10 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Gaya hidup Anda dan pilihan makanan Anda dapat memengaruhi cara tubuh Anda mencerna apa yang Anda makan. Air minum, menambahkan serat, dan berolahraga semuanya berkontribusi untuk kesehatan pencernaan yang lebih baik.

10 Tips untuk Meningkatkan dan Menjaga Kesehatan Pencernaan Anda

Selain membuat pilihan makanan yang baik, makan dengan jadwal teratur, tetap terhidrasi, dan berolahraga cukup adalah faktor-faktor dalam cara menjaga kesehatan pencernaan terpenuhi.

Sistem pencernaan Anda memecah makanan yang Anda makan menjadi nutrisi yang dibutuhkan tubuh Anda. Jika Anda mengabaikan kesehatan pencernaan Anda, tubuh Anda bisa mengalami masalah dalam menyerap nutrisi tersebut.

10 Tips untuk Meningkatkan dan Menjaga Kesehatan Pencernaan Anda

Kesehatan pencernaan Anda secara langsung dipengaruhi oleh makanan yang Anda makan dan gaya hidup Anda. 

Dengan mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan kesehatan pencernaan Anda, Anda akan membantu sistem pencernaan Anda berfungsi lebih efisien, meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan dan rasa sejahtera.

1. Makan diet tinggi serat
Menurut Maria Adams, RD, MPH , seorang konsultan nutrisi di Marblehead, Massachusetts, mengonsumsi makanan yang tinggi serat dan kaya akan biji-bijian, sayuran, kacang-kacangan, dan buah-buahan dapat meningkatkan kesehatan pencernaan Anda. 

"Diet tinggi serat membantu menjaga makanan bergerak melalui saluran pencernaan Anda, membuat Anda lebih kecil kemungkinannya mengalami sembelit," kata Adams, menambahkan bahwa  diet tinggi serat.  

Hal tersebut dapat membantu Anda mencegah atau mengobati berbagai kondisi pencernaan, seperti diverticulosis, wasir, dan sindrom iritasi usus besar (IBS). Selain itu, ini dapat membantu Anda mencapai atau mempertahankan berat badan yang sehat.

2. Dapatkan  serat yang tidak larut  dan larut
Sangat penting untuk mengkonsumsi kedua jenis serat, karena mereka membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan Anda dengan cara yang berbeda. 

"Serat tidak larut, juga dikenal sebagai serat, tidak dapat dicerna oleh tubuh dan karenanya membantu menambah jumlah besar pada tinja," kata Adams. "Serat larut menarik dalam air dan dapat membantu mencegah tinja yang terlalu berair." 

Sumber serat larut yang baik termasuk dedak gandum, sayuran, dan biji-bijian; dapatkan serat larut dari dedak gandum, kacang-kacangan, biji-bijian, dan kacang-kacangan.

3. Batasi makanan yang tinggi lemak
"Secara umum, makanan berlemak cenderung memperlambat proses pencernaan, membuat Anda lebih rentan mengalami sembelit," kata Adams. 


Tetapi karena penting untuk mendapatkan lemak dalam diet Anda, Adams mengatakan bahwa memasangkan makanan berlemak dengan makanan berserat tinggi dapat membuatnya lebih mudah untuk menjaga kesehatan pencernaan Anda.

4. Pilih daging tanpa lemak
Protein adalah bagian penting dari diet sehat, tetapi potongan daging berlemak dapat menyebabkan pencernaan tidak nyaman. Saat Anda makan daging, pilih potongan tanpa lemak, seperti pinggang babi dan unggas tanpa kulit.

5. Masukkan probiotik ke dalam makanan Anda
Probiotik adalah jenis bakteri sehat yang sama yang secara alami ada di saluran pencernaan Anda. "Mereka membantu menjaga kesehatan tubuh dengan memerangi efek dari diet yang buruk, antibiotik, dan stres," kata Adams. 

Selain itu, probiotik dapat meningkatkan penyerapan nutrisi, dapat membantu memecah laktosa, memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda, dan mungkin bahkan membantu mengobati IBS. 

Adams merekomendasikan agar orang mengonsumsi sumber probiotik yang baik, seperti yogurt rendah lemak atau kefir, setiap hari.

6. Makan sesuai jadwal
Adams mengatakan bahwa mengkonsumsi makanan dan  camilan Anda  secara teratur dapat membantu menjaga sistem pencernaan Anda tetap prima. 

Bertujuan untuk duduk untuk sarapan, makan siang, makan malam, dan makanan ringan sekitar waktu yang sama setiap hari.

7. Tetap terhidrasi
Minum banyak air baik untuk kesehatan pencernaan Anda, menurut Adams. Serat menarik air ke dalam usus besar untuk membuat tinja yang lebih lunak dan lebih besar, memungkinkan mereka untuk lewat dengan lebih mudah.

8. Abaikan kebiasaan buruk
merokok, kafein berlebihan, dan alkohol.  Minuman keras, kopi, dan rokok dapat mengganggu fungsi sistem pencernaan Anda, dan menyebabkan masalah seperti bisul perut dan mulas.

9. Berolahraga secara teratur
Olahraga teratur membantu menjaga makanan bergerak melalui sistem pencernaan Anda, mengurangi sembelit," kata Adams. 


Olahraga juga dapat membantu Anda  mempertahankan berat badan yang sehat , yang bagus untuk kesehatan pencernaan Anda. Jadikan latihan olahraga teratur menjadi jadwal mingguan Anda.

10. Kelola stres
Terlalu banyak stres atau kecemasan dapat menyebabkan masalah pada sistem pencernaan Anda mengalami overdrive, menurut Adams. 

Temukan kegiatan yang mengurangi stres yang Anda nikmati dan praktikkan secara teratur untuk menjaga kesehatan pencernaan.

Apa yang Anda makan dan kualitas kesehatan pencernaan Anda saling terkait. Mengikuti 10 strategi ini akan membantu memastikan hubungan selalu bahagia.

0 Response to "10 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel