanya mengertakkan gigi. Berbeda dengan ini, sebagian besar orang di Jepang memiliki selera makan yang tinggi untuk makanan sehat yang tidak disukai oleh kebanyakan orang Amerika. 

Sebagai contoh, banyak orang Jepang menikmati seporsi natto di pagi hari, hidangan yang terbuat dari kacang kedelai yang difermentasi yang pastinya merupakan rasa yang didapat tetapi bisa memiliki kekuatan tingkat makanan super untuk mengurangi penyakit jantung. 

Teh hijau (dan matcha, sepupu super terkonsentrasi ) dikemas dengan nutrisi dan antioksidan. Namun, alih-alih meminumnya sebagai suplemen, orang Jepang memakannya sebagai hadiah, dan menikmati rasa matcha… yah, semuanya.

5. Hara Hachi Bu (makan sampai Anda kenyang)
Ada pepatah dari Okinawa di Jepang, di mana kakek-nenek suami saya dilahirkan, bahwa Anda harus makan sampai Anda 80% kenyang. Dalam bahasa Jepang ini diterjemahkan sebagai 'hara hachi bu'. 

Alasan di balik ini adalah bahwa perlu waktu bagi otak untuk diberitahu bahwa perut sudah penuh. 

Setelah tinggal di Jepang saya mencoba untuk hidup dengan ini untuk menghindari kemerosotan energi yang terlalu akrab di sofa setelah makan malam! Ini adalah pola pikir dan cara berpikir sehingga dapat dengan mudah diintegrasikan ke dalam gaya hidup seseorang.

6. Mottainai (tidak ada budaya limbah makanan)
Ini adalah ungkapan yang sering saya dengar di antara teman-teman Jepang saya 'mottainai' yang diterjemahkan sebagai lebih baik untuk tidak menyia-nyiakannya. Sejak usia muda, orang Jepang diajarkan untuk menghargai makanan dan tidak memboroskannya, baik di rumah maupun di sekolah. 

Ada budaya di Jepang untuk menggunakan kembali makanan sisa sehingga sisa dari makan malam akan digunakan untuk sarapan atau kotak makan siang hari berikutnya. 


Di Sekolah Menengah Pertama tempat saya bekerja sebagai guru di Jepang, para siswa dan staf menyimpan sisa makanan pada waktu makan siang dan menganalisisnya sehingga mereka dapat memahaminya dan menguranginya. 

Saya menemukan selalu ada sesuatu di lemari es untuk ditambahkan ke makanan atau makanan ringan ketika sisa digunakan kembali daripada dibuang dan bonus tambahan itu baik untuk lingkungan kita!

7. Makanan Super
Makanan Jepang dipenuhi dengan makanan super, beberapa kita beruntung memiliki banyak makanan di sini di Irlandia seperti rumput laut. Orang Jepang sangat dihormati karena cara kreatif mereka menggunakan rumput laut dalam masakan namun Anda bisa menambahkannya ke resep rebusan, salad atau roti jika Anda ingin memasukkannya ke dalam makanan Anda. 

Saat ini, Anda bisa mendapatkan produk rumput laut Irlandia yang fantastis di supermarket kami yang sangat mudah digunakan di rumah. Saya suka menggunakan Sea of ​​Vitality yang digiling dillisk dan bubuk rumput laut karena dapat ditambahkan ke sebagian besar hidangan. 

Teh hijau adalah bagian kuat lain dari diet Jepang yang memiliki banyak manfaat kesehatan dan dapat dengan mudah ditambahkan ke diet harian Anda, mulailah dengan satu cangkir sehari!

8.  Hidup Berkelanjutan
Sejumlah undang-undang di Jepang mengatur dampak lingkungan dan berupaya menjaga dunia alami agar tetap sehat dan dapat diakses. Di satu sisi, kehidupan hijau di Jepang ada hubungannya dengan kerjasama komunal, ciri khas budaya Jepang. 


Ini suatu keharusan ketika begitu banyak orang hidup berdesakan di kota. Itu sebabnya Anda akan menemukan orang-orang di Jepang dengan cermat memilah sampah mereka, dan melakukan bagian mereka untuk mendaur ulang.

Tidak hanya mengurangi limbah dan membantu ekosistem lokal, tetapi juga mencerminkan kesadaran masyarakat dan koneksi dengan keseluruhan, mentalitas yang dapat sangat meningkatkan kesejahteraan dan umur panjang.

9. Hidup Zen
Kita tidak dapat mengatakan bahwa setiap orang di Jepang berlatih meditasi Zen secara teratur, tetapi itu adalah tempat kelahiran Buddhisme Zen dan semua praktik serta filosofi kesehatan mental yang dimulai di sana. 

Untuk sebagian besar, ini hanya berarti berlatih kesehatan mental, bersama dengan fisik. Ciri-ciri filosofi Zen termasuk menghindari kesibukan dan sebaliknya hidup dengan perhatian pada saat ini.


Bahkan, itulah sebabnya meditasi Zen tidak hanya dilakukan dengan duduk dan bersenandung di atas batu. Meditasi Zen dapat terjadi saat menyiangi taman, memasak makanan, atau memperbaiki sepeda. Latihan meditasi dan perhatian mengurangi stres, yang, seperti kita ketahui, adalah pembunuh.

10. Jalan Kaki
Kota-kota besar Jepang sama sekali tidak dibuat untuk dikendarai. Sistem transportasi umum Jepang tidak ada duanya dan sebagian besar orang bergantung pada bus dan kereta api untuk bepergian. 

Dan meskipun sistem ini hebat, masih membutuhkan banyak berjalan dan berdiri, yang berarti bahwa sebagian besar orang Jepang mendapatkan satu jam latihan sehari tanpa pernah menginjakkan kaki di gym karena gaya hidup aktif adalah norma di Jepang. Ini adalah kebiasaan orang Jepang yang harus Anda pilih jika tidak ada yang lain.

11. Jadilah Advokat Gaya Hidup Sehat untuk Anak Anda
Orang tua Jepang menginspirasi anak-anak mereka untuk mencoba berbagai buah dan sayuran yang anak-anak di AS bahkan tidak akan berpikir untuk mencoba satu juta dolar.

Salah satu kiat gaya hidup utama Jepang adalah meniru pola makan sehat dan tidak bereaksi berlebihan ketika seorang anak tidak ingin mencoba makanan baru atau tidak menghabiskan semua yang ada di piring.

Kiat kesehatan terakhir Jepang adalah bahwa pendidikan makanan adalah bagian dari kurikulum harian mereka. Siswa mengunjungi pertanian lokal, belajar tentang nutrisi, dan memasak yang membantu mereka memahami manfaat dari makan sehat dan menjalani kehidupan yang makmur.

0 Response to "11 Rahasia Gaya Hidup Sehat ala Orang Jepang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel