Makanan yang Baik dan Buruk untuk Kesehatan Paru Paru

Mempertahankan kesehatan paru-paru sangat diperlukan untuk menghindari gejala-gejala yang terkait dengan gangguan sistem pernapasan seperti TB paru dan lain-lain. 
Makanan yang Menyehatkan Paru-Paru

Karena adanya unsur-unsur beracun dan polusi di lingkungan, dengan tidak mempertahankan gaya hidup sehat dapat menyebabkan terjadinya gangguan pada paru-paru. 


Inilah sebabnya mengapa para ahli gizi menyarankan untuk mengonsumsi makanan yang menjaga kesehatan paru-paru Anda. Pada saat yang sama, mereka juga memperingatkan terhadap makanan yang buruk untuk kesehatan paru-paru.

Karena hal tersebut, di bawah ini merupakan daftar makanan yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan paru-paru dan juga makanan yang tidak baik untuk kesehatan paru-paru kalian. Simak ulasan berikut ini sampai tuntas supaya kalian tahu, makanan apa yang cocok untuk kalian konsumsi setiap harinya.

Makanan yang Menyehatkan Paru-Paru

1. Wortel
Wortel tidak hanya sehat untuk mata Anda, tetapi beta-karoten yang ditemukan dalam sayuran juga bermanfaat bagi kesehatan paru-paru Anda. Beta-karoten diubah menjadi vitamin A yang akan membantu mencegah berbagai penyakit pernapasan seperti asma. 

Inilah sebabnya mengapa ahli gizi menekankan pada konsumsi wortel segar karena mereka sangat bergizi untuk kesejahteraan Anda secara keseluruhan.

2. Apel
Menurut sebuah studi baru-baru ini, makan apel secara teratur dapat menurunkan risiko asma hingga 32%. Jika Anda tidak mengkonsumsinya setiap hari, kemungkinan besar Anda akan mengalami gejala asma. Selain itu, senyawa yang ditemukan dalam apel seperti flavonoid dan khellin dapat secara efektif membuka saluran udara yang memungkinkan Anda bernapas tanpa kesulitan.

3. Blewah
Radikal bebas dapat merusak paru-paru Anda dan untuk mencegahnya menyebabkan penyakit yang melemahkan dan mengerikan seperti kanker paru-paru, Anda perlu memasukkan blewah ke dalam makanan Anda. 

Buah ini ajaib karena serat dan Vitamin C, yang mampu melawan radikal bebas yang mengancam jiwa. Jika Anda memiliki riwayat asma atau masalah pernapasan lainnya, disarankan untuk mulai mengonsumsi melon. Mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C seperti jeruk, lemon, dll dikatakan memiliki efek positif pada paru-paru Anda.

4. Biji rami
Makanan yang diperkaya dengan asam lemak omega-3 dan Magnesium sangat penting untuk menjaga paru-paru yang kuat. Biji rami dapat menjadi sumber yang bagus untuk mengonsumsi senyawa kuat ini. Selain biji rami, Anda dapat mengonsumsi salmon dan ikan berminyak untuk menangkal gejala yang berkontribusi terhadap asma.

5. Kopi
Memang mengherankan namun menarik bahwa minum kopi dapat mencegah masalah pernapasan. Anda dapat mengobati masalah paru-paru seperti peradangan, infeksi atau bahkan gejala asma hanya mengonsumsi satu cangkir kopi hangat secara teratur. 

Namun, tidak ada bukti yang tersedia bahwa apakah mengonsumsi lebih dari satu cangkir akan berdampak buruk pada kesehatan pernapasan Anda atau tidak. Minuman ajaib ini sarat dengan antioksidan dan mineral lain yang diperlukan untuk menjaga paru-paru berfungsi dengan baik.

6. Bawang putih
Ahli gizi merekomendasikan mengonsumsi bawang putih untuk mencegah masalah paru-paru karena sifat anti-inflamasinya. Ini mencegah berbagai peradangan dalam tubuh yang mungkin mempengaruhi paru-paru Anda. 

Memasukkan bawang putih dalam diet pasien asma juga disarankan karena menunjukkan efek positif pada kondisi mereka. Namun, lebih baik berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum memilih untuk pengobatan sendiri.

7. Alpukat
Alpukat adalah salah satu makanan terpenting yang meningkatkan kesehatan pernapasan Anda secara signifikan. Itu dimuat dengan antioksidan yang dikenal sebagai glutathione, yang bertanggung jawab untuk memerangi radikal bebas karena mereka dapat merusak sel-sel penting dalam tubuh Anda. 


Sel yang rusak menyebabkan berbagai masalah kesehatan yang menakutkan dan dapat merusak paru-paru Anda. Karena itu, masukkan setidaknya satu alpukat ke dalam rutinitas harian Anda dan Anda akan merasakan manfaatnya.

8. Kunyit
Kunyit memiliki sejumlah manfaat kesehatan dan pemeliharaan paru-paru adalah salah satunya. Bumbu ini sarat dengan sifat anti-inflamasi yang melindungi paru-paru Anda dari berbagai peradangan yang disebabkan oleh zat beracun. Karenanya, jangan lupa untuk menambahkannya ke makanan Anda dan manfaatkan yang terbaik.

9. Berry
Buah beri, khususnya yang gelap, tidak hanya lezat dalam rasa, tetapi mereka dikemas dengan berbagai sifat dan senyawa sehat. Antioksidan adalah salah satunya dan mengkonsumsi makanan yang mengandung antioksidan diperlukan untuk melawan sel kanker. 

Terlepas dari ini, manfaat kecil yang terkait dengan mengkonsumsi berry adalah bahwa mereka melawan infeksi. Sekarang Anda dapat memiliki pilihan sehat lain untuk dimasukkan ke dalam salad buah Anda.
Makanan yang Baik dan Buruk untuk Kesehatan Paru Paru

Makanan yang Harus Dihindari Penderita Paru Paru

Berikut daftar makanan yang berbahaya bagi kesehatan paru-paru Anda.

1. Telur
Anda mungkin suka memiliki telur saat sarapan tetapi dapat berkontribusi pada masalah paru-paru seperti asma dan dapat menyebabkan berbagai alergi. Reaksi ini biasa terjadi pada anak-anak, tetapi jika gejala alergi parah maka disarankan untuk berhenti mengonsumsi telur dan berkonsultasi dengan dokter Anda. 

Dalam kasus asma, para ahli menyarankan untuk menghentikan konsumsi telur dan juga konsumsi produk yang dibuat dengan telur. Namun, jangan mencoba untuk mengobati asma Anda dengan obat-obatan dan selalu berkonsultasi dengan dokter Anda dalam hal ini.

2. Kacang
Kacang adalah makanan sehat namun enak, tetapi tidak semua orang bisa mengkonsumsinya karena kenikmatan alam dapat memiliki efek merusak pada paru-paru. 

Kacang memiliki komponen yang dapat memicu reaksi alergi sehingga lebih baik untuk menghindari mengkonsumsi kacang atau produk yang dibuat dengan itu setelah Anda mengetahui tentang alergi Anda. Menurut beberapa penelitian, kacang tanah dapat memiliki efek negatif bagi penderita asma.

3. Garam
Anda tidak dapat membayangkan menyiapkan makanan tanpa menambahkan garam ke dalamnya, tetapi bagi sebagian orang, menambahkan garam adalah hal yang tidak boleh. Garam mengandung properti yang tidak menguntungkan semua orang. 

Jika Anda menderita masalah pernapasan, disarankan untuk membatasi asupan garam. Mengkonsumsi garam selama kondisi itu berkontribusi terhadap peradangan yang disebabkan oleh retensi cairan. Menurut para ahli, orang yang memiliki gejala asma harus mengonsumsi natrium dalam jumlah lebih sedikit.

4. Kerang
Kerang adalah makanan lain yang berkontribusi terhadap masalah paru-paru. Ini juga bertanggung jawab untuk menyebabkan alergi pada anak-anak dan orang dewasa karena komponen yang dimilikinya. Selain kerang, ahli gizi juga memperingatkan terhadap makanan laut seperti udang karang, kepiting, udang, dll untuk mencegah orang berurusan dengan masalah paru-paru.

5. Anggur
Menurut ahli gizi, anggur berbahaya bagi paru-paru Anda dan dapat menyebabkan pengembangan gejala asma. Ini mengandung bahan pengawet yang disebut sebagai sulfit, yang dapat menyebabkan masalah paru-paru yang serius. Jika Anda seorang peminum anggur, Anda perlu membatasi asupannya untuk melindungi paru-paru Anda dari kerusakan parah.


Paru-paru Anda membuat Anda bernapas dengan baik dan mudah; membebani mereka dengan membuat pilihan gaya hidup yang buruk dapat menyebabkan kerusakan permanen saat Anda tumbuh dewasa. 

Plus, Anda tidak ingin bergantung pada obat yang diresepkan untuk penyakit pernapasan sejak dini. Obat-obatan dapat menyebabkan timbulnya efek samping yang signifikan yang pada gilirannya dapat menyebabkan komplikasi kesehatan lainnya. 

Jadi, tetaplah pada makanan yang disebutkan sebelumnya dan cobalah untuk menghindari makanan yang dapat menyebabkan kerusakan paru-paru yang signifikan.

0 Response to "Makanan yang Baik dan Buruk untuk Kesehatan Paru Paru"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel