12 Manfaat Buah Anggur untuk Kesehatan yang Menakjubkan

Anggur telah dibudidayakan selama ribuan tahun dan telah dihormati oleh beberapa peradaban kuno untuk digunakan dalam pembuatan anggur. 

12 Manfaat untuk Kesehatan Tubuh dari Makan Anggur

Ada banyak jenis anggur termasuk hijau, merah, hitam, kuning dan merah muda. Mereka tumbuh dalam kelompok dan datang dalam varietas unggulan dan tanpa biji.

Anggur ditanam di daerah beriklim sedang di seluruh dunia, termasuk Eropa Selatan, Afrika, Australia, dan Amerika Utara dan Selatan. Mayoritas anggur yang ditanam di AS berasal dari California.

Anggur menawarkan banyak manfaat kesehatan karena kandungan nutrisi dan antioksidannya yang tinggi. Berikut adalah 12 manfaat kesehatan terbaik dari mengonsumsi anggur.

12 Manfaat Makan Anggur untuk Kesehatan Tubuh 

1. Dikemas Dengan Nutrisi, Terutama Vitamin C dan K
Anggur mengandung banyak vitamin dan mineral penting, termasuk lebih dari seperempat RDI untuk vitamin C dan K.
Satu cangkir (151 gram) anggur merah atau hijau mengandung nutrisi berikut (1):
  • Kalori: 104
  • Karbohidrat: 27,3 gram
  • Protein: 1,1 gram
  • Lemak: 0,2 gram
  • Serat: 1,4 gram
  • Vitamin C: 27% dari Reference Daily Intake (RDI)
  • Vitamin K: 28% dari RDI
  • Tiamin: 7% dari RDI
  • Riboflavin: 6% dari RDI
  • Vitamin B6: 6% dari RDI
  • Kalium: 8% dari RDI
  • Tembaga: 10% dari RDI
  • Mangan: 5% dari RDI
Satu cangkir (151 gram) anggur menyediakan lebih dari seperempat RDI untuk vitamin K, vitamin esensial yang larut dalam lemak untuk pembekuan darah dan tulang sehat. Mereka juga merupakan sumber vitamin C yang baik, nutrisi penting dan antioksidan kuat yang diperlukan untuk kesehatan jaringan ikat.

2. Kandungan Antioksidan Tinggi Dapat Mencegah Penyakit Kronis
Antioksidan adalah senyawa yang ditemukan dalam tanaman, misalnya. Mereka membantu memperbaiki kerusakan sel-sel Anda yang disebabkan oleh radikal bebas, yang merupakan molekul berbahaya yang menyebabkan stres oksidatif. Stres oksidatif telah dikaitkan dengan beberapa penyakit kronis termasuk diabetes, kanker dan penyakit jantung.

Anggur tinggi dalam sejumlah senyawa antioksidan kuat. Faktanya, lebih dari 1.600 senyawa tanaman bermanfaat telah diidentifikasi dalam buah ini. Konsentrasi antioksidan tertinggi ditemukan di kulit dan biji-bijian. Untuk alasan ini, sebagian besar penelitian tentang anggur telah dilakukan dengan menggunakan ekstrak biji atau kulit.

Anggur merah mengandung jumlah antioksidan yang lebih tinggi karena anthocyanin yang memberi warna pada mereka. Antioksidan dalam anggur tetap ada bahkan setelah fermentasi, itulah sebabnya anggur merah juga tinggi dalam senyawa ini. Salah satu antioksidan dalam buah ini adalah resveratrol, yang digolongkan sebagai polifenol.
Sejumlah penelitian telah dilakukan tentang manfaatnya, menunjukkan bahwa resveratrol melindungi terhadap penyakit jantung, menurunkan gula darah dan melindungi terhadap perkembangan kanker. Anggur juga mengandung vitamin C, beta-karoten, kuersetin, lutein, lycopene dan asam ellagic, yang juga merupakan antioksidan kuat.

Anggur tinggi antioksidan, senyawa tanaman bermanfaat yang dapat melindungi terhadap kondisi kesehatan kronis, seperti diabetes, kanker, dan penyakit jantung.

3. Senyawa Tumbuhan Dapat Melindungi Terhadap Beberapa Jenis Kanker
Anggur mengandung senyawa tanaman bermanfaat dalam kadar tinggi, yang dapat membantu melindungi terhadap jenis kanker tertentu. Resveratrol, salah satu senyawa yang ditemukan dalam buah ini, telah dipelajari dengan baik dalam hal pencegahan dan pengobatan kanker.

Telah terbukti melindungi terhadap kanker dengan mengurangi peradangan, bertindak sebagai antioksidan dan menghalangi pertumbuhan dan penyebaran sel-sel kanker dalam tubuh.

Namun, kombinasi unik dari senyawa tanaman yang ditemukan dalam anggur mungkin bertanggung jawab atas manfaat anti kankernya. Selain resveratrol, anggur juga mengandung quercetin, anthocyanin, dan katekin - yang semuanya memiliki efek menguntungkan terhadap kanker. Ekstrak anggur telah terbukti menghambat pertumbuhan dan penyebaran sel kanker usus besar manusia dalam penelitian tabung reaksi.

Selain itu, satu studi pada 30 orang di atas usia 50 menunjukkan bahwa makan 1 pon (450 gram) anggur per hari selama dua minggu menurunkan penanda risiko kanker usus besar. Penelitian juga menemukan bahwa ekstrak anggur menghambat pertumbuhan dan penyebaran sel kanker payudara, baik dalam model laboratorium dan tikus.

Sementara studi tentang anggur dan kanker pada manusia terbatas, diet tinggi makanan kaya antioksidan, seperti anggur, telah dikaitkan dengan risiko kanker yang lebih rendah.

Baca Juga: Manfaat makan buah jeruk untuk kesehatan ibu hamil

Anggur mengandung banyak senyawa tanaman bermanfaat, seperti resveratrol, yang dapat melindungi terhadap berbagai jenis kanker, termasuk kanker usus besar dan kanker payudara.

4. Bermanfaat untuk Kesehatan Jantung dalam Berbagai Cara Mengesankan
Ada beberapa alasan mengapa makan anggur baik untuk jantung Anda.

Membantu Menurunkan Tekanan Darah
Satu cangkir (151 gram) anggur mengandung 288 mg potasium, yang merupakan 6% dari RDI. Mineral ini diperlukan untuk menjaga tingkat tekanan darah yang sehat.

Asupan kalium yang rendah telah dikaitkan dengan peningkatan risiko tekanan darah tinggi, penyakit jantung dan stroke. Sebuah penelitian pada 12.267 orang dewasa menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi kadar kalium lebih tinggi dalam kaitannya dengan natrium lebih kecil kemungkinannya meninggal akibat penyakit jantung dibandingkan mereka yang mengonsumsi lebih sedikit kalium.

Semoga Membantu Mengurangi Kolesterol
Senyawa yang ditemukan dalam anggur dapat membantu melindungi terhadap kadar kolesterol tinggi dengan mengurangi penyerapan kolesterol. 

Dalam satu penelitian di 69 orang dengan kolesterol tinggi, makan tiga cangkir (500 gram) anggur merah sehari selama delapan minggu terbukti menurunkan kolesterol LDL total dan "buruk". Anggur putih tidak memiliki efek yang sama.

Selain itu, diet tinggi resveratrol, seperti diet Mediterania, telah terbukti menurunkan kadar kolesterol juga. Senyawa dalam anggur dan anggur merah dapat melindungi dari penyakit jantung. Anggur dapat membantu menurunkan tekanan darah dan kolesterol.

5. Dapat Menurunkan Kadar Gula Darah dan Melindungi Terhadap Diabetes
Anggur mengandung 23 gram gula per cangkir (151 gram), yang mungkin membuat Anda bertanya-tanya apakah itu pilihan yang baik untuk penderita diabetes. Mereka memiliki indeks glikemik rendah (GI) 53, ukuran seberapa cepat makanan meningkatkan gula darah.

Selain itu, senyawa yang ditemukan dalam anggur bahkan dapat menurunkan kadar gula darah. Dalam studi 16 minggu pada 38 pria, mereka yang mengonsumsi 20 gram ekstrak anggur per hari mengalami penurunan kadar gula darah, dibandingkan dengan kelompok kontrol. 

Selain itu, resveratrol telah terbukti meningkatkan sensitivitas insulin, yang dapat meningkatkan kemampuan tubuh Anda untuk menggunakan glukosa dan karenanya menurunkan kadar gula darah. 

Resveratrol juga meningkatkan jumlah reseptor glukosa pada membran sel, yang mungkin memiliki efek menguntungkan pada gula darah. Mengelola kadar gula darah Anda dari waktu ke waktu adalah faktor penting dalam mengurangi risiko diabetes Anda.

Meskipun anggur tinggi gula, mereka memiliki indeks glikemik yang rendah. Selain itu, senyawa dalam anggur dapat melindungi terhadap gula darah tinggi.

6. Mengandung Beberapa Senyawa Yang Bermanfaat Bagi Kesehatan Mata
Bahan kimia tanaman yang ditemukan dalam anggur dapat melindungi dari penyakit mata yang umum. 

Dalam satu studi, tikus yang diberi diet yang ditambah dengan anggur menunjukkan lebih sedikit tanda-tanda kerusakan retina dan memiliki fungsi retina yang lebih baik dibandingkan dengan tikus yang tidak diberi makan buah.

Dalam penelitian tabung reaksi, resveratrol ditemukan untuk melindungi sel retina di mata manusia dari sinar ultraviolet A. Ini dapat menurunkan risiko pengembangan degenerasi makula terkait usia (AMD), penyakit mata yang umum. 

Menurut sebuah studi review, resveratrol juga dapat membantu melindungi terhadap penyakit glaukoma, katarak dan mata diabetes. Selain itu, anggur mengandung antioksidan lutein dan zeaxanthin. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa senyawa ini membantu melindungi mata dari kerusakan dari cahaya biru.

Anggur mengandung beberapa senyawa, seperti resveratrol, lutein, dan zeaxanthin, yang dapat melindungi terhadap penyakit mata umum, termasuk degenerasi makula terkait usia, katarak dan glaukoma.

7. Dapat Meningkatkan Memori, Perhatian dan Suasana Hati
Makan anggur dapat bermanfaat bagi kesehatan otak Anda dan meningkatkan daya ingat Anda. Dalam studi 12 minggu pada 111 orang dewasa yang sehat, 250 mg suplemen anggur per hari secara signifikan meningkatkan skor pada tes kognitif yang mengukur perhatian, memori dan bahasa dibandingkan dengan nilai-nilai dasar.

Studi lain pada orang dewasa muda yang sehat menunjukkan bahwa minum sekitar 8 ons (230 ml) jus anggur meningkatkan kecepatan keterampilan yang berhubungan dengan memori dan suasana hati 20 menit setelah konsumsi. 

Studi pada tikus menunjukkan bahwa resveratrol meningkatkan pembelajaran, memori dan suasana hati ketika diminum selama 4 minggu. Selain itu, otak tikus menunjukkan tanda-tanda peningkatan pertumbuhan dan aliran darah.

Resveratrol juga dapat membantu melindungi terhadap penyakit Alzheimer, meskipun studi pada manusia diperlukan untuk mengkonfirmasi hal ini

Anggur mengandung senyawa yang dapat meningkatkan daya ingat, perhatian dan suasana hati dan dapat melindungi terhada. penyakit Alzheimer, meskipun diperlukan lebih banyak penelitian berbasis manusia untuk mengonfirmasi beberapa manfaat ini.

8. Mengandung Banyak Nutrisi Penting untuk Kesehatan Tulang
Anggur mengandung banyak mineral yang diperlukan untuk kesehatan tulang, termasuk kalsium, magnesium, kalium, fosfor, mangan, dan vitamin K.

Meskipun penelitian pada tikus menunjukkan bahwa resveratrol meningkatkan kepadatan tulang, hasil ini belum dikonfirmasi pada manusia.

Dalam sebuah penelitian, tikus yang diberi bubuk anggur beku-kering selama 8 minggu memiliki penyerapan tulang dan retensi kalsium yang lebih baik dibandingkan tikus yang tidak menerima bubuk. Studi berbasis manusia tentang efek anggur pada kesehatan tulang saat ini masih kurang.

Anggur mengandung banyak nutrisi penting untuk kesehatan tulang, termasuk kalsium, magnesium, fosfor dan vitamin K. Penelitian pada tikus menunjukkan bahwa anggur mungkin memiliki efek perlindungan pada tulang, tetapi penelitian pada manusia diperlukan untuk mengkonfirmasi manfaat ini.

12 Manfaat Buah Anggur untuk Kesehatan yang Menakjubkan


9. Dapat Melindungi Terhadap Bakteri, Virus, dan Infeksi Ragi Tertentu
Sejumlah senyawa dalam anggur telah terbukti melindungi dan melawan infeksi bakteri dan virus. Anggur adalah sumber vitamin C yang baik, yang terkenal akan dampaknya yang bermanfaat bagi sistem kekebalan tubuh Anda.

Ekstrak kulit anggur telah terbukti melindungi terhadap virus flu dalam penelitian tabung reaksi. Selain itu, senyawa dalam anggur menghentikan penyebaran virus herpes, cacar air dan ragi dalam penelitian tabung reaksi.
Resveratrol juga dapat melindungi terhadap penyakit bawaan makanan. Ketika ditambahkan ke berbagai jenis makanan, itu ditunjukkan untuk mencegah pertumbuhan bakteri berbahaya, seperti E. Coli (target = "_ blank").

Anggur mengandung beberapa senyawa yang telah menunjukkan efek menguntungkan terhadap bakteri, virus, dan infeksi ragi tertentu.

10. Semoga Memperlambat Penuaan dan Mempromosikan Umur Panjang
Senyawa tanaman yang ditemukan dalam anggur dapat mempengaruhi penuaan dan umur. Resveratrol telah terbukti memperpanjang umur di berbagai spesies hewan.

Senyawa ini merangsang keluarga protein yang disebut sirtuins, yang telah dikaitkan dengan umur panjan.

Salah satu gen yang diaktifkan resveratrol adalah gen SirT1. Ini adalah gen yang sama yang diaktifkan oleh diet rendah kalori, yang telah dikaitkan dengan rentang hidup yang lebih lama dalam penelitian pada hewan. Resveratrol juga mempengaruhi beberapa gen lain yang terkait dengan penuaan dan umur panjang.

Resveratrol dalam anggur telah terbukti mengaktifkan gen yang terkait dengan penuaan yang lebih lambat dan umur yang lebih lama.

11. Dapat Mencegah Penyakit Kronis dengan Mengurangi Peradangan
Peradangan kronis memainkan peran penting dalam perkembangan penyakit kronis, seperti kanker, penyakit jantung, diabetes, radang sendi dan penyakit autoimun, hanya beberapa. Resveratrol telah dikaitkan dengan sifat anti-inflamasi yang kuat.

Dalam sebuah penelitian pada 24 pria dengan sindrom metabolik - faktor risiko penyakit jantung - ekstrak bubuk anggur setara dengan sekitar 1,5 cangkir (252 gram) anggur segar meningkatkan jumlah senyawa anti-inflamasi dalam darah mereka.

Demikian pula, penelitian lain di 75 orang dengan penyakit jantung menemukan bahwa mengambil ekstrak bubuk anggur meningkatkan kadar senyawa anti-inflamasi, dibandingkan dengan kelompok kontrol.

Sebuah studi pada tikus dengan penyakit radang usus menunjukkan bahwa jus anggur meningkatkan tidak hanya tanda-tanda penyakit tetapi juga meningkatkan kadar senyawa anti-inflamasi dalam darah.

Anggur mengandung senyawa yang mungkin memiliki efek anti-inflamasi, yang dapat melindungi terhadap penyakit jantung dan usus tertentu.

12. Lezat, Serbaguna dan Mudah Dimasukkan ke dalam Diet Sehat
Anggur mudah dimasukkan ke dalam diet sehat. Berikut ini beberapa cara untuk menikmatinya:
  • Makan anggur polos sebagai camilan.
  • Bekukan anggur untuk hidangan keren.
  • Tambahkan anggur cincang ke salad sayuran atau ayam.
  • Gunakan anggur dalam salad buah.
  • Tambahkan anggur atau jus anggur ke smoothie.
  • Tambahkan anggur ke papan keju untuk hidangan pembuka atau hidangan penutup.
  • Minum jus anggur 100%.
Anggur lezat dan mudah ditambahkan ke diet Anda untuk sarapan, makan siang, makan malam atau hanya sebagai camilan sehat yang nyaman.

Anggur mengandung beberapa nutrisi penting dan senyawa tanaman kuat yang bermanfaat bagi kesehatan Anda. Meskipun mengandung gula, mereka memiliki indeks glikemik yang rendah dan tampaknya tidak meningkatkan kadar gula darah.

Antioksidan dalam anggur, seperti resveratrol, mengurangi peradangan dan dapat membantu melindungi terhadap kanker, penyakit jantung dan diabetes.

Anggur mudah dimasukkan ke dalam makanan Anda, baik segar, beku, sebagai jus atau anggur. Untuk sebagian besar manfaat, pilih segar, merah di atas anggur putih.

0 Response to "12 Manfaat Buah Anggur untuk Kesehatan yang Menakjubkan "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel