Bahaya Kerja Shift Malam untuk Kesehatan, 1-4 Harus Sangat Berbahaya!

Kerja merupakan suatu hal yang harus dilakukan oleh semua orang untuk bisa memenuhi kebutuhan hidupnya. Banyak pekerjaan yang bisa dilakukan dengan jadwal kerja yang berbeda-beda. Jam kerja (shift), waktu lembur dan waktu istirahat kerja itu sudah diatur didalam Undang-Undang tentang Ketenagakerjaan. 

Efek Kerja Shift Malam Bagi Kesehatan Tubuh

Akan tetapi ada beberapa orang yang bekerja sampai lupa untuk istirahat, sehingga hal ini menimbulkan bahaya kerja shift malam untuk kesehatan yang sangat merugikan. simak ulasan berikut ini sampai tuntas supaya bisa tau apa-apa saja bahaya shift malam untuk kesehatan serta cara mengurangi dan makanan yang baik untuk pekerja shift malam supaya terhindar dari beberapa penyakit, seperti kanker, diabetes, obesitas dan lain-lain.

Efek Kerja Shift Malam Bagi Kesehatan Tubuh

  • Meningkatkan Resiko Kanker
Sebuah penelitian dalam International Journal of Cancer mengatakan bahwa bekerja di shift malam bisa meningkatkan risiko kanker payudara sampai 30% untuk wanita. Hal ini disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon didalam tubuh, seperti hormon melatonin yang normalnya diproduksi ketika seseorang tidur. Tapi akibat kerja, tubuh tidak memproduksi hormon melatonin sehingga mengalami peningkatan risiko terkena kanker.
  • Memicu Diabetes dan Obesitas
Tidur dibawah waktu normal (6-8 jam) akan memicu terjadinya obesitas. Bukan hanya itu saja, sebuah hasil dari meta-analisis pada Occupational and Environmental Medicine mengatakan bahwa kerja shift dengan jadwal yang tidak menentu atau berubah-ubah, bisa meningkatkan risiko diabetes tipe 2. Peningkatan resiko ini mencapai 42%, karenna fungsi insulin ikut terganggu disebabkan oleh jam biologis tubuh yang diubah-ubah, sehingga menyebabkan terjadinya resisten insulin.
  • Berisiko Terkena Penyakit Jantung
Bekerja shift malam juga bisa meningkatkan risiko terkena penyakit jantung, menurut penelitian dalam British Medical Journal.  Peningkatan risiko penyakit jantung terjadi pada 7% pekerja pada malam hari.
  • Mudah Cedera
Menurut penelitian dari University of British Columbia, bahaya kerja shift malam hari, bisa membuat seseorang untuk mudah cedera. Hal itu disebabkan oleh jam tidur yang tidak teratur dan terus berubah-ubah, sehingga seseorang akan selalu terasa letih dan lemas dan berisiko terjadi cedera ketika kembali masuk bekerja.
  • Menyebabkan Depresi
Berbagai penelitian membuktikan bahwa bekerja di malam hari memberikan dampak buruk terhadap kesehatan mental, seperti depresi. Shift malam akan meningkatkan risiko perubahan kondisi labil dan suasana hati seseorang.
  • Mengganggu Fungsi Otak
Penelitian yang publikasikan dalam jurnal Occupational and Environmental Medicine membuktikan bahwa orang yang bekerja dalam rotasi shift selama satu dekade, memiliki usia otak enam tahun lebih tua daripada normalnya. Kemunduran kemampuan otak ini bisa dinormalkan kembali ketika orang tersebut sudah tidak bekerja shift, tapi butuh waktu kurang lebih 5 tahun untuk bisa normal kembali.
  • Mengganggu Jadwal Tidur
Sebuah penelitian mengungkap sebuah fakta, yaitu orang yang bekerja shift cenderung membuat waktu tidurnya hanya 6 jam dalam sehari. Bukan cuma itu saja, kualitas tidur juga bisa menurun kerena jadwal kerja yang tidak beraturan yang selalu berubah-ubah.

Dalam penelitian lain mengatakan bahawa, pekerja shift mempunyai kadar hormon serotonin yang lebih rendah dari normalnya. Sehingga, kualitas dan jadwal tidur terganggu karena pekerjaannya itu.
  • Perubahan Metabolism
Bekerja di malam hari membuat hormon leptin menurun dari jumlah normalnya. Hormon leptin ini berfungsi untuk mengontrol gula darah, berat badan dan kadar insulin. Perubahan hormon leptin akan berdampak buruk untuk metabolisme, sehingga bisa menyebabkan berbagai macam penyakit kronis menyerang dengan mudah.


Bahaya Kerja Shift Malam untuk kesehatan tubuh

Bahaya Kerja Shift Malam bagi Wanita Hamil

Sebuah studi dari Denmark mengungkapkan sebuah fakta, yaitu wanita hamil yang bekerja shift malam memiliki risiko keguguran sebesar 85% lebih tinggi daripada pekerja normalnya. Bahkan, dalam sebuah riset pada tahun 2010 di Italia menunjukan hubungan antara bekerja shift, berat bayi lahir rendah dan risiko kelahiran dini.

Menurut data yang dikumpulkan dari US Nurses Health Study yang meliputi 240.000 perawat dan diamati selama 30 tahun, memperlihatkan bahwa perempuan yang bekerja shift malam selama beberapa tahun akan mempunyai risiko lebih tinggi mengidap kanker usus besar, kanker payudara dan kanker endometrium.

Tips Sehat untuk Shift Malam

  • Sediakan Makanan Sehat di Rumah
Selalu sediakan makanan yang sehat, seperti sayuran dan buah-buahan dari rumah. Sehingga disaat kaliann lapar, pilihan kalian hanya tertuju pada makanan yang sehat tersebut. Jika kalian mengantuk serta lapar pada shift malam hari, kalian bisa makan buah-buahan yang lebih sehat daripada memilih makanan instan yang sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh dan memperparah resiko bahaya kerja shift malam.
Tips Sehat untuk Shift Malam


  • Siapkan Makanan Sebelum Masuk Shift
Tujuannya disaat kalian pulang dan lapar, kalian bisa langsung mengonsumsi makanan tersebut. karena disaat kita pulan kerja, kita pasti malas masak dan lemas karena capek kerja.
  • Makanlah Sebelum Kalian Bekerja
Sebelum kalian masuk shift malam, seebaiknya kalian makan terlebih dahulu, karena kalau besar di malam hari bisa menyebabkan heartburn, perut bergas dan konstipasi atau sembelit. Makan dimalam hari juga akan membuuat kalian ngantuk dan mengganggu aktivitas kalian.
  • Luangkan Waktu untuk Makan
Walaupun sedang mengejar dadline, tetapi waktu untuk makan tetap harus ada, karena waktu makan hanya butuh 1 jam, tetapi kalau sudah sakit, waktu pengobatannya butuh waktu berhari-hari.
  • Makan Camilan Sehat Sebelum Tidur
Terkadang kalian akan terasa sulit untuk tidur ketika lapar ataupun terlalu kenyang. Nah setelah kita bekerja kita pasti lemah dan merasa lapar, sebaiknya kalian makan makanan kecil, seperti buah-buahan, minum jus dan susu. jangan juga terlalu banyak makan sebelum tidur, karena sangat berbahaya untuk kesehatan.
  • Kurangi Makan Makanan Berlemak, Digoreng ataupun Makanan Pedas
Makanan ini bisa menyebabkan gangguan pencernaan karena makanan tersebut sangat sulit dicerna oleh tubuh. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan berlemak juga akan meningkatkan risiko diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.
  • Kurangi Juga Minuman dan Makanan Manis
kalian mungkin akan selalu memilih minuman ataupun makanan manis untuk menunjang rasa lapar kalian, tapi hal ini tidak dianjurkan, karena bisa merusak lambung kalian kalau tidak ada makanan netral dalam lambung.
  • Banyak Minum Air Putih
Hal ini bertujuan untuk mencegah kalian dari dehidrasi sehingga kalian bisa tetap fokus dan tidak akan merasa lelah saat bekerja.

Nah itulah tadi ulasan tentang bahaya kerja shift malam untuk kesehatan dan tips sehat untuk mengurangi dampak negatif kerja dimalam hari. Hidup sehat itu mudah dan murah tapi kalau untuk sakit untuk sehat itu sudah lebih mahal dari emas berlian, jadi jagalah kesehatan kalian sebelum kalian sakit.

2 Responses to "Bahaya Kerja Shift Malam untuk Kesehatan, 1-4 Harus Sangat Berbahaya!"

  1. Saya adalah salah satu orang yang bekerja dengan shift. Untuk itu saya puding aga stamina tetap bugar.

    ReplyDelete
  2. iya puding sudang mengandung susu ya g lumyan tinggi, sehingga bagus juga

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel