Cara Agar Bisa Tidur Cepat dan Nyenyak di Malam Hari yang Efektif

Ketika sudah memasuki umur 18-64 tahun, tubuh kita akan membutuhkan istirahat minimal 7-9 jam sehari. Dalam satu hari, idealnya 1/3 waktu kita habiskan untuk tidur. Namun kalau kalian merasa susah tidur, berikut adalah beberapa cara agar bisa tidur cepat dan nyenyak yang bisa kalian terapkan. 
Cara Agar Bisa Tidur Nyenyak dengan Cepat di Malam Hari

Meskipun tidur cuma terlihat berdiam diri saja dan tidak melakukan kegiatan apa pun, akan tetapi tidur memiliki peran yang sangat penting untuk menjaga kesehatan dan tubuh kita.

Ketika kita sedang tidur, otak akan bersiap-siap untuk bekerja kembali di esok hari. Dengan begitu, kita pun akan dapat berpikir, bekerja, belajar dan memroses informasi secara lebih baik. 
Tidur juga dapat memperbaiki serta menyembuhkan pembuluh darah dan jantung kita, menjaga keseimbangan hormon, memengaruhi terhadap hormon insulin, mendukung perkembangan dan pertumbuhan tubuh, membantu dalam memperbaiki jaringan dan sel yang rusak dan akan memengaruhi sistem imun tubuh kita.

Cara Agar Bisa Tidur Nyenyak dengan Cepat di Malam Hari

  • Tidur pada Jam yang Sama Tiap Malam
Cobalahlah kalian terapkan hal ini, dengan tidur dan bangun dia jam yang sama akan memberi sinyal ke otak untuk beristirahat ketika memasuki jam yang biasa kita tidur, dan dengan begini akan membantu kita untuk cepat terlelap.
  • Matikan Gadget atau Peralatan Elektronik
Cara cepat tidur yang nyenyak berikutnya adalah dengan mematikan semua peralatan elektronik kamu 1,5 jam sebelum kalian tidur.

Dan kalau kalian terbangun di tengah malam, jangan menghidupkan atau main gadget kalian. cahaya lampu yang dipancarkan oleh perangkat elektronik dapat menurunkan produksi hormon melatonin ( hormon tidur).
  • Jangan Makan Makanan Berat 
Mengonsumsi makanan yang tinggi lemak akan memicu kalian alergi dan dapat memnimbulkan peradangan. Hasilnya, tubuh kalian akan bekerja lebih ekstra keras dan akan membuat kalian menjadi susah tidur.
  • Mandi Air Hangat
Salah satu cara untuk tidur cepat dan nyenyak yang paling efektif adalah mandi air hangat di malam hari. Setelah mandi, tubuh kita akan merasa lebih rileks, sehingga bisa membantu kita tidur lebih cepat dan nyenyak.
  • Mengonsumsi Karbohidrat
Mengonsumsi karbohidrat 4 jam sebelum tidur bisa membuat kalian terlelap lebih cepat dan lebih nyenyak pada malam hari. Karbohidrat mampu meningkatkan hormon tryptophan dan serotonin yang akan membuat kalian menjadi mengantuk.
  • Minum Susu 
Susu hangat sebelum tidur adalah resep yang sudah dipercaya secara turun temurun untuk membuat tidur kalian lebih nyenyak dan lebih cepat. 

Dalam susu mengandung protein α-laktalbumin. Protein ini memiliki kandungan triptofan asam amino yang tinggi, yang dapat menghasilkan hormon melatonin (hormon tidur). 

Baca Juga: cara mengatasi Insomnia

Makanan yang memiliki triptofan yaitu putih telur dan biji labu dan makanan ini sangat direkomendasikan bagi yang memiliki insomnia. Kalsium dalam susu juga akan memberi manfaat dalam penyerapan triptofan kedalam otak
  • Meditasi 
Terkadang otak Anda membutuhkan sedikit bantuan dan bimbingan untuk tertidur, dan meditasi adalah tren tidur yang diakui banyak orang sangat membantu. 

Sebuah riset tahun 2015 di JAMA menemukan bahwa meditasi penuh membantu memperbaiki kualitas tidur pada orang dewasa dengan mengurangi "kekhawatiran, kebimbangan, dan gangguan suasana hati."
  • Dengarkan Musik Berirama Pelan.
Mendengarkan musik bisa menjadi cara jitu untuk membuat kalian cepat mengantuk. Pilih musik beritme lembut dan putar dengan volume sedang. Menurut penelitian, musik dengan tempo lambat 60 hingga 80 beat tiap menit bisa meningkatkan kualitas tidurmu.
  • Hindari Konsumsi Kafein atau Alkohol sebelum Tidur
Mengonsumsi kafein sebelum tidur malam akan membuat kalian terjaga sepanjang malam. Sabaiknya kalian hindari minuman yang mengandung kafein dan alkohol untuk bisa tidur dengan cepat dan nyenyak.

Wajib Baca: Bahaya Minum Alkohol yang Akan Menjemput Kalian

Nah itulah tadi ulasan tentang cara agar bisa tidur cepat dan nyenyak dimalam hari yang sering saya terapkan pada diri saya, karena saya jua termasuk kedalam susah tidur dimalam hari. Semoga cara diatas juga efektif untuk kalian.

0 Response to "Cara Agar Bisa Tidur Cepat dan Nyenyak di Malam Hari yang Efektif"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel