Cara Menjaga Kesehatan Saat Begadang, Wajib Diketahui!

Ujian akhir, tugas sekolah, proyek kampus sampai deadline kantor, semua itu mempunyai satu kesamaan, yaitu semuanya memaksa kita harus kerja lembur dan begadang sampai tengah malam bahkan terkadang sampai pagi.
Cara Agar Tetap Sehat Walau Sering Begadang

Memotong waktu tidur itu sebenarnya tidaklah sehat. Efek bergadang dari mood buruk, membuat keputusan yang tidak optimal dan fungsi kognitif sampai berujung pada obesitas ataupun diabetes. Lalu, solusinya apa? Jangan begadang. Tapi, hal ini tidak selalu menjadi jalan keluar terbaik kita. Terkadang, begadang semalaman merupakan satu-satunya pilihan yang kita punya untuk menyiapkan semua tugas yang sedang kita kerjakan. 


Bagaimanapun juga, kalian tetap harus ingat bahwa kurang tidur bisa membawa efek yang buruk untuk tubuh kita. Oleh sebab itu kita perlu mengatahui cara menjaga kesehatan saat begadang supaya terhindar dari berbagai penyakit dan pekerjaanpun menjadi lancar Kalau memang kalian terpaksa harus begadang, ayo kita lakukan dengan cara yang sehat, supaya tidak menimbulkan efek yang berbahaya dari begadang.

Cara Agar Tetap Sehat Walau Sering Begadang

  • Tidur Siang Sebelum Begadang
Sebelum begadang usahakan untuk tidur siang, supaya waktu istirahat untuk tubuh kita itu terpenuhi, setidaknya kalian siang bisa tidur 20-30 menit di sela-sela kesebukan kalian. Dengan kalian memenuhi kebutuhan tidur kalian dengan dengan tidur siang, maka tubuh kalian tidak akan drop saat kalian begadang dimalam hari dan juga bisa mengatasi kekurangan waktu tidur kalian.
  • Nyalakan Lampu Terang
Kegelapan di malam hari itu yang akan membantu tubuh akan memproduksi hormon melatonin, dimana hormon ini yang membuat kita mengantuk. Jika kalian ingin begadang semalaman, sesuaikan lingkungan kerja kalian seterang mungkin. 

Cahaya mempunyai efek yang kuat pada jam internal tubuh. Sinar yang terang bisa memanipulasi sistem tubuh serta membuatnya untuk mengira bahwa sekarang belum saatnya untuk kalian tidur.
  • Boleh Ngopi, Tapi Jangan Lebih dari 2 Gelas
Minum kopi lebih dari 2 gelas saat begadang bukannya meningkatkan konsentrasi kalian, akan tetapi malahan akan membuat kalian gelisah serta hilang fokus. Kalau kalian sudah tahu kapan kalian akan begadang. 

Siang hari sebelum begadang, kalian bisa minum satu gelas kopi sebelum tidur siang. Minum kopi sebelum tidur siang bisa menghilangkan efek inersia tidur (teler setelah bangun tidur). Selama kalian begadang, ganti kopi hangat kaian dengan air putih yang banyak.

Kafein memiliki efek yang kadang berguna untuk otak kita. Tetapi, kalau kalian mengonsumsi kafein dengan rutin dan berulang, lama-kelamaan tubuh dan pikiran kalian akan kebal terhadap kafein, sehingga efek dari kafein tidaklah optimal lagi disaat kalian membutuhkannya di waktu yang penting.
  • Pilih Camilan yang Tinggi Protein
Tubuh kita membutuhkan sesuatu untuk dibakar supaya kita bisa terjaga sepanjang malam, khususnya kalau kalian sedang mengerjakan pekerjaan yang memerlukan kerja otak intensif, seperti menyusun skripsi ataupun proyek kantor. Ngemil merupakan ide yang bagus.

Pilih camilan yang akan memberikan energi yang bisa tahan lama yaitu cemilan yang mengandung protein murni, seperti greek yogurt, protein shakes, topping buah-buahan dan irisan apel yang diolesi dengan selai kacang serta makanan yang tinggi protein lainnya.
  • Aktif Bergerak, Jangan Duduk Diam
Jika kalian mengerjakan pekerjaan di meja, maka sering-seringlah bangun serta jalan-jalan sebentar. Jalan-jalan 10 menit bisa meningkatkan energi yang dibutuhkan untuk 2 jam selanjutnya, Kalau hanya dibandingkan dengan mengonsumsi energi baru atau cokelat batangan. Oleh sebab itu, istirahatlah sebentar setiap kali kalian sudah mulai terasa ngantuk dan berjalanlah sebentar.

Ketika kalian mengeluarkan energi fisik, tubuh akan memberi sinyal ke otak untuk mengingatkan supaya otak bisa tetap fokus dan waspada, dan tidak terhanyut dalam rasa ngantuk. Selain dari itu, pasokan oksigen ke otak yang terus terjaga bisa membantu kemampuan otak kalian untuk belajar serta menyimpan informasi, dan meningkatkan pemikiran kreatif kalian.
  • Atur Suhu Ruangan
Suhu ruangan paling pas bagi kalian untuk terlelap tidur yaitu 18-20 C. Kalau kalian ingin terjaga sepanjang malam, atur suhu ruangan supaya tidak terlalu dingin dan juga jangan sampai bikin gerah.
  • Hindari Minuman Penambah Energi
Akan lebih sehat untuk minum air putih, disamping juga tentunya mengehemat uang Anda. Adapun minuman berenergi ini memang cukup lezat dan memberikan efek agar Anda tetap bisa terjaga di malam hari
  • Jangan Lupa Berolahraga
Hal ini agar tubuh kalian bisa terus vit walaupun dalam kondisi begadang, olahraga berguna agar tubuh tidak gampang lemas, selain itu juga berguna untuk menjaga kesehatan organ jantung, dan juga mencegah masalah obesitas.

Beberapa jenis olahraga yang dapat kalian lakukan yaitu joging, renang, push-up, sit-up ataupun berbagai macam jenis olahraga lainnya.
  • Jangan Langsung Mandi Setelah Begadang 
Mandi pagi memang bagus untuk kesehatan dan kesegaran tubuh. Tapi jika kalian  begadang, lebih baik hindari langsung mandi setelah begadang pada pagi harinya. Apalagi bila ditambah dengan keramas, yang akan menyiram berkali-kali kepala, maka hal ini bisa memicu masalah yang buruk seperti sakit kepala dan juga flu.

Selain itu, saat pagi hari tentunya mengantuk karena begadang. Kalian bisa mandi setelah tidur sejenak untuk menghindari mandi sambil mengantuk.
  • Selalu Jaga Pola Makan
Dimana begadang seringkali mengakibatkan pola makan menjadi berantakan, seperti terlambat makan ataupun sebaliknya (mudah sekali lapar ketika begadang). Hal ini akhirnya membuat pola makan menjadi tidak sehat, serta beresiko tinggi mengkonsumsi makanan terlalu banyak dalam satu waktu, yang tentunya ini tidak sehat.

Untuk mengatasinya cukup mudah, yaitu Anda cukup makan malam terlebih dahulu sebelum melakukan aktivitas di waktu begadang Makanan yang Anda konsumsi utamakan sayuran dan buah yang sehat dan kaya akan kandungan vitamin.  Jika ingin ngemil, maka ambilah camilan yang sehat dan bergizi. Selain itu batasi konsumsi camilan.

Tidak apa begadang sesekali untuk mengerjakan apa yang diperlukan. Tapi, jangan sampai menjadi kebiasaan karna bisa membahayakan kesehatan tubuh kalian. Oleh sebab itu kita perlu cara menjaga kesehatan saat begadang supaya terhindar dari berbagai efek negatif begadang.   

0 Response to "Cara Menjaga Kesehatan Saat Begadang, Wajib Diketahui!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel