Tips Ampuh Agar Tahan Puasa Seharian yang Efektif

Tidak terasa sudah masuk bulan Ramadhan lagi, tentunya ini merukan suatu hal yang sangat kita nanti-nanti kan dalam hidup di sepajang tahun. 

Kenapa tidak, bulan ini merupakan bulan yang penuh berkah dan merupakan bulan dimana kita disucikan kembali dari dosa-dosa yang sudah kita perbuat. Satu hal lagi disaat buan Puasa, Kita merasa bahagia tanpa sebab yang jelas disaat bulan Ramadhan tiba.
Cara Agar Kuat Puasa Seharian

Ketika berpuasa kita diwajibakan untuk menahan makan dan minum yang dimulai dari imsak sampai magrib tiba. 

Bukan hanya makan dan minum saja yang harus dijaga disaat kita berpuasa, tapi hati, pikiran nafsu semua harus di jaga, kita harus benar-benar suci ketika menjalani puasa. 


Oleh Sebab itu supaya tubuh tetap segar bugar, pada kali ini kita akan membahas tips agar tahan puasa seharian dan ibadah pun lacar serta tubuh menjadi lebih sehat lagi.

Cara Agar Kuat Puasa Seharian

  • Hindari Makanan yang Lembek saat Sahur dan Makan Pisang.
Agara anda tidak cepat lapar, sebaiknya saat sahur memilih makanan yang bertekstur keras dan hindari makanan yang lembek seperti bubur. 

Selain itu, usai makan sahur disarankan untuk mengkomsi 1 atau 2 buah pisang masak sebagai cuci mulut pisang. 
Selain dapat mencegah perut terasa cepat lapar disaat melakukan ibadah puasa tentunya bisa menambah energi ketika ber-aktivitas seperti biasanya karena pisang mengandung serat dan mampu mencegah lapar disaat berpuasa.
  • Perbanyak Meminum Air Putih.
Cairan adalah salah satu hal yang diperlukan tubuh untuk memperlancar proses proses yang terjadi pada tubuh kita. Silahkan perbanyak minum air putih pada saat sahur dan buka puasa. 

Tak perlu terlalu banyak, tapi bertahap. Seperti ketika selesai shalat tarawih kita sediakan botol berisi air putih untuk kita minum, selang 10 menit kita minum lagi dan seterusnya.
  • Meminum susu di waktu usai makan sahur.
Meminum segelas susu di waktu sahur sama halnya memakan sepiring nasi nah biasakan keluarga anda meminum susu waktu makan sahur untuk mencegah terjadinya lapar disaat melaksanakan ibadah puasa sebab dapat meningkatkan metabolisme tubuh walaupun disaat melaksanakan puasa.
  • Minumlah Madu Saat Selesai Makan Sahur.
Madu memiliki kandungan protein yang tinggi yang baik untuk tubuh. Kandungan gula yang juga ada di dalam madu mampu menambah asupan energi, apalagi saat menjalankan akttivitas selama menjalankan puasa. 

Minumlah sesendok madu seusai makan sahur. Selain mampu meningkatkan stamina disaat berpuasa, juga madu mampu mengobati kerongkongan yang kering dan mengatasi bibir yang pecah-pecah disaat menjalani ibadah puasa.
  • Komsumsi sayur-sayuran.
Sayuran sangat banyak jenisnya maka bijaksanalah dalam memilih menu makanan disaat makan sahur masaklah sayuran dengan menu yang tidak fakum alias itu-itu saja.
Menu makanan berbentuk jenis sayuran usahakan sayur bening yang bervariasi hingga tidak membosankan takkala di santap waktu sahur untuk mencegah lapar dan haus di saat menjalani puasa.
  • Tidak Minum Kopi Saat Sahur
Orang Indonesia sangat menggemari minum teh atau kopi di pagi hari. Nyatanya, kopi mengandung zat diuretik (peluruh kencing) yang dapat membuat tubuh menjadi cepat dehidrasi karena selalu ke kamar mandi. Jadi, hindari minuman ini ya.
  • Makan Sup Daging.
Sup daging di makan ketika makan sahur ternyata mampu mengurangi rasa lapar disebabkan protein yang ada di dalam sup daging yang akan menyeimbangkan kondisi tubuh yang seharian tidak menerima makanan dan minuman sup daging adalah salah satu cara untuk mencegah cepat lapar dan haus disaat berpuasa.
  • Konsumsi Air Kelapa Setelah Berbuka.
Tidak hanya saat sahur, untuk menghindari haus, minuman saat berbuka juga harus diperhatikan. Konsumsi air kelapa ternyata cukup membantu menghilangkan rasa haus dan mengganti konsumsi air yang hilang setelah 14 jam lebih berpuasa seharian.
  • Perbanyak Konsumsi Vitamin C.
Vitamin C terbukti ampuh untuk menjaga kesegaran tubuh dan menjauhkan Anda dari rasa haus saat berpuasa. Hal ini disebabkan vitamin C dapat menyegarkan tubuh dan mencegah dehidrasi
  •  Alihkan Perhatian dari Rasa Lapar dan Haus.
Jika merasa lapar atau haus, cobalah untuk mengalihkan perhatian dengan cara tarik nafas dalam-dalam dan keluarkan melalui hidung perlahan-lahan. 

Bayangkan sesuatu yang membuat perasaan Anda tenang dan nyaman atau lakukanlah sesuatu yang bisa mengusir rasa lapar dan haus, seperti mengerjakan tugas.
  • Membaca Al-Qur'an
Membaca Al-Qur'an akan membuat suasana hati dan pikiran menjadi tenang tentram dan damai, dan akan mengurangi rasa haus dan lapar kita saat berpuasa. Jadi banyak-banyaklah membaca Al-Qur'an di bulan Ramadhan karena pahala yang diberikan Allah SWT. Berlipat-lipat ganda.

Nah sekian tips untuk kuat berpuasa seharian dari saya, semoga bisa bermanfaat untuk kita semua.

0 Response to "Tips Ampuh Agar Tahan Puasa Seharian yang Efektif"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel