Cara Mencegah Osteoporosis Sejak Dini

Osteoporosis adalah penyakit yang ditandai dengan penurunan kepadatan tulang, dimana tulang menjadi berpori, sehingga penderita osteoporosis sangat mudah terhadap traum dan fraktur tulang. Seiring dengan bertambahnya usia seseorang, semakin besar resiko untuk mengalami osteoporosis. 
penyebab dan jenis-jenis osteoporosis

Wanita yang sudah memasuki usia menopause, lebih sering mengalami osteoporosis dibandingkan dengan laki-laki. Penyebab osteoporosis utama dari penyakit ini adalah kekurang zat mineral kalsium, oleh karena itu cara mencegah osteoporosis sejak dini adalah dengan memenuhi kebutuhan kalsium sejak usia masih dini.

Penyebab Osteoporosis
  • Kekurangan hormon estrogen pada wanita serta kekurangan hormon androgen pada laki-laki.
  • Kekurangan asupan kalsium serta asupan vitamin D dalam tubuh
  • Penyebab penyakit osteoporosis bisa juga oleh kanker tulang dan kurang latihan fisik akan mengakibatkan berkurangnya kepadatan tulang.
Tanda dan Gejala Osteoporosis
  • Nyeri punggung
  • Hilangnya tinggi badan seiring dengan berjalannya waktu
  • Postur tubuh membungkuk
  • Fraktur tulang (patah tulang) terjadi lebih mudah dari yang diprediksikan
Jenis-Jenis Osteoporosis
  • Osteoporosis setelah Menopause
Ciri-cirinya jenis yang ini adalah terjadinya perubahan pada tulang belakang yang menyebabkan sakit parah serta fraktur tulang.
  • Osteoporosis Senile 
Jenis osteoporosis ini muncul pada orang tua dengan yang usia sudah lebih 75 tahun dan umumnya sering terjadi fraktur tulang panggul.
  • Osteoporosis Sekunder 
Disebabkan karena adanya gangguan endokrin, seperti hipertiroidisme dan diabetes dan bisa juga diakibabtkan oleh penyakit sistemik, seperti terapi yang berbeda, leukemia dan obat kortikosteroid.


Cara Melakukan Pecegahan Osteoporosis Sejak Usia Dini

  • Banyak Mengkonsumsi Kalsium
Salah satu cara mencegah osteoporosis dini adalah dengan banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium. Dalam sehari, sebaiknya wanita mengkonsumsi susu bagi tulang ataupun susu yang tinggi kalsium. Susu biasa tidak dapat menjaga kesehatan dan kepadatan tulang, terutama untuk wanita yang sudah memasuki usia paruh baya.
Cara mengatasi Osteoporosis Sejak Dini

Bukan hanya wanita saja, tapi pria juga diwajibkan mengkonsumsi susu tinggi kalsium, terutama bagi laki-laki yang pekerja keras, seperti kerja bangunan dan kerja angkat beban lainnya. Mengkonsumsi buah yang tinggi kalsium juga sangat disarankan untuk memenuhi kebutuhan kalsium dalam tubuh.
  • Mengkonsumsi Vitamin D
Vitamin D merupakan salah satu vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kepadatan serta kekokohan tulang. Bukan itu saja, asupan makanan yang mengandung vitamin D dalam jumlah cukup bisa membantu kinerja tulang untuk menyerap kalsium dalam tubuh.
  • Olahraga
Penderita osteoporosis yang sudah mengalami pengeroposan tulang serta pengapuran tulang sangat tidak dianjurkan melakukan olahraga berat. Karna dapat mengakibatkan kondisi tulang akan bertambah buruk.

Olahraga yang disarankan untuk penderita osteoporosis yaitu jalan sehat serta jogging. Kedua olahraga ini sangta baik untuk penderita osteoporosis dan merupakan cara untuk mencegah osteoporosis. Dengan melakukan olahraga jalan santai dan joging dengan rutin, maka tulang akan padat dan kuat sehingga tercegah dari terjadinya bungkuk.
  • Mengkonsumsi Makanan Sehat
Ada bermacam jenis makanan sehat yang bisa kita konsumsi untuk kepadatan serta kekuatan tulang terjaga. Seperti ikan, daging unggas,  telur, kacang-kacangan, sayur-sayuran, buah-buahan, ragi, omega 3 dan lain-lain.
  • Pola Hidup Sehat
Gaya hidup sehat dengan menjauhi alkohol,  menjauhi rokok dan narkoba.
  • Hindari Makanan Berlemak
Makanan yang banyak mengandung lemak, sebaiknya dihindari supaya bisa terhindar dari penyakit osteoporosis. Hal ini dikarenakan, lemak dapat menghambat penyerapan kalsium, karena lemak bersifat mengikat kalsium.
  • Hindari Diet Esktrem
Ketika diet ekstrem, kebutuhan asupan nutrisi dalam tubuh sedikit. Sedangkan nutrisi tersebut dibutuhkan untuk menjaga kepadatan dan kekuatan tulang. Kalau nutrisi dalam tubuh tidak tercukupi, Maka tulang akan rentan pengapuran tulang dan juga terkena pengeroposan.
  • Konsumsi Suplemen Kalsium
Wanita yang alergi terhadap susu, kalian bisa memenuhi kebutuhan kalsium dalam tubuh dengan mengkonsumsi suplemen kalsium untuk mencegah osteoporosis, tapi jangan sampai berlebihan.
  • Sinar Matahari
Sinar matahari pagi hari sampai jam 08.00 tinggi kandungan vitamin D. Oleh karena itulah, wanita diasarankan untuk dapat menyerap vit-D yang diberikan oleh sinar matahari tersebut.
  • Vitamin C
Buah yang memiliki rasa asam adalah buah yang mengandung vit C . Selain bisa menguatkan sistem imun tubuh, vit C juga dapat berfungsi untuk menguatkan tulang.
  • Vitamin K
Vitamin K bermanfaat untuk mencegah osteoporosis. Vitamin K banyak terdapat pada sayuran hijau seperti kangkung, sawi dan bayam.

Nah itulah tadi pembahasan tentang cara mencegah osteoporosis yang bisa kalian lakukan sejak dini, hidup sehat itu sangatlah mudah. Jaga kesehatan kamu sebelum kamu sakit, kalau sudah sakit, untuk sehat itu sangat mahal.

1 Response to "Cara Mencegah Osteoporosis Sejak Dini"

  1. Perlu banget diperhatikan ini biar tulang kita kuat sekuat macan hehe

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel