10 Cara Mengendalikan Marah Berlebihan Menurut Ahli

Apakah Anda asap ketika seseorang memotong Anda dalam lalu lintas? Apakah tekanan darah Anda meroket ketika anak Anda menolak untuk bekerja sama? 
Berikut Cara Mengatasi Rasa Marah yang Berlebihan

Kemarahan adalah emosi yang normal dan bahkan sehat - tetapi penting untuk menghadapinya secara positif. Kemarahan yang tidak terkendali dapat merusak kesehatan dan hubungan Anda.

Siap mengendalikan kemarahan Anda? Mulailah dengan mempertimbangkan 10 tips manajemen kemarahan ini.

Berikut Cara Mengatasi Rasa Marah yang Berlebihan

1. Berpikir sebelum berbicara
Di saat panas, mudah untuk mengatakan sesuatu yang nanti akan Anda sesali. Luangkan beberapa saat untuk mengumpulkan pemikiran Anda sebelum mengatakan sesuatu - dan biarkan orang lain yang terlibat dalam situasi tersebut melakukan hal yang sama.

2. Setelah Anda tenang, ungkapkan kemarahan Anda
Segera setelah Anda berpikir jernih, ungkapkan frustrasi Anda dengan cara yang tegas tetapi tidak konfrontasional. Nyatakan kekhawatiran dan kebutuhan Anda dengan jelas dan langsung, tanpa menyakiti orang lain atau mencoba mengendalikannya.

3. Berolah raga
Aktivitas fisik dapat membantu mengurangi stres yang dapat menyebabkan Anda menjadi marah. Jika Anda merasa amarah Anda meningkat, lakukan jalan cepat atau lari, atau luangkan waktu untuk melakukan aktivitas fisik menyenangkan lainnya.

4. Istirahat
Waktu tunggu tidak hanya untuk anak-anak. Berikan diri Anda waktu istirahat pendek selama hari-hari yang cenderung membuat stres. Beberapa saat sunyi mungkin membantu Anda merasa lebih siap menghadapi apa yang akan terjadi tanpa merasa kesal atau marah.

5. Identifikasi kemungkinan solusi
Alih-alih berfokus pada apa yang membuat Anda marah, berusahalah untuk menyelesaikan masalah yang ada. Apakah kamar berantakan anak Anda membuat Anda gila? Tutup pintu. 

Apakah pasangan Anda terlambat makan malam setiap malam? Jadwalkan makan malam hari - atau setuju untuk makan sendiri beberapa kali seminggu. Ingatkan diri Anda bahwa kemarahan tidak akan memperbaiki apa pun dan hanya akan memperburuknya.

6. Tetap dengan pernyataan 'Aku'
Untuk menghindari kritik atau menyalahkan - yang mungkin hanya menambah ketegangan - gunakan pernyataan "Saya" untuk menggambarkan masalahnya. Bersikap hormat dan spesifik. 

Misalnya, katakan, "Saya kesal karena Anda meninggalkan meja tanpa menawarkan bantuan dengan piring" alih-alih "Anda tidak pernah melakukan pekerjaan rumah apa pun."

7. Jangan menyimpan dendam
Pengampunan adalah alat yang ampuh. Jika Anda membiarkan amarah dan perasaan negatif lainnya mengusir perasaan positif, Anda mungkin menemukan diri Anda tertelan oleh kepahitan atau rasa ketidakadilan Anda sendiri. 

Tetapi jika Anda bisa memaafkan seseorang yang membuat Anda marah, Anda mungkin belajar dari situasinya dan memperkuat hubungan Anda.

8. Gunakan humor untuk melepaskan ketegangan
Mencerahkan dapat membantu meredakan ketegangan. Gunakan humor untuk membantu Anda menghadapi apa yang membuat Anda marah dan, mungkin, segala harapan tidak realistis yang Anda miliki tentang bagaimana hal-hal seharusnya berjalan. Namun, hindari sarkasme - itu bisa melukai perasaan dan memperburuk keadaan.

9. Praktekkan keterampilan relaksasi
Saat amarah Anda memanas, gunakan keterampilan relaksasi untuk bekerja. Latihlah latihan bernafas dalam-dalam, bayangkan pemandangan yang menenangkan, atau ulangi kata atau frasa yang menenangkan, seperti "Tenang saja." 


Anda juga dapat mendengarkan musik, menulis dalam jurnal atau melakukan beberapa pose yoga - apa pun untuk mendorong relaksasi.
10. Ketahui kapan harus mencari bantuan
Belajar mengendalikan amarah adalah tantangan bagi setiap orang di saat-saat tertentu. Mencari bantuan untuk masalah kemarahan jika kemarahan Anda tampaknya tidak terkendali, menyebabkan Anda melakukan hal-hal yang Anda sesali atau menyakiti orang-orang di sekitar Anda.

Nah itulah 10 cara mengendalikan amarah yang bisa Anda terapkan mulai dari sekarang. Karena seperti yang kita tahu efek dari marah itu sangat besar mulai dari masalah kesehatan bahkan sampai ditinggalkan oleh orang orang yang Anda sayang.

Referensi:
Sood A. Hubungan. Dalam: The Mayo Clinic Handbook for Happiness: Rencana 4 Langkah untuk Hidup Tangguh. Cambridge, Mass .: Da Capo Press / Buku Seumur Hidup; 2015
Pish S, dkk. Peserta program manajemen amarah mendapatkan perubahan perilaku dalam hubungan interpersonal. Jurnal Perpanjangan. 2016; 55: e1. https://joe.org/joe/2016october/a3.php. Diakses 18 Januari 2017.
Mehta M, et al., Eds. Manajemen kemarahan. Dalam: Pendekatan Praktis untuk Terapi Perilaku Kognitif untuk Remaja. Dehli Baru, India: Springer India; 2015
Mengontrol amarah sebelum mengendalikan Anda. Asosiasi Psikologis Amerika. http://www.apa.org/topics/anger/control.aspx. Diakses 18 Januari 2017.
Fabian P, dkk. Apakah berolahraga mengurangi perasaan agresif? Eksperimen yang menguji pengaruh tipe gerakan dan kondisi tugas sosial pada testiness dan pengurangan kemarahan. Keterampilan Perseptual dan Motor. 2016; 122: 971.
McCullough M, dkk. Gerakan konsiliatory mempromosikan pengampunan dan mengurangi kemarahan pada manusia. Prosiding Akademi Ilmu Pengetahuan Nasional Amerika Serikat. 2014; 111: 11211.

0 Response to "10 Cara Mengendalikan Marah Berlebihan Menurut Ahli"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel